Dirilis

14 Januari 2021

Dalam dunia digital marketing, penggunaan email marketing memang bisa diandalkan. Mengapa demikian? Karena memang semakin hari, banyak orang yang akan bosan jika terus menerus melihat sosial media yang dipenuhi iklan tertentu yang tidak diketahui. Jadi email marketing lebih efektif karena memang hanya dikirimkan kepada mereka yang menginginkan dan mengizinkannya.

Apa Saja Kesalahan Email Marketing Beserta Solusinya?

Meski menjadi salah satu media yang efektif untuk melakukan pemasaran digital, sayangnya masih banyak orang yang melakukan kesalahan-kesalahan saat mengirimkan email marketing kepada target konsumen mereka. Mungkin terdengar sepele, namun kesalahan ini justru akan membuat mereka malas untuk membuka email yang telah dikirimkan. Untuk itu, kesalahan seperti ini harus dihilangkan. Inilah beberapa contoh kesalahan email marketing dan solusi yang bisa diambil:

1. Kesalahan yang Terletak pada Subject Email


Bisa diibaratkan bahwa subject email adalah suatu pintu masuk yang tentu harus menarik, dalam bagian email marketing. Jadi kesimpulannya, titik penting itu terletak pada struktur kata-kata unik yang dapat menarik perhatian customer supaya membukanya.

Jadi bila dalam subject email saja sudah salah, atau membuat customer ilfeel dan tak tertarik maka bisa-bisa email Anda hanya ditandai sebagai bagian dalam spam saja loh. Sungguh menyesakkan, bukan? Maka cek kembali kata-kata Anda supaya bisa menarik perhatian pembaca sejak pertama kali menerima email tersebut.

2. Kesalahan pada Contact List Email yang Kadang Tak Jelas

Memang diakui ada beberapa orang yang beranggapan bahwa membeli contact list email, merupakan kunci sukses rahasia dengan instan yang berlaku bagi semua email marketing. Hal tersebut tentu salah, sebab malah akan mendatangkan risiko masalah baru yang bisa-bisa lebih membahayakan. Karena dengan mengirim email ke sembarang orang, akan berdampak menurunkan reputasi brand yang Anda punya.

3. Adanya Desain yang Kurang Responsif


 

Hampir semua orang jaman sekarang memakai smartphone, yang tandanya membuka email pun dapat hanya memakai handphone dalam suatu aplikasi email. Nah, jika desain Anda jelek atau kurang responsif maka tentu membuat orang yang membaca email marketing ini langsung menutupnya dengan refleks karena tidak nyaman dan dianggap hanya membuang-buang waktu. Maka usahakan untuk melakukan desain email yang baik, sehingga saat dibuka dari smartphone pun terlihat responsive dan cepat untuk diakses.

4. Konten yang Kurang Menarik

Pikirkan suatu konten yang informatif dan menarik, kalau bisa tambahkan pesan positif juga di dalamnya. Sehingga bila customer membuka email marketing dari Anda, otomatis mereka merasa happy dan tertarik. Pada akhirnya hal ini juga akan berdampak pada image dari brand milik Anda sendiri juga. Oleh karena itu, buatlah isi konten di email marketing yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran kepada para pembaca.

5. Kesalahan dalam Blasting (Waktu atau Jumlah Pengiriman Email)

Kesalahan email marketing terakhir yakni terletak dalam blasting, karena meskipun terkesan menguntungkan karena mengirim secara massal, namun bila tak terkontrol baik maka bisa-bisa satu orang akan mendapat 3 email langsung dalam seharinya. Hal ini tentu bisa menghancurkan mood calon customer loh, maka perhatikan hal ini dan kontrol secara maksimal waktu dan jumlah pengiriman email. Atau bila merasa tak dapat mengendalikan sendiri, pakailah jasa email yang profesional.

Itulah beberapa kesalahan dalam email marketing beserta solusinya. Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa kesalahan-kesalahan yang terjadi biasanya terletak pada subject email, desain yang kurang responsif, contact list yang tidak jelas, konten yang kurang menarik, dan waktu dan jumlah pengiriman email yang terlalu banyak. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli digital marketing untuk memaksimalkan penggunaan email marketing dalam pemasaran produk Anda.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Tim Penulis Daya

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS