Dirilis

30 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Dalam sebuah proses pemasaran produk kepada para konsumen, terdapat berbagai aspek pemasaran yang tidak bisa diabaikan oleh setiap pemilik usaha. Kegiatan pemasaran sendiri dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk mempertahankan siklus hidup dari produk yang sudah dihasilkan. Nah, dalam proses ini aspek-aspek pemasaran itulah yang menjadi poin pentingnya. 

Bermacam Aspek Pemasaran yang Wajib Diperhatikan

Inilah beberapa aspek pemasaran yang wajib diperhatikan: 

1.    Peramalan Permintaan Pasar dan Analisis Pasar 

Awalnya, kegiatan pemasaran bisa disebut sebagai siklus pertahanan hidup dari suatu produk yang sudah dihasilkan oleh seseorang. Namun semua hal ini tentu tak dapat berjalan mulus, bila tak ada pembaharuan dan peningkatan dari aktivitas pemasaran. Maka itulah sisi penting mengetahui aspek pemasaran yang pertama yakni, analisis pasar terkait suatu peramalan permintaan yang terjadi dalam pasar.

Jadi langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk menganalisis pasar, yakni melakukan riset terkait apa yang sedang sangat diperlukan oleh pasar itu, atau apa saja yang sedang banyak dicari dan digemari oleh orang-orangnya. Nah, inilah peluang emas yang berfungsi memfokuskan kita pada apa-apa saja yang perlu diproduksi oleh suatu perusahaan.

Adapun selain riset, maka lakukanlah peramalan pasar dengan menghubungkan banyak teori para ahli dan realita kehidupan terkini, dengan memperhatikan juga segmentasi yang akan dijelaskan setelah ini.

2.    Proses Segmentasi Pasar

aspek pemasaran segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen pasar yang digolongkan berdasar dari pembeli mana saja yang akan jadi targetnya. Sederhananya, ia punya tujuan dalam memasarkan produk namun lebih difokuskan lagi, hanya pada target yang tertuju.

Untuk itu penentuannya bisa digolongkan pada variabel tingkat penghasilan, kelompok umur, strata sosial, jenis kelamin, psikografis, dan lain sebagainya. Bila telah ditemukan semua golongan ini, maka tujuan pemasaran akan lebih terarah, strategis, dan mencapai keuntungan yang lebih besar pula.

3.    Kegiatan atau Cara Promosi 

Berikutnya, silahkan dalami aspek pemasaran terkait promosi yang harus terjun langsung dengan mempelajari banyak cara dan akses. Anda boleh pilih semua cara promosi, seperti internet marketing, personal selling, dan lainnya. Namun jangan ceroboh juga, karena tentu tak dapat sembarangan tanpa melihat adanya faktor lain seperti modal biaya, memilih influencer atau orang yang tepat, dan hal lain yang memerlukan diskusi.

4.    Analisis Pesaing 

aspek pemasaran analisis pesaing
Setiap usaha pasti memiliki pesaingnya tersendiri. Persaingan dalam dunia pemasaran juga berjalan semakin ketat setiap harinya, untuk itulah analisis pesaing ini sangat penting untuk dilakukan. Lakukan identifikasi ancaman maupun peluang yang ada dalam kategori usaha Anda. 

Dengan mengetahui kemampuan pesaing atau rival, sekaligus kelemahan mereka, maka kita bisa menentukan cara seperti apa yang bisa dilakukan untuk selangkah lebih maju dibanding mereka. Itulah yang akan membuat produk Anda menang dari persaingan. 

5.    Mempengaruhi Adanya Hal Positif untuk Konsumen

Aspek pemasaran penting yang terakhir, yakni terkait pengaruh positif yang Anda beri pada konsumen. Maka buatlah suatu promosi yang natural, lentur, dan lengkap. Sehingga calon konsumen dapat menyerap dengan baik informasi tentang produk milik Anda. Intinya lakukanlah pendekatan dan kesan pertama yang baik.

Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa ada beberapa aspek pemasaran yang tidak bisa diabaikan begitu saja dalam proses promosi suatu produk. Mulai dari aspek permintaan pasar dan analisis pasar, aspek segmentasi pasar, aspek cara promosi, identifikasi pesaing, dan adanya hal positif untuk konsumen. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli marketing saat menyusun strategi pemasaran yang paling efektif untuk produk Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS