Dirilis

23 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Dalam dunia bisnis, strategi pemasaran sangatlah dibutuhkan. Pada dasarnya, strategi pemasaran atau strategi marketing merupakan rencana detail yang berisi tentang cara menjual produk atau jasa. Adanya strategi tersebut akan membuat suatu produk atau jasa bisa dipasarkan dengan efektif pada satu target pasar tertentu. 

Bisa dibilang strategi pemasaran merupakan hal vital pada suatu bisnis. Hal ini dikarenakan strategi pemasaran bisa membantu dalam meningkatkan penjualan produk. Menggunakan strategi pemasaran yang tepat juga akan membantu memposisikan suatu produk dengan tepat di pasaran. Kondisi ini tidak hanya akan meningkatkan penjualan produk saja, tetapi juga akan meningkatkan daya saing produk yang Anda jual. 
 

5 Contoh Strategi Marketing dan Manfaatnya 

Ada banyak strategi pemasaran atau marketing yang bisa digunakan. Berikut beberapa contohnya:



1. Media Sosial 



Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial minimal satu. Entah itu Facebook, Instagram, Twitter atau YouTube. Selama ini banyak orang beranggapan jika media sosial hanya bisa digunakan untuk komunikasi, padahal media sosial juga bisa digunakan untuk mempromosikan atau menawarkan suatu produk atau jasa.
Konten yang di upload di media sosial merupakan media pemasaran paling efektif dan paling banyak memberikan keberhasilan untuk menarik konsumen untuk membeli produk atau jasa. Adapun konten yang bisa digunakan untuk menarik konsumen yaitu dalam bentuk gambar, tulisan atau video. Menariknya lagi, di media sosial terdapat fitur paid advertising
Contoh paid advertising bisa Anda temukan di media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Youtube. Iklan semacam ini berguna untuk memunculkan iklan ke target pengguna media sosial yang menjadi target pasarnya. Dengan begitu, bisa tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut. 

 

2. Email Marketing 

Email marketing merupakan suatu aktivitas mengirimkan email, dimana pesan yang dikirimkan berisi tentang informasi produk, penawaran produk, penawaran keanggotaan, promo dan sebagainya. Pesan-pesan tersebut dikirimkan kepada sejumlah orang yang memiliki keterkaitan pada produk yang dijual.
Manfaat dari menggunakan email marketing dalam strategi pemasaran adalah bisa meningkatkan penjualan produk dari pembeli baru maupun pembeli lama. Namun, sebelum Anda mengirimkan pesan berarti terlebih dahulu harus mendapatkan kontak email dari para pembeli. 

 

3. SEO (Search Engine Optimization)



SEO atau Search Engine Optimization merupakan strategi sistematis yang digunakan untuk membuat website atau blog muncul di halaman utama mesin pencarian Google. SEO ini memiliki manfaat untuk meningkatkan pengunjung ke website dengan keyword atau kata kunci yang sudah ditargetkan.
SEO bisa digunakan secara gratis. Artinya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan trafik potensial. Namun, SEO memiliki kekurangan yaitu butuh waktu relatif lama yaitu antara 6 bulan hingga 1 tahun. 



4. SEM (Search Engine Marketing)

SEM merupakan strategi marketing terbaik saat ini. Dimana strategi pemasaran satu ini memiliki manfaat agar suatu produk bisa muncul pada halaman Search Engine Result Page (SERP). Cara kerja dari SEM adalah pemasangan iklan dengan menargetkan keyword atau kata kunci yang memiliki keterkaitan dengan suatu produk yang dijual
Menggunakan SEM persentase keberhasilannya cukup tinggi jika dibandingkan dengan pemasangan iklan pada media massa. Hal ini dikarenakan banyak orang mencari sesuatu melalui mesin pencari Google berarti sedang sangat membutuhkan informasi tersebut.
 

5. Content Marketing 

Content marketing adalah merencanakan, membuat dan juga mendistribusikan sebuah konten secara tepat sasaran kepada audiens. Tujuannya yaitu untuk menarik banyak audiens supaya bisa mengenal produk dan juga mendorong audiens untuk menjadi pelanggan. Biasanya content marketing ini dalam bentuk tulisan, gambar, video, audio dan sebagainya. 
Penjualan produk akan mengalami peningkatan jika konten yang dibuat sangat menarik. Maka dari itu, kunci keberhasilan strategi pemasaran ini adalah membuat konten yang menarik. Beberapa kriteria sebuah konten dikatakan menarik diantaranya adalah:
  1. Sesuai dengan target konsumen 
  2. Konten berkualitas sesuai tren yang sedang naik daun 
  3. Didistribusikan dan dipromosikan di berbagai platform 
  4. Menarik perhatian audience 



Baca juga: Ini Cara Bangun Budaya Perusahaan ala Facebook



Nah itulah 5 contoh strategi marketing dan manfaatnya. Bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin meningkatkan penjualan, sebaiknya gunakan strategi pemasaran yang tepat. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari Daya.id seputar cara pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda. 
Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 




 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

27 Oktober 2023

Keren 👍👍

Balas

. 0

Nattan Leon Rumamby

27 September 2021

Good?

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

24 September 2021

??

Balas

. 0

Septi Ulandari

23 September 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS