Dirilis

23 Pebruari 2023

Penulis

Lucky Lombu

Jika Anda mengira melakukan social media marketing di Facebook sudah tidak efektif, Anda mungkin perlu menimbang ulang. Karena, sampai saat ini Facebook masih menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Menurut data yang dirilis We Are Social dan Hootsuite, per Januari 2023, ada 2,95 miliar pengguna aktif Facebook di seluruh dunia.
 
Baca Juga: Strategi Marketing Ala TikTok untuk Meningkatkan Penjualan
 
Tapi tentu saja, untuk berhasil dalam melakukan pemasaran di Facebook, Anda perlu memiliki strategi yang sesuai.


 

Sesuaikan Strategi Anda

Oke, sebelum Anda membuat strategi Anda sendiri, ada beberapa poin yang bisa Anda jadikan dasar dalam pembuatan strategi pemasaran media sosial yang efektif di Facebook.

 

Pahami Tujuan Anda

Sebelum memulai social media marketing di Facebook, Anda perlu memahami tujuan dan apa yang ingin dicapai oleh bisnis Anda melalui kehadiran di Facebook. Tujuan Anda bisa berupa meningkatkan kesadaran merek, menarik pelanggan baru, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan keterlibatan penggemar. Memahami tujuan akan membantu Anda menentukan metrik yang perlu diukur dan jenis konten yang perlu diposting untuk mencapai tujuan.

 

Perbaharui Halaman Facebook Anda

Kapan terakhir kali Anda memperbaharui isi di halaman Facebook Anda? Bukan hanya posting-an, tapi juga foto sampul atau deskripsi tentang halaman Anda? 
 
Nah, membuat halaman Facebook yang menarik juga sangat penting. Halaman Facebook Anda adalah wajah bisnis Anda di Facebook. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat halaman yang menarik dan terlihat profesional. Pastikan untuk menyediakan deskripsi singkat yang jelas tentang bisnis Anda, menambahkan foto profil dan foto sampul yang menarik, serta mengisi informasi kontak dan alamat bisnis Anda.

 

Pahami Audiens Anda

Strategi Anda kemungkinan besar akan gagal jika Anda tidak tahu siapa audiens di Facebook. Maka itu, gunakan Facebook Insights untuk mempelajari audiens Anda. Facebook Insights adalah alat gratis yang disediakan oleh Facebook untuk membantu Anda memahami lebih lanjut tentang penggemar halaman Anda. Anda dapat mengetahui usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat. Informasi ini akan membantu Anda menciptakan konten yang menarik bagi mereka.
 
Setelah Anda memahami siapa audiens Anda di Facebook, Anda dapat mulai memasarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, termasuk menggunakan fitur Facebook Ads untuk menjangkau pengguna yang belum mengikuti halaman Facebook Anda, tapi mungkin tertarik dengan produk atau jasa Anda.


 

Buat Konten yang Sesuai

Terkait dengan materi pemasaran, penting bagi Anda untuk menyajikan konten yang sesuai dengan minat audiens Anda di Facebook. 
 
Ya, posting konten berkualitas dan relevan secara teratur, sangat penting dalam mempertahankan engagement orang-orang yang mengikuti halaman Facebook Anda. Sementara, keterlibatan audiens adalah kunci untuk membangun hubungan yang kuat antara merek bisnis Anda dengan audiens Anda di Facebook.
 
Gunakan gambar dan video. Karena saat ini, kedua tipe konten tersebut merupakan alat pemasaran yang efektif di Facebook. Posting-an dengan gambar dan video memiliki keterlibatan lebih tinggi dibandingkan dengan posting teks biasa. Pastikan konten visual yang Anda bagikan menarik dan relevan bagi audiens Anda.
 
Selain posting konten yang relevan secara teratur, merespons komentar dan pesan, adalah hal penting yang dapat membantu mempertahankan keterlibatan audiens Anda. Jika Anda bisa berinteraksi secara positif dengan audiens Anda, mereka cenderung mempertimbangkan merek Anda ketika ingin membeli produk atau jasa seperti yang Anda tawarkan.
 
 

Gunakan Facebook Ads

Untuk memperluas jangkauan merek Anda, manfaatkan fitur Facebook Ads untuk mempromosikan bisnis Anda kepada pengguna yang mungkin tertarik. Dalam penggunaan Facebook Ads, Anda dapat menargetkan audiens yang spesifik, sesuai dengan preferensi atau perilaku tertentu.
 
Anda dapat memilih antara berbagai jenis iklan, seperti iklan gambar, iklan video, iklan katalog produk, dan banyak lagi.
 
Baca Juga: Strategi Media Sosial yang Perlu Anda Perhatikan

Nah, setelah Anda membuat strategi bisnis Anda di Facebook, dan Anda sudah menjalankan, coba gunakan lagi alat pengukuran seperti Facebook Insights untuk memantau kinerja halaman Anda. Pelajari posting apa yang paling banyak disukai dan dibagikan, serta kapan waktu terbaik untuk memposting. Dengan memahami kinerja halaman Anda, Anda dapat terus meningkatkan strategi pemasaran di Facebook, untuk meningkatkan kesadaran pengguna akan merek bisnis Anda.
 
Selain itu, dalam menggunakan strategi pemasaran di Facebook untuk bisnis, penting untuk selalu memperbarui pengetahuan Anda dan beradaptasi dengan perubahan algoritma Facebook. Dalam perkembangannya, pastikan Anda selalu memantau tren dan mengikuti perubahan algoritma Facebook yang terus berubah dan berkembang. Dengan menjalankan strategi pemasaran Facebook yang efektif, Anda dapat memperluas jangkauan merek Anda dan mencapai target audiens Anda di platform media sosial terbesar di dunia.
 
Jika Anda butuh saran lebih lanjut, silakan bertanya di Tanya Ahli. Daftarkan diri Anda untuk akses gratis ke seluruh fitur Daya.id.

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

4.7

15 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

TA Herly Marwanto

07 Desember 2023

makasih petunjuknya

Balas

. 0

Sonia Rahelga

04 Desember 2023

Terima Kasih informasinya, semoga bisa saya terapkan.

Balas

. 0

Sonia Rahelga

04 Desember 2023

Terima Kasih informasinya, semoga bisa saya terapkan.

Balas

. 0

TA Herly Marwanto

03 Agustus 2023

oke

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

05 Juli 2023

Mantap infonya

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS