Dirilis

23 Januari 2021

Strategi pemasaran produk di dalam bisnis menjadi hal yang paling penting dan harus dilakukan dengan cara yang tepat. Sebab, strategi pemasaran yang digunakan oleh sebuah perusahaan harus bisa membuat produk yang ditawarkan menjadi dikenal banyak orang, yang nantinya akan berdampak pada penjualan produk itu sendiri. Dengan berkembangnya dunia digital, maka strategi pemasaran yang paling banyak digunakan saat ini adalah marketing atau pemasaran online. Namun tidak semua produk cocok dipasarkan secara online. Karena banyak juga produk yang lebih cocok jika dipasarkan dengan cara konvensional.

Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Digunakan dengan Efektif

Berikut ini ada beberapa jenis strategi pemasaran dalam memasarkan sebuah produk, dengan cara yang lebih efektif dan efisien:

1. Menggunakan Iklan Berbayar

Pada sebuah iklan berbayar, biasanya sebuah perusahaan akan membayar penyedia ruang iklan untuk menampilkan produk yang dijual di ruangan itu. Harganya tergantung pada hasil negosiasi penyedia iklan dengan orang pihak perusahaan. Ada beberapa kategori pada iklan berbayar ini, seperti misalnya pay-per-impression, iklan display atau banner dan sebagainya. Cara ini cukup efektif dalam menunjukkan nama sebuah produk pada masyarakat secara luas.

2. Pemasaran Transaksional

Tantangan paling besar yang biasanya dihadapi oleh suatu perusahaan adalah memenuhi target sebuah penjualan. Adanya strategi pemasaran transaksional lebih efektif dalam mengatasi masalah target penjualan tersebut. Perusahaan yang menggunakan strategi ini tentunya mampu menarik konsumen dengan hal-hal seperti promosi, diskon, kupon belanja, dan sebagainya. Konsumen juga akan membeli produk dalam jumlah banyak dengan menggunakan transaksional tersebut.

3. Pemasaran Melalui Media Sosial

Media sosial sedang ramai digunakan oleh banyak orang di setiap kalangan. Pemasaran ini juga merupakan bagian dari digital marketing dan terbilang sangat efektif untuk menarik konsumen karena jumlah penggunanya juga mencapai jutaan orang. Apalagi biayanya lebih mudah jika menggunakan media sosial. Sehingga jenis pemasaran ini mampu menyasar target dengan lebih luas lagi. Pemasaran melalui media sosial juga akan fokus pada pemakaian situs atau aplikasi tertentu seperti instagram, facebook dan sebagainya. Sehingga, brand yang baru akan dibangun pun bisa berdiri dengan lebih cepat.

Apabila Anda membutuhkan advice terkait pemasaran digital yang berhubungan dengan media sosial, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli digital marketing dari Daya.id. Dengan begitu, langkah pemasaran yang Anda lakukan bisa lebih matang dan terencana.

4. Pemasaran Interaktif

Jenis strategi pemasaran berikutnya yang bisa Anda coba adalah pemasaran interaktif, yang akan melibatkan konsumen di dalam proses pemasarannya. Contohnya perusahaan yang bisa mencantumkan nama konsumen, pada suatu produk yang termasuk pada jenis produk dengan edisi terbatas. Metode ini akan membuat konsumen bisa memperoleh informasi paling baru tentang sebuah layanan atau produk tertentu.

5. Pemasaran Konten

Strategi pemasaran yang satu ini akan lebih fokus kepada menciptakan dan mendistribusikan konten yang memiliki nilai, dan sifatnya lebih konsisten dan relevan untuk menarik para konsumen. Perusahaan juga akan memberikan informasi yang diperlukan oleh konsumen sampai mereka tertarik dengan produk yang dijual.

Strategi pemasaran produk yang tepat akan berdampak pada nilai penjualan produk suatu perusahaan, sehingga strategi ini harus dipikirkan dan direncanakan dengan matang agar bisa efektif menarik konsumen. Bisa dengan memasang iklan, melalui media sosial, pemasaran interaktif, hingga pemasaran konten. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Tim Penulis Daya

Penilaian :

3.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

23 Januari 2021

Bagus pembahasannya, thanks daya.id

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS