Dirilis

28 Januari 2023

Penulis

Peni hidayah

Beberapa jenis usaha tertentu, lebih mudah mencari pembeli dibandingkan membuat pembeli mau datang lagi dan bertahan menjadi pelanggan. Padahal pelanggan lebih menguntungkan dibandingkan pembeli. Hal ini dikarenakan , datang lagi kemudian beli lagi sampai seterusnya bahkan sampai mereka mengajak teman, kerabat dan keluarganya membeli produk kita.mereka akan beli lagi, datang lagi kemudian beli lagi sampai seterusnya bahkan sampai mereka mengajak teman, kerabat dan keluarganya membeli produk kita.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan setia? Berikut adalah beberapa saran tentang cara untuk menarik pembeli membeli lebih banyak dan lebih sering di tempat Anda.

 

1.    Ketahui Perilaku Pembeli Anda

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah coba ketahui perilaku dari pembeli Anda. Cari tahu mulai dari kebiasaan mereka saat berbelanja baik secara online maupun offline, sebab karakteristik pembeli itu berbeda-beda. Anda bisa mencoba cari tahu informasi mengenai produk apa yang paling sering beli dan jumlah pembeliannya.

Dengan begitu Anda bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi kemudian hari, seperti memutuskan produk apa saja yang harus disediakan, berapa jumlahnya, apa yang perlu ditingkatkan, dan lain-lain.

 

2.    Tingkatkan Kualitas Pelayanan Anda


Kepuasan pelanggan hal yang sangat berpengaruh dalam mengubah pembeli biasa menjadi seorang pelanggan setia. Kepuasan pelanggan dapat Anda bangun dengan memberikan kualitas produk dan layanan yang terbaik. Agar pembeli mau kembali membeli produk dari Anda, maka harus dipastikan apakah kualitas pelayanan toko Anda sudah baik atau belum.

 

3.    Jalin hubungan yang baik dan interaktif

Salah satu cara untuk mengubah hati pembeli agar menjadi pelanggan setia yaitu dengan membangun kedekatan emosional dan secara aktif berkomunikasi dengan mereka. Disini Anda bisa memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan lainnya untuk membuat komunikasi menjadi interaktif.

Selain post konten dan informasi menarik mengenai usaha Anda, media sosial juga bisa Anda manfaatkan sebagai wadah untuk mengumpulkan feedback pelanggan. Dengarkan keluhan serta libatkanlah mereka dalam pengembangan usaha Anda.

 

4.    Adakan promosi menarik


 

a.    Diskon atau potongan harga

Anda bisa menawarkan dikson ke pembeli Anda misalkan mereka akan mendapatkan diskon di pembelian kedua, minimal belanja 1 juta mendapat diskon sekian persen atau diskon saat belanja di hari ulang tahun. Intinya, disini Anda harus membatasi jumlah waktu dan uang. Jika pembeli tidak memanfaatkan kesempatan, mereka akan merasa rugi melewatkannya.

 

b.    Pemberian voucher

Anda bisa memberikan voucher berupa voucher gratis ongkos kirim atau voucher cashback. Biasanya voucher tersebut bisa menjadi senjata bagi orang untuk membeli atau berkunjung lagi ke toko Anda baik offline atau online.

 

5.    Kemudahan dalam bertransaksi

Terakhir, kemudahan dalam bertransaksi juga menjadi pertimbangan penting bagi pembeli ketika hendak memutuskan apakah akan kembali ke bisnis Anda. Terlebih adanya kemajuan teknologi membuat fenomena cashless society secara nyata bisa kita rasakan sekarang ini. Kemudahan bertransaksi melalui digital membuat masyarakat cenderung lebih memilih melakukan pembayaran dengan QRIS, e-wallet, dan mobile banking ketimbang pembayaran secara tunai.

 

6.    Beri tanggapan dengan cepat, ramah serta ucapkan terima kasih

Akan semakin banyak penjual baru muncul sehingga Anda harus mempertimbangkan bagaimana bersaing dengan pesaing Anda. Memiliki akses mendekati pembeli Anda adalah salah satu metode untuk membuat mereka merasa nyaman saat hendak melakukan pembelian di tempat Anda. Anda dapat membuat template ucapan terima kasih untuk konsumen yang telah melakukan pembelian dari toko Anda di bagian akhir transaksi. Dan jika ada pembeli yang butuh bantuan informasi, segera tanggap dalam menjawab ataupun menjelaskannya dengan baik dan juga ramah.

Enam cara di atas dapat Anda jalankan untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan di toko Anda. Selalu koreksi dan perbaiki agar bisnis Anda selalu menarik perhatian untuk selalu dikunjungi dan bisnis Anda semakin untung.

Jika terdapat kendala dalam menjalankannya, konsultasikan dengan ahlinya di website www.daya.id. Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait usaha dan keuangan lainnya secara gratis melalui website www.daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

48 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Devi Susanti

24 Maret 2023

👍👍

Balas

. 0

Andi Nurachman

21 Maret 2023

Good

Balas

. 0

Andi Nurachman

21 Maret 2023

Good

Balas

. 0

Andi Nurachman

21 Maret 2023

Good

Balas

. 0

Andi Nurachman

21 Maret 2023

Good

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS