Informasi Artikel

Penulis Artikel

Tim Penulis Daya

Konten marketing adalah proses marketing atau cara memperkenalkan produk pada khalayak (dan menarik minat mereka untuk membeli serta menggunakan produk) melalui distribusi konten. Postingan maupun konten yang dibuat secara menarik, relevan, juga konsisten, mampu mengubah audiens yang melihatnya menjadi konsumen. Lalu, bagaimanakan cara membuat konten marketing yang baik dan menarik itu? Apa saja jenisnya?

Berbagai Jenis Konten Marketing

Bagi kalangan internet marketer, mungkin sering mendengar kata content is king. Ya, konten bisa menjadi cara atau langkah marketing yang menentukan sikap audiens berikutnya. Maka, penting bagi Anda yang ingin memulai langkah berbisnis online, untuk mengenali jenis-jenis konten marketing, di antaranya:

1. Artikel


Konten marketing yang pertama adalah artikel. Sebagai sebuah konten yang bernilai, artikel dapat menaikkan jumlah traffic di website Anda. Caranya bisa dengan membuat tulisan yang dibutuhkan audiens dan mengarahkannya atau call to action pada link halaman yang dimiliki. Seperti contohnya bisa dimulai dengan pengertian, tips, cara dan lain sebagainya.

2. Media Sosial

Jenis konten marketing lainnya bisa digunakan pada media sosial. Ada Instagram, Facebook, Twitter, YouTube bahkan kini ada pula TikTok. Sebetulnya, IG, FB dan Twitter merupakan media sosial yang bisa digunakan untuk berinteraksi, sedangkan YouTube dan TikTok fungsi utamanya adalah untuk distribusi konten video.
Setiap jenis medsos tersebut memiliki karakteristik berbeda. Nah, hal tersebut bisa kita jadikan sebagai konten marketing. Baik foto maupun video. Seperti contohnya postingan carousel atau microblog di feed, Instagram, strory telling di Facebook atau membuat sebuah utas di Twitter.
Berbagai contoh ide konten yang dapat digunakan di media sosial adalah:
- Informatif: berisikan informasi yang sedang tren atau dibutuhkan khalayak.
- Edukatif: konten yang bertujuan untuk menambah pengetahuan audiens.
- Interaktif: konten yang melibatkan audiens.
- Motivasi: biasanya berupa quote, do’a dan lain sebagainya untuk menyemangati.
- Hiburan: salah satu konten yang cenderung mudah diterima karena dapat menghibur.
- Testimoni: cara meyakinkan audiens dengan mengunggah cerita atau kisah sukses konsumen sebelumnya.

 3. Infografis


Jenis berikutnya yang banyak digunakan adalah infografis yang berisikan data-data dan dibuat menjadi konten bentuk visual yang informatif. Banyak orang yang tidak terlalu tertarik melihat tulisan, terutama tulisan panjang. Maka dari itu, infografis bisa menjadi jenis yang cukup menarik perhatian. Karena selain informasi bisa mudah dicerna, ada pula visual yang mendukung data yang disajikan tersebut.

4. E-Mail

E-mail ini merupakan konten marketing yang biasanya digunakan oleh perusahaan ataupun seorang pebisnis yang hendak menawarkan juga mempromosikan produknya. Hal ini masih efektif karena dapat menyasar audiens tepat sasaran berdasarkan minat mereka.

5. E-Book

Bagi Anda yang membutuhkan media lebih luas dari artikel di blog, website maupun e-mail marketing. E-book bisa menjadi konten marketing yang dipilih. Buatlah syarat khusus bagi penerima e-book tersebut, misalkan mengisi data diri, subscribe e-mail dan lain sebagainya. data tersebut yang bisa Anda manfaatkan sebagai prospek di kemudian hari.

Berbagai jenis konten marketing tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan juga kemampuan. Dalam pembuatannya perhatikan disesuaikan dengan segmentasi audiens. Segera aplikasikan konten marketing ini untuk memperlancar proses pemasaran Anda dan meningkatkan penjualan usaha Anda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing sebelum menggunakan jenis konten marketing seperti apa yang paling sesuai digunakan untuk bisnis Anda. Agar pemasaran yang dilakukan juga bisa berjalan lebih optimal.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!


 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.3

3 Penilaian

Artikel Terkait

4.9
Memulai Usaha

UTM Adalah? Ini Pengertian dan Cara Membuatnya

09 November 2022

4.9
Memulai Usaha

Lebih Baik Subdomain atau Subdirectory, dan Apa Efeknya Terhadap SEO?

18 Oktober 2023

4.9
Memulai Usaha

Strategi Positioning Usaha ala Franchise Warteg Kharisma Bahari

26 Oktober 2023

4.5
Memulai Usaha

4 Tips Membuat Brand Story yang Menarik

20 Mei 2022

Berikan Pendapat Anda

Serise Yan Royaperdana

16 May 2024

?

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

11 April 2023

?

Balas

. 0

4 dari 100 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS