Dirilis

07 Mei 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, secara tidak langsung hal ini juga mempengaruhi bagaimana konsumen membeli suatu produk di pasaran. Jika beberapa tahun yang lalu konsumen banyak membeli produk dengan datang langsung ke toko atau offline, maka dengan banyak munculnya e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada, para konsumen lebih memilih untuk belanja melalui internet atau online

Tentunya ada perbedaan yang cukup signifikan, baik itu strategi apa yang harus Anda gunakan, dan juga pendekatan seperti apa yang cocok untuk menarik perhatian para konsumen, sehingga mereka membeli produk Anda, baik itu secara online maupun offline.

Agar usaha Anda dapat tetap bertahan dan berkembang, Anda perlu melakukan perubahan, salah satunya adalah mengubah strategi marketing Anda. Dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan internet, Anda dapat coba memanfaatkannya untuk melakukan pemasaran online atau online marketing

 

Apa Itu Online Marketing?

Sebagai langkah awal, Anda perlu memahami dengan baik terlebih dahulu apa konsep dari online marketing dan bagaimana cara mengoptimalisasi penggunaan dari online marketing agar bisnis Anda semakin berkembang. Simak penjelasan di bawah ini.

Online marketing atau yang biasa masyarakat disebut dengan digital marketing adalah suatu cara promosi dari suatu brand menggunakan media internet dan media sosial lainnya agar bisa terhubung dengan konsumen. Promosi ini bertujuan untuk mengenalkan produk yang Anda punya agar semakin banyak konsumen yang mengetahui produk Anda dan meningkatkan minat mereka untuk membeli produk yang Anda punya. 

 

Jenis dari Online Marketing

Terdapat banyak sekali jenis-jenis dari pemasaran online atau online marketing yang bisa Anda gunakan untuk berinteraksi dengan calon konsumen di internet. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa Anda manfaatkan agar produk Anda bisa laris dan berkembang.

 

1.    Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu jenis dari pemasaran online yang dapat membuat toko dan produk yang Anda miliki berada di urutan pertama ketika seseorang mencari produk sejenis yang Anda gunakan. Untuk dapat menggunakan SEO, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu salah satunya adalah konten seperti apa yang sedang trending sekarang. Sehingga Anda dapat membuat konten tentang produk yang Anda punya dan mengaitkannya dengan konten yang sedang booming saat ini. 

 

2.    Media Sosial

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang mempunyai jumlah pemakai social media terbanyak di dunia. Berpromosi di media sosial bisa menjadi salah satu rencana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk yang Anda punya. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, atau Linkedln. Dengan menjalin hubungan dekat dengan calon konsumen melalui media sosial, Anda dapat membuat mereka merasa percaya terlebih dahulu dengan produk yang Anda punya dan menciptakan minat agar mereka membeli produk Anda.

 

3.    Email Marketing

Selain menggunakan media sosial dan SEO, Anda juga dapat memanfaatkan email marketing, lho! Secara singkat, email marketing adalah suatu cara untuk promosi dengan mengirimkan pesan promosi kepada konsumen. Perlu diketahui, Anda tidak boleh sembarangan mengirim email marketing secara acak. Anda perlu memastikan bahwa calon konsumen memang menginginkan email dari Anda. 

Lakukan hal seperti; sesuaikan isi konten dengan penerima baik itu di isi maupun di baris subjek, tawarkan opsi untuk berhenti berlangganan email dari Anda bagi mereka yang merasa terganggu, dan sambungan isi konten dari email marketing dengan website atau toko Anda agar jika mereka merasa tertarik dengan isi konten Anda, mereka dapat dengan mudah menemukan produk Anda.

Setelah mengetahui jenis-jenis dari pemasaran online, Anda dapat menentukan strategi apa yang akan Anda gunakan untuk menarik minat para konsumen. Jangan lupa, Anda juga harus bisa menyesuaikan online marketing dengan kebutuhan bisnis Anda. Tidak perlu khawatir jika Anda baru merilis suatu bisnis, kebanyakan dari jenis-jenis pemasaran online ini tidak memerlukan biaya yang besar, lho! Cukup bermodalkan handphone dan juga kuota, Anda bisa memulai online marketing! 

Tidak heran jika banyak UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah banyak yang mulai beralih menggunakan pemasaran online. Selain hemat biaya, pemasaran online juga lebih mudah Anda pantau jika usaha yang Anda miliki sudah tersebar luas di banyak tempat. Selamat mencoba!  

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang wirausaha dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS