Dirilis

15 Desember 2021

Penulis

Rhein Mahatme

TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang sedang hits dan sering digunakan oleh pengguna internet. TikTok menampilkan berbagai macam konten video yang diunggah oleh jutaan penggunanya. Sebagai pebisnis, tentunya TikTok bisa menjadi peluang untuk menggaet pelanggan baru dengan beriklan di dalamnya. Tetapi, bukan hanya sekedar memasangkan iklan saja, Anda harus buat iklan yang menarik untuk dapat menarik perhatian pengguna TikTok.

Untuk membuat sebuah iklan, tentu Anda membutuhkan inspirasi tentang seperti apa iklan yang menarik dan dapat mendapatkan perhatian dari banyak pengguna media sosial, khususnya TikTok. Jangan khawatir! TikTok memiliki tools untuk membantu Anda mencari inspirasi dalam membuat iklan yang menarik. Fitur apa itu? Dan seperti apa isinya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


 

Buat Ide Konten TikTok yang Menarik dengan Creative Center TikTok

TikTok for Business Creative Center adalah sebuah tools gratis untuk mengetahui selera audiens di TikTok dan dapat membantu Anda dalam memproduksi materi iklan untuk bisnis Anda agar cocok dengan selera audiens di TikTok.

Creative Center juga bisa membantu Anda belajar dalam membuat materi iklan yang menarik agar nantinya dapat mendorong audiens untuk berhenti sejenak karena tertarik dengan iklan Anda, bahkan langsung membeli produk yang Anda iklankan.

Untuk mengakses Creative Center, Anda perlu melakukan sign up atau login jika ingin melihat lebih banyak hasil pencarian di Creative Center. Creative Center memiliki 3 bagian yaitu inspiration, insight, dan tools. Berikut penjelasannya.



 

1. Inspiration

Inspiration merupakan tempat di mana Anda mencari dan mendapatkan inspirasi. Inspiration memiliki 3 bagian yaitu top ads, popular trends, dan showcase.

 

- Top Ads

Koleksi dari video dengan perform yang bagus dan bisa disaring berdasarkan wilayah, industri, dan waktu.


Anda juga bisa menyortir top ads yang ada berdasarkan tingkat CTR (Click Through Rate) atau perbandingan jumlah klik dibandingkan jumlah tampil (impression), sortir berdasarkan jumlah tampil atau view rate video 6 detik.


Jika Anda mengklik video iklan tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi detail dari iklan tersebut, termasuk berapa banyak yang menyukai dan membagikan.


 

- Popular Trend

Popular trend adalah salah satu fitur di Creative Center di mana Anda bisa melihat konten populer yang dihasilkan oleh user (User Generated Content), di sini Anda juga bisa mempelajari pola kreativitas dari pengguna TikTok.

Anda bisa menyaring konten berdasarkan negara, like, comment, share, dan hot (video yang populer). Sampai artikel ini ditulis, Anda belum bisa melihat popular trends dari Indonesia, hanya dari negara Australia, Canada, United Kingdom, dan United States.



 

Showcase

Showcase adalah “database case studies” dari berbagai brand yang beriklan di TikTok. Setiap showcase menampilkan video, highlight, dan informasi dasar dari kampanye yang sudah dilakukan oleh brand untuk bisa membantu Anda membuat iklan yang hasilnya maksimal.


Klik salah satu video yang ada di showcase untuk mendapatkan informasi dasar dari kampanye marketing.


 

2. Insight

Bagian kedua dari Creative Center adalah insight. Di sini Anda bisa membaca artikel dan riset dari tim TikTok untuk menambah wawasan dalam mengoptimasi kampanye atau iklan Anda.


 

3. Tools

Terakhir yaitu bagian tools. Di sini Anda bisa mengakses fitur-fitur yang membantu Anda membuat konten yang bagus dan menarik di TikTok seperti TikTok video editor, smart video, video template, smart video soundtrack, smart text, dan quick optimizaton


Itu adalah berbagai fitur yang bisa Anda dapatkan dari tools TikTok for Business Creative Center. Dengan adanya inspirasi dan berbagai data insight yang bisa Anda dapat dari Creative Center ini, diharapkan Anda dapat membuat materi iklan atau konten TikTok yang menarik bagi audiens.

Baca juga: 5 “Tools” untuk Media Sosial Ini Bermanfaat Bagi Para Pelaku UMKM

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi pengembangan usaha bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rudi haryono

17 Desember 2021

Sip

Balas

. 1

Mustika Febria belima

17 Desember 2021

keren

Balas

. 0

Rudi haryono

16 Desember 2021

Keren

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS