Dirilis

23 Juni 2022

Penulis

Peni hidayah

Semua pebisnis pasti berharap jumlah penjualan meningkat dan jumlah pelanggannya semakin banyak. Sayangnya hal ini tidak akan Anda bisa capai jika strategi digital yang dijalankan tidak tepat meskipun Anda sudah mengeluarkan budget sebesar apapun.

Sebenarnya sebelum Anda menentukan strategi penjualan, ada tahapan yang perlu dilewati. Tahapan sales funnel bisa Anda terapkan untuk menentukan strategi untuk menciptakan pembelian.

 

Pengertian Sales Funnel dan Tips Menerapkannya

Apa itu sales funnel? Kenapa sales funnel penting untuk menentukan strategi pemasaran, dan bagaimana penerapannya pada bisnis? Berikut penjelasannya.

 

1.    Apa itu sales funnel

Sales funnel adalah tahapan perjalanan dari sebuah proses pembelian, yakni proses menuju keputusan untuk membeli. Maksudnya, dengan sales funnel, Anda bisa tahu bagaimana proses pelanggan mulai dari tertarik pada produk Anda hingga memutuskan untuk melakukan pembelian.

Proses ini biasa terjadi mulai sejak para pelanggan menyadari bahwa mereka membutuhkan produk yang Anda tawarkan, hingga mereka melakukan pembelian.

 

2.    Tahapan sales funnel

Sales funnel memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui, dan setiap tahapan itu ada pendekatannya. Tahapan-tahapan itu antara lain:

a.    Tahapan awareness atau kesadaran

Tahapan pertama ini menjadi momen penting Anda dalam menarik perhatian calon pembeli. Di tahap ini calon pembeli sadar dengan bisnis Anda dan sadar dengan produk yang ditawarkan. 

Kalau Anda membangun pendekatan yang tepat kepada calon pembeli di tahapan ini, ada potensi calon pembeli atau pelanggan yang langsung beli produk Anda. Biasanya waktu yang tepat dan tempat yang tepat. Jadi pastikan Anda membuat kesan pertama yang baik bagi target konsumen atau pembeli Anda.

Yang perlu dilakukan pada tahap pertama ini agar menarik perhatian pelanggan di digital:
 

  • Buat tampilan website yang menarik
  • Buat content marketing yang menarik
  • Optimasi website


 

b.    Tahapan interest atau ketertarikan

Di tahapan yang kedua ini calon pembeli atau pelanggan mulai mencari-cari bisnis Anda. Bahkan mereka mulai bertanya-tanya kepada Anda. Mereka mulai berpikir apakah produk Anda ini solusi dari kebutuhan mereka. Mereka juga mulai membandingkan spesifikasi produk, harga, servis dan sumber informasi produk.

Yang perlu Anda lakukan secara digital di tahapan ini:
 

  • Buat fitur untuk membandingkan produk
  • Sediakan konten edukatif terkait produk


Baca Juga: Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik Untuk Usaha

 

c.    Tahapan decision atau keputusan


Kalau si pelanggan sudah merasa informasi yang dibutuhkan terpenuhi, tahapan berikut adalah mengambil keputusan, apakah ia jadi membeli atau tidak.

Di tahap ini mereka memperhatikan benar-benar manfaat yang akan diperoleh dari produk Anda hingga keputusan itu diambil.

Ini adalah waktu yang tepat untuk membuat penawaran terbaik Anda. Misalkan menawarkan pengiriman gratis ketika sebagian besar pesaing Anda mengenakan biaya, memberikan diskon, atau ada bonus produk. Apa pun masalahnya, buatlah begitu menarik sehingga calon pembeli Anda tidak sabar untuk memanfaatkannya.

 

d.    Tahapan action atau tindakan

Di tahapan ini akhirnya calon pembeli sudah mantap melakukan tindakan, yaitu membeli produk Anda. Si pembeli sepaat untuk melakukan klik pada tombol pembelian atau check out.

 

e.    Tahapan purchase

Pelanggan atau calon pembeli pada akhirnya mempunyai keyakinan penuh atas keputusan yang mereka ambil dan segera melakukan pembayaran. Pelanggan yang sampai pada tahap terakhir ini adalah mereka yang sudah melewati 4 tahapan sebelumnya dalam sales funnel. Ini juga merupakan kesempatan bagi Anda untuk menciptakan pelanggan yang setia. Caranya adalah dengan memberikan dukungan atau jaminan setelah pembelian, misalnya garansi, layanan konsumen, 7 hari pengembalian, dan sebagainya. Dengan pemberian layanan seperti itu, mereka mungkin tidak akan ragu lagi untuk merekomendasikan produk Anda ke orang-orang terdekatnya atau di media sosial pribadinya.

Demikian 5 tahapan sales funnel pada proses penjualan digital yang sebaiknya Anda perhatikan. Pastikan Anda mengetahui setiap tahapannya agar Anda menentukan strategi yang tepat untuk dijalankan sampai dengan proses pembelian terjadi. 

Untuk informasi lebih dalam terkait digital marketing Anda bisa berkonsultasi dengan business coach di website www.daya.id. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi usaha dan keuangan lainnya secara gratis dan sangat mudah dari Daya.id. Yuk daftar ke Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Isa laila

10 Juni 2023

Ok daya.id

Balas

. 0

Sinta Susanti

29 April 2023

Berguna

Balas

. 0

putra astaman

07 Maret 2023

Ok

Balas

. 0

putra astaman

04 Maret 2023

Ok

Balas

. 0

M Ridwan Faza

21 Pebruari 2023

Good 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS