Dirilis

30 Desember 2021

Penulis

Raihan Syakira, Sarah Ardhyna, Sepdia Qurrota Aini

Meningkatnya penggunaan media digital dan menurunnya mobilitas masyarakat akibat Covid-19 menyebabkan layanan pesan antar online atau yang biasa disebut dengan online delivery semakin marak digunakan masyarakat Indonesia. Anda dapat mengembangkan bisnis dengan melakukan promosi dan bermitra dengan layanan online delivery. Banyak sekali bisnis yang sukses karena memanfaatkan layanan online delivery, salah satunya bisnis Kopi Kenangan. Di hari pembukaan gerai pertamanya, Kopi Kenangan berhasil menjual 700 gelas berkat aplikasi layanan online delivery. Ingin tahu tips dan trik melakukan promosi ini? Simak informasinya berikut ini.

 

Tips dan Trik Promosi UMKM pada Layanan Online Delivery

Perubahan perilaku akibat kondisi pandemi Covid-19 juga menyebabkan generasi saat ini semakin menyukai hal-hal praktis. Online delivery menjadi pilihan yang tepat karena waktu yang diperlukan produk untuk sampai ditangan konsumen menjadi lebih singkat. Hal ini dibuktikan dari banyaknya online delivery yang memiliki kredibilitas yang tinggi berkat layanannya yang cepat. Berdasarkan hasil survei dari Katadata.id, di Asia Tenggara sendiri terjadi peningkatan profit sebesar 183% pada tahun 2020 karena citra serta kredibilitas online delivery yang tinggi. 

Fenomena ini kemudian menjadi peluang besar yang dapat digunakan oleh Anda selaku pemilik UMKM yang secara langsung terdampak oleh pandemi Covid-19. UMKM khususnya yang bergerak di bidang makanan dan minuman dapat bekerja sama dengan layanan pesan antar online tersebut untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempengaruhi pandangan masyarakat akan kualitas produk yang dipasarkan.

Melihat fenomena online delivery yang semakin marak menjadi peluang besar lain bagi Anda khususnya saat ini karena kita telah memasuki akhir tahun. Pada akhir tahun biasanya masyarakat memiliki kecenderungan untuk berbelanja lebih banyak dibandingkan biasanya. Hal tersebut dapat dijadikan timing yang tepat bagi Anda untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan.



Agar bisnis Anda tidak loyo dan berkembang di akhir tahun Anda bisa memanfaatkan promo gila-gilaan yang ditawarkan layanan online delivery. Program promosi ini meliputi iklan berbentuk banner di aplikasi, potongan ongkos kirim, potongan harga produk secara seasonal hingga paket bundling yang lebih hemat.

Perlu Anda tahu layanan online delivery biasanya mengadakan event-event spesial untuk merayakan natal dan tahun baru, layanan pesan antar online akan memberikan program promosi kerja sama yang menarik bagi Anda yang telah bermitra. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan apabila melakukan aktivasi pada program-program seperti diskon spesial tahun baru ataupun paket spesial natal. Hal ini dikarenakan pada jalinan kerja sama promosi sesuai event seperti ini, usaha kita akan diposisikan lebih atas dibanding UMKM yang tidak berpartisipasi. Tentu tingkat kesadaran masyarakat terhadap usaha kita akan lebih luas. Selain itu, pihak layanan pesan antar online akan memberikan banyak benefit seperti dipromosikan melalui media sosial dan dibuatkan banner khusus. Namun, Anda juga harus menyadari bahwa segala benefit ini bukan tanpa kesepakatan sebelumnya. Pihak layanan pesan antar akan meminta potongan persenan berdasarkan penjualan sebagai bentuk kerja sama yang dilakukan.



Berikut tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk promosi usaha Anda:

 

 

1. Ketahui Target Pasar Anda

Aspek terpenting dalam pemasaran dan promosi adalah mengetahui target pasar Anda. Anda dapat mengetahui lebih lanjut mengenai target pasar usaha Anda dengan menyesuaikan usia, daerah ataupun pekerjaan calon pembeli. Dengan mengetahui target pasar, Anda bisa membuat promosi yang dapat menyentuh target pasar untuk melakukan pembelian produk Anda. 

Tonton Juga: Pentingnya Menentukan Target Pasar Anda

 

2. Ketahui Produk yang ingin dipromosikan di Akhir Tahun

Anda harus mengetahui produk yang paling tepat untuk dipromosikan. Promosi produk yang tepat dapat meningkatkan conversion rate konsumen menjadi jauh lebih tinggi dibanding memilih secara acak. Anda dapat melakukan riset kecil-kecilan atau berkonsultasi dengan pihak online delivery tentang produk yang paling tepat untuk dipromosikan.

 

3. Kenali Layanan Pesan antar Online yang akan digunakan

Banyak sekali layanan pesan antar online saat ini, Anda harus dapat memilah-milah layanan pesan antar online mana yang akan Anda gunakan. Anda dapat menentukannya dengan melihat layanan pesan antar mana yang sedang booming atau berkembang di daerah Anda. Selain itu, Anda juga dapat menentukannya dari layanan pesan antar mana yang digunakan oleh target market Anda.

 

4. Ketahui Program Promosi yang disukai Target Pasar Anda

Melakukan promosi yang tidak disukai oleh target pasar hanya akan menambah biaya dan merugikan Anda. Pelajari apa yang sedang menjadi tren promosi di masyarakat, dengan hal itu Anda tidak akan membuang biaya-biaya yang seharusnya tidak diperlukan, sebaliknya Anda akan mendapatkan peningkatan penjualan dan profit.

Baca Juga: Perlukah UKM Melakukan Promosi?

 

Itulah informasi seputar tips dan trik dan manfaat promosi pada layanan pesan antar online. Pemilik usaha bisa memanfaatkan tips dan trik ini untuk semakin menggencarkan pemasaran dari produk yang dimiliki. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana pengembangan usaha terbaik untuk usaha Anda.
Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun pengembangan usaha lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi pengembangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Langsung aja yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS