Dirilis

30 April 2022

Penulis

Rhein Mahatma

Saat Anda memulai suatu bisnis, tentu saja Anda pasti menginginkan banyak calon konsumen mengetahui produk dan brand Anda bukan? Selain menggunakan media sosial, salah satu strategi pemasaran yang perlu Anda coba adalah menggunakan situs web.

Situs web menjadi salah satu pemasaran di internet yang sangat penting untuk bisnis Anda. Tujuan dari pembuatan situs web ini lebih sering dikenal dengan nama konversi. Secara singkat, konversi adalah persentasi kunjungan di web Anda untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan seperti mengarahkan pengunjung untuk mengklik iklan ataupun melihat video Anda. 

Ada banyak sekali tujuan dari konversi selain dari mengklik iklan di web Anda, salah satunya seperti mengarahkan pengunjung untuk membeli produk Anda, meminta mereka untuk registrasi serta mendaftarkan email mereka, dan juga berlangganan informasi dari web Anda. Sehingga Anda perlu mengetahui terlebih dahulu Anda mengetahui hendak fokus kemana.

Namun yang menjadi permasalahannya adalah, ada banyak web yang kurang dimaksimalkan sehingga traffic web atau jumlah pengunjung yang membuka web ataupun melihat iklan sangat sedikit. Jika web Anda adalah salah satunya, maka Anda perlu mencari jalan keluar untuk mengatasi hal ini. Simak penjelasan berikut tentang 3 strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan konversi di web Anda!

 

3 strategi pemasaran untuk meningkatkan konversi

Setelah mengetahui apa itu web dan konversi, selanjutnya adalah cara untuk meningkatkannya. Berikut adalah strategi pemasaran yang bisa Anda coba yaitu:

 

1.    Penargetan Ulang atau Retargeting

Salah satu strategi pemasaran yang pertama adalah penargetan ulang. Umumnya, pengguna internet perlu melihat 5-7x untuk mengingat brand Anda sebelum melakukan pembelian atau konversi. Sehingga jika Anda berhasil menarik banyak traffic ke web Anda, tapi jumlah pengunjung yang datang lebih sedikit maka artinya kecil kemungkinan pengunjung untuk melakukan konversi di web Anda. Untuk meningkatkan konversi ini, Anda bisa menggunakan penargetan ulang pengunjung di web Anda. Cara kerjanya adalah ketika mereka sebelumnya sudah melihat web Anda, maka jika mereka mengunjungi web lain, akan muncul iklan dengan web Anda. 

Sehingga semakin sering pengguna tersebut melihat web atau brand Anda, maka besar kemungkinan mereka akan mengingat Anda dan kembali ke situs web Anda untuk melakukan konversi. Faktanya, penargetan ulang memiliki rasio klik-tayang setidaknya sepuluh kali lebih tinggi lho dibandingkan dengan iklan bergambar. Sehingga streategi ini dinilai sangat efektif. Selain itu strategi pemasaran ini juga mudah di implementasikan bahkan untuk Anda yang pemula.

 

2.    Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif untuk menarik perhatikan calon pelanggan serta meningkatkan loyalitas pelanggan Anda. Arahkan para pengunjung Anda untuk mendaftarkan email mereka di web Anda. Agar para pengunjung mengingat produk dan brand Anda, pastikan untuk mengirimkan email kepada mereka secara berkala. Anda bisa mengirimkan newsletter setiap seminggu sekali ke email yang telah mereka daftarkan agar mereka mengingat brand Anda. 

Pastikan untuk tidak mengirimkan email terlalu sering karena dikhawatirkan terbaca sebagai spam ya. Alur kerja dari email marketing ini dapat membuat pengunjung web Anda menjadi lebih tertarik untuk melakukan pembelian lho! Selain untuk mendapatkan konsumen baru, email marketing juga bisa meningkatkan penjualan berulang pada pelanggan telah membeli produk Anda. Sehingga strategi pemasaran ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan pengunjung kan konversi web Anda.

Anda dapat memanfaatkan website seperti MailChimp untuk mengirimkan email marketing secara otomatis ke pengunjung internet yang telah mendaftarkan email mereka secara gratis! Sehingga sangat cocok untuk Anda gunakan, terutama jika Anda masih belum terlalu familiar dengan email marketing. Pastikan untuk terus mengirimkan email secara konsisten ya.

 

3.    Konten Marketing

Strategi pemasaran terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan melibatkan penggunaan berbagai jenis konten lainnya untuk mencapai sasaran pemasaran tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic situs, interaksi, dan konversi. Cara ini melibatkan beberapa taktik dasar yaitu:

 

a.    Konten SEO

Untuk meningkatkan peringat web Anda di pencarian seperti Google, Anda dapat membuat konten SEO. Search Engine Optimization atau SEO adalah cara untuk memaksimalkan web Anda agar dapat dilihat oleh banyak pengguna. 

Hampir semua jenis konten bisa Anda buat menjadi konten SEO seperti halaman produk, video, ataupun landing page. Landing page bisa Anda optimalkan untuk menarik pengunjung yang memiliki niat membeli yang tinggi. Tidak seperti iklan berbayar yang hanya memberikan peningkatan traffic web secara singkat, jika Anda memanfaatkan konten SEO dengan tepat, Anda dapat menghasilkan traffic web yang sangat cocok untuk jangka panjang web Anda lho!

 

b.    Panduan Produk atau Layanan

Anda dapat membuat konten seperti blog ataupun brosur tentang manfaat dan panduan produk atau layanan Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk mengunjungi web Anda. Dengan membuat panduan produk dan layanan yang menarik, Anda dapat membuat pengunjung web Anda mempertimbangkan produk Anda. 

Selain untuk mencari konsumen baru, panduan cara juga dapat membantu konsumen yang telah membeli produk Anda untuk mengoptimalkan penggunaan produk atau layanan mereka. Sehingga peluang terjadinya kepuasan pelanggan dan penjualan berulang akan lebih besar.

 

c.    Gated Content

Yang terakhir adalah gated content. Gated content adalah jenis konten yang bisa diunduh seperti ebook, template, dan sebagainya. Namun sebelum pengunjung web mengunduh konten tersebut, Anda dapat meminta beberapa informasi seperti alamat email mereka. Usahakan agar konten ini muncul dalam bentuk pop-up yang menarik perhatian. Anda juga bisa menempatkan gated content di halaman arahan yang relevan, sehingga pengunjung web yang tertarik dapat dengan mudah untuk mengunduhnya.

Untuk meningkatkan traffic dan konversi, Anda membutuhkan strategi yang berkelanjutan. Penargetan ulang, email, dan konten marketing adalah strategi paling efektif dan terjangkau yang bisa Anda manfaatkan agar web Anda menjadi lebih berkembang dan meningkatkan konversi. Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Jhon Allberto Aritonang

01 Agustus 2023

Agar memikat perhatian calon nasabah dan menambah loyalitas nasabah yang sudah bergabung. Alangkah baiknya bila diadakan juga seminar tatap muka bagi nasabah dan calon nasabah. Terimakasih

Balas

. 0

Andika Nofrianto

26 April 2023

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS