Dirilis

13 Januari 2021

Branding adalah salah satu unsur sangat penting dalam proses pemasaran usaha. Dengan branding yang efektif dan tepat sasaran, maka target konsumen bisa lebih mengenal produk yang Anda tawarkan. Beberapa unsur branding adalah logo seperti bendera, tipe, dan monogram. Kemudian nama brand atau merek yang terpenting, selanjutnya juga mencakup juru bicara seperti seorang mascot, co-founder, orang terkenal ataupun tokoh perusahaan. Selain itu, ada tampilan visual pada branding yang meliputi desain kemasan, produk, dan lainnya. Serta suara dan juga kata-kata yang terdiri atas nada, slogan, jingle, dan lain sebagainya.

Pengertian Branding dan Fungsinya

Branding sendiri dapat diartikan sebagai suatu kegiatan komunikasi yang bermacam-macam dan dilakukan dengan tujuan, membesarkan atau membangun produk maupun merek perusahaan supaya dikenal masyarakat luas. Banyak jenis branding yang wajib diketahui bagi Anda pelaku bisnis, namun setiap jenis ini tentu punya tujuannya masing-masing.

Pertama adalah product branding. Branding ini mempunyai tujuan dalam mendorong konsumen supaya dapat memilih mana yang paling cocok di branding antara banyaknya produk lain. Kedua, adalah personal branding yang biasa disebut sebagai alat pemasaran yang biasa dipakai untuk mengangkat nama publik figur tertentu seperti selebriti, musisi, politisi, maupun lain-lainnya.

Berikutnya ada jenis corporate branding, yang bertujuan supaya bisa menaikan reputasi perusahaan dalam pasar tertentu. Hal ini mencakup semua aspek, seperti jasa atau produknya sampai dengan bagaimana kontribusi karyawan perusahaan terhadap masyarakat. Selanjutnya jenis geographic branding, yang bisa melihatkan suatu gambaran dari jasa atau produk saat seseorang menyebutkan adanya nama lokasi. Terakhir, cultural branding untuk meningkatkan reputasi terkait orang-orang dan lingkungan dari kebangsaan atau lokasi tertentu.

Inilah beberapa fungsi branding:

1. Sebagai Adanya Daya Tarik dan Promosi



 

Branding berfungsi untuk melancarkan proses sarana promosi yang dilakukan. Punya daya tarik tersendiri dalam suatu produk, memang hal yang menguntungkan karena tentu lebih mudah untuk dipromosikan ke publik. Dengan adanya branding yang menarik, maka target konsumen bisa lebih mengenal produk Anda dan akan membelinya. Untuk itulah branding harus menarik dan bisa menarik perhatian target konsumen.

2. Sebagai Suatu Ciri Khas Pembeda dengan Produk Lainnya

Semakin kuat branding yang Anda perlihatkan, maka semakin melekat kuat pula ciri khas perbedaan produk Anda dengan jenis brand merk lainnya. Tentu hal ini yang selalu membuat orang lain lebih penasaran untuk mencoba.

3. Sebagai Pengendali Pasar yang Baik

Semakin terkenal suatu brand yang Anda ciptakan, maka semakin gampang juga dalam mengendalikan jalannya pasar. Mengapa begitu? Karena masyarakat sudah terlanjur ingat, mengenal, bahkan percaya akan produk Anda ini. Maka pada akhirnya, mereka bisa memprioritaskan memilih brand Anda dibanding milik orang lain.

4. Sebagai Pembangun Segala Aspek Perusahaan

Aspek yang dimaksud di sini merupakan aspek penting dari branding adalah keyakinan, citra, prestise, kualitas, dan juga jaminan. Semua ini otomatis akan bangun secara stabil, bila Anda memaksimalkan fungsi branding dengan oke dan mudah diingat orang karena keistimewaannya.

5. Sebagai Suatu Pengaruh Psikologis Pembeli

Fungsi terakhir dari branding adalah, dapat berpengaruh dari segi psikologis para pembeli. Coba saja Anda lihat secara jelas, bahwa masyarakat kebanyakan lebih memilih brand terkenal dulu untuk dikunjungi dan dibeli meski harganya tinggi sekalipun. Hal ini dengan sendirinya memang akan berpengaruh pada pola pikir psikologis masyarakat.

Itulah beberapa penjelasan terkait fungsi dan pengertian yang jika disimpulkan maka branding adalah suatu komunikasi dan usaha dalam membuat suatu produk agar dikenal banyak orang dan bermanfaat. Bagi Anda yang memiliki usaha dan ingin memiliki branding kuat untuk menunjang strategi marketing Anda, bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing. Dengan begitu, proses pemasaran yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lebih optimal.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

20 Desember 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS