Dirilis

31 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu tools atau sistem yang familiar digunakan dalam digital marketing atau pemasaran digital adalah Google Tag Manager. Google Tag Manager adalah sebuah sistem yang memungkinkan kita untuk melacak, melaporkan serta melakukan analisa pada sebuah web dengan menggunakan kode tertentu. Penggunaan Google Tag Manager atau GTM akan mempertahankan kinerja website tetap bagus.

 

Mengenal Google Tag Manager


Google Tag Manager (GTM) merupakan alat atau sistem yang akan mempermudah Anda untuk menempatkan tag. Anda tinggal meletakkan kode yang ada 1x saja ke dalam website setiap akan membuat tag. Sistem pada GTM akan secara otomatis membuatkan kode lalu meletakkannya di dalam website Anda.

Keuntungan menggunakan GTM ini adalah waktu yang lebih efisien karena Anda tidak harus membuat kode secara manual lagi. Sehingga dengan begitu proses pemasaran menjadi lebih efektif, efisien dan tepat sasaran.

 

Fungsi dan Manfaat Google Tag Manager untuk Usaha


Di era digital ini para pengusaha baik besar, kecil maupun menengah sudah tidak bisa lagi mengandalkan pemasaran konvensional. Sekarang saatnya mengejar target dengan digital marketing dan GTM merupakan salah satu tool yang bisa digunakan. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google Tag Manager adalah sebagai berikut.

 

1. Mempercepat Proses dalam Website 

Dengan adanya Google Tag Manager (GTM) maka banyak proses dalam website yang bisa Anda lakukan dengan lebih cepat. Merubah dan melakukan penambahan tag baru tidak memerlukan kode baru lagi dan bisa dilakukan lebih cepat dari biasanya.
Kecepatan yang disebabkan oleh adanya GTM tersebut akan sangat bermanfaat bagi para marketer pemula. Mereka bisa melakukan pengujian sendiri pada setiap kode yang telah dipasangnya. Agar hasilnya lebih maksimal Anda bisa juga melakukan kerjasama dengan developer website.

 

2. Lebih Aman

Rasanya sudah sering kita mendengar bagaimana website dibobol oleh hacker tidak bertanggungjawab dan itu merugikan Anda. Perlu diketahui bahwa penggunaan GTM akan membantu Anda meningkatkan keamanan website karena Anda bisa mengontrol siapa saja yang memiliki akses untuk menggunakannya. Google Tag Manager juga merupakan sebuah sistem yang tidak akan menimbulkan kerusakan dan kerentanan pada website Anda di masa depan.

 

3. Lebih Fleksibel

Tidak bisa dipungkiri bahwa era digital ini menuntut kita untuk bisa lebih cepat dalam melakukan sesuatu. Anda membutuhkan sesuatu yang fleksibel agar tidak terhambat dalam melakukan pemasaran digital. Google Tag Manager tidak mengharuskan Anda menguasai bahasa pemrograman sehingga bisa dipakai siapa saja.

Anda hanya cukup membuat beberapa tag saja dan selanjutnya serahkan pada Google Tag Manager untuk menyelesaikannya. Itulah dikatakan mengapa GTM ini sangat cocok bagi pemula di bidang digital marketing karena kemudahan dalam melakukannya. Bahkan Anda tidak memerlukan bantuan developer web hanya untuk membuat, menambahkan ataupun menghapus tag.

 

4. Workspace yang Lebih Mudah

Biasanya yang bekerja di departemen marketing bukan hanya satu orang saja melainkan beberapa orang yang tergabung dalam sebuah tim. Google Tag Manager akan memudahkan kerja tim di departemen marketing tersebut. Tampilan dan workspace dalam GTM membantu Anda dan tim untuk membagi ruang guna menguji tag. Hasilnya, Anda dan tim akan lebih mudah untuk memisahkan mana tag yang sudah jadi dan siap digunakan serta mana tag yang masih dalam taraf pengujian.

 

5. Penggunaan Built-in Tag Lebih Mudah

GTM dibuat dengan alat yang memiliki banyak tag bawaan di dalamnya seperti konversi AdWords, Google Analytics dan banyak lagi tag pihak ketiga lainnya. Hal ini akan sangat membantu mereka yang masih pemula di bidang digital marketing untuk menggunakan GTM. Anda bisa mengubah dan menyesuaikan built-in tag dengan mudah tanpa harus paham kode.

Itulah pengertian dan beberapa fungsi dari Google Tag Manager yang akan memudahkan kerja tim marketing secara maksimal. Pada dasarnya, Google Tag Manager adalah sistem yang sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan pemasarannya. Bagi Anda yang memiliki usaha dan membutuhkan digital marketing untuk pemasaran produk, bisa memanfaatkan Google Tag Manager ini untuk kebutuhan tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari Daya.id seputar cara dan tips pemasaran digital yang paling tepat untuk usaha Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber

Penilaian :

4.3

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS