Dirilis

16 Maret 2023

Penulis

Thomas Aquino Herly Marwanto

Sebagai seorang pengusaha, melakukan branding sangatlah penting. Tanpa ada upaya branding, bagaimana calon konsumen tahu tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan? 

Melalui strategi branding, produk Anda akan terkesan berbeda dari merek kompetitor. Branding dapat pula memberikan nilai lebih pada produk yang Anda tawarkan. Konsumen bisa tidak merasa keberatan membayar dengan harga lebih tinggi untuk mendapatkan produk Anda, meski di luar sana banyak merek yang menawarkan hal serupa. 

Branding juga dapat menumbuhkan loyalitas pada konsumen. Merek yang powerful akan menciptakan kelompok penggemar atau pelanggan setia, yang selalu memilh brand milik Anda dibanding merek lain.

Nah, tahukah Anda,salah satu cara melakukan branding usaha adalah dengan memanfaatkan Instagram, khususnya Instragram Bisnis? 

 

Mengukur Branding di Instagram

Kita ketahui bersama bahwa selain sebagai media hiburan, Instagram telah banyak dimanfaatkan sebagai wadah untuk branding yang cukup efektif.  

Agar branding usaha berdaya guna, perlu promosi lebih maksimal dan efektif. Anda harus memastikan memiliki engagement rate yang bagus. Jumlah follower yang banyak belum menjamin akun Anda memiliki tingkat keterlibatan audiens yang tinggi pula. 

Engagement rate atau rasio tingkat keterlibatan merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur interaksi audience atau khalayak terhadap sebuah konten. Untuk mengetahui tingkat keterlibatan ini ada beberapa cara yang biasa digunakan, di antaranya berapa banyak audiens yang menyukai, berkomentar, membagikan, berapa lama audiens membaca konten hingga seberapa banyak audiens yang melakukan tindakan sesuai perintah Anda. 

Dalam instagram bisnis, engagement rate yang bagus dari audiens memiliki pengaruh besar dalam menentukan kesuksesan produk yang tengah dipasarkan.
Makin tinggi tingkat keterlibatan (engagement) audience, berarti peluang produk terjual juga akan semakin besar. Maka sangatlah penting bagi pengguna instagram bisnis, untuk paham cara meningkatkan tingkat keterlibatan audiens.  

 

Cara Mendapatkan Engagement Rate yang Bagus

Ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mendapatkan engagement rate yang bagus di akun instagram bisnis. Di antaranya seperti berikut ini:

 

1.   Buat Konten yang Berkualitas

Buatlah konten yang temanya sedang tren, kemudian tambahkan gambar yang menarik. Dengan begitu audiens berminat melihat, membaca, menyukai, berkomentar, bahkan membagikan konten yang Anda buat.

Setelah Anda memiliki kalender konten yang terstruktur, langkah selanjutnya adalah menemukan konten mana yang menarik bagi followers Anda. Posting ulanglah, konten-konten menarik yang memiliki banyak interaksi karena sangat membantu akun Anda mendapat lebih banyak kunjungan baru.

Baca Juga:  Langkah-langkah Membuat Iklan di Instagram 

 

2.   Posting Konten pada Jam Terbaik


Keterlibatan audiens akan makin tinggi, apabila Anda mem-posting konten pada waktu yang pas. Ketahui jam-jam target audiens sedang aktif-aktifnya di media sosial. Penelitian yang dilakukan oleh Sproutsosial, menyatakan bahwa waktu terbaik untuk mendapatkan social share di Instagram yang paling tinggi adalah antara hari Rabu jam 11.00 pagi dengan hari Jumat pada jam 10 pagi.

 

3.   Segeralah Respon Komentar Audiens

Merespon komentar konsumen dengan segera akan dapat mendorong engagement rate yang bagus, karena membuat audiens merasa lebih diperhatikan dan didengar. Yang lebih penting, apapun komentarnya, jawablah dengan ramah dan sopan. Segera tindak lanjuti segala keluhan, usulan, dan pujian yang mereka berikan.

 

4.   Buatlah CTA (Call to Action)

Apabila konten Anda bertujuan untuk promosi,  tambahkan CTA (Call to Action) atau ajakan bertindak yang menarik. Cara ini akan lebih mudah menarik audiens untuk mengikuti perintah yang Anda. Pastikan CTA yang Anda cantumkan mudah dicari dan user friendly.

Anda akan mendapatkan konversi apabila memberi tahu followers apa yang harus dilakukan. Ajaklah mereka mendaftar ke email, membeli produk atau sekedar subscribe. Ajakan bertindak yang kuat akan mendorong tingkat keterlibatan dan diskusi.  Anda bisa menuliskan sebuah pendapat dan mengundang kontra sudut pandang dari para pengikut di media sosial, atau hanya sekedar bertanya kepada pengikut Anda.  Hal ini bertujuan untuk membuat pengikut berbicara di antara satu sama lain. Apabila Anda telah mendapatkan dua atau tiga komentar dan dialog mulai terjadi, ikutlah terlibat dalam memberi pendapat. 

 

5.  Konsisten Posting

Instagram mempunyai algoritma yang lebih menyukai pengguna aktif. Melakukan posting di Instagram secara terus-menerus, akan membantu Anda lebih mudah dijangkau oleh pengguna lain dan memancing mereka untuk berinteraksi dengan unggahan Anda. Selain itu juga akan memudahkan akun Anda beradaptasi dengan algoritma yang mereka miliki. Algoritma Instagram merupakan suatu  teknologi atau parameter yang dapat menentukan konten mana yang banyak dilihat orang, acap kali para pengguna Instagram membuka feed mereka.

 

6. Gunakan Warna Kuat dan Solid

Cobalah tampilkan sesuatu yang unik atau berbeda sehingga dapat menarik perhatian. Menurut hasil studi Curalate, gambar dengan warna biru sebagai dominasi, cenderung lebih disukai dibanding warna lainnya. Namun sebuah gambar yang didominasi dengan satu warna, hampir selalu mengungguli dibandingkan dengan gambar tanpa adanya dominasi warna. Konsistensi warna, akan membuat orang mudah ingat dan mengenali, apabila feed itu berasal dari profil Instagram Anda. 

 

7. Menggunakan Hastag yang Tepat

Jika digunakan dengan tepat, hashtag adalah cara yang kuat untuk mencapai visibilitas yang lebih baik untuk postingan Anda.  Orang menggunakan hashtag untuk menemukan gambar yang cocok dengan tema tertentu.  Dengan demikian, hashtag apa pun yang Anda pakai, akan meningkatkan peluang gambar Anda ditampilkan di hasil penelusuran tersebut.

 

8.  Gunakan Fitur Instastory

Hampir 80% pengguna Instagram melihat setiap instastory yang ditampilkan. Fitur ini sangat ampuh untuk media promosi. Manfaatkan secara optimal, karena Anda mungkin akan terkejut dengan hasil yang didapatkan dalam branding usaha Anda.

 

9.  Berikan Reward pada Audiens

Dengan memberikan reward kepada audiens, akan menarik banyak perhatian. Tidak harus selalu dalam bentuk uang atau barang, Anda bisa memberikan reward dalam bentuk User Generate Content (UGC). User generated content merupakan bentuk-bentuk konten baik tulisan, video, foto, review, dan lainnya yang dibuat oleh seseorang seperti konsumen, pelanggan, atau bahkan followers. Yang nantinya, brand akan meng-upload kembali konten yang dibuat oleh orang-orang tersebut di media sosialnya.

Instagram masih menjadi salah satu sosial media terbesar untuk membuat UGC. Umumnya, brand akan meminta izin atau menyertakan kredit di caption fotonya. Dengan cara tersebut, UGC akan meningkatkan kepercayaan para followers atau target audiens. Mengapa? Hal ini disebabkan UGC ini terlihat alami dan langsung dari experienced-user bukan brand ambassador.

Baca juga:  Mengenal Selebgram

Nah, demikianlah 9 cara meningkatkan branding usaha dengan menciptakan engagement rate yang bagus di Instagram (Bisnis) Anda. Yuk, dicoba, kalaupun masih belum berhasil, jangan takut untuk coba lagi, apalagi Anda diberikan kesempatan gratis untuk bisa konsultasi di fitur Tanya Ahli ya. Silakan daftarkan diri Anda untuk akses penuh ke seluruh fitur Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

10 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

10 June 2023

Mantap?

Balas

. 0

Bariansyah Dwiputra Wn

08 April 2023

?

Balas

. 0

Devi Susanti

05 April 2023

?

Balas

. 0

Devi Susanti

05 April 2023

?

Balas

. 0

Bariansyah Dwiputra Wn

04 April 2023

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS