Dirilis

18 Januari 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, dunia bisnis pun mengalami kemajuan. Para pelaku bisnis harus menyesuakan diri untuk mengikuti perubahan yang ada, salah satunya dengan memanfaatkan internet sebagai media online marketing.

Sebelum memulai promosi secara online, tentunya Anda membutuhkan konten yang bagus agar dapat menarik perhatian target audiens Anda. Dalam hal tersebut, Anda perlu memahami bagaimana strategi membuat content marketing untuk mengembangkan bisnis Anda.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu content marketing, tujuan dari content marketing, dan strategi apa yang perlu dilakukan dalam content marketing. Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Apa itu Content Marketing?

Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang di dalamnya terdapat kegiatan untuk membuat, mendistribusikan, dan menilai performa konten. Jika Anda akan membuat content marketing, Anda perlu memenuhi tiga syarat utama sebelum memproduksi konten. Tiga syarat tersebut adalah konten Anda harus penting, relevan, dan konsisten. 

 

Tujuan Content Marketing untuk Bisnis


Sebagai bagian dari strategi pemasaran, content marketing memiliki tujuan tertentu untuk memasarkan sebuah brand. Tujuan dari content marketing adalah untuk mengubah audiens di internet menjadi konsumen. Namun ada beberapa tujuan khusus dalam content marketing, berikut beberapa tujuan dalam membuat content marketing:

-    Social Media Engangement
-    Mendapatkan Traffic yang Tinggi
-    Peningkatan Penjualan 

 

7 Strategi Content Marketing untuk Bisnis


Berikut adalah langkah-langkah strategi dalam membuat content marketing untuk bisnis Anda.

 

1.    Tentukan Tujuan Marketing Anda

Langkah pertama adalah tetapkan tujuan bisnis Anda dalam membuat content marketing. Jika Anda menetapkan dan mengetahui tujuan Anda, hal tersebut akan memudahkan Anda untuk fokus sehingga Anda tetap berada pada jalur menuju tujuan yang ingin Anda raih. Penjelasan tujuan content marketing di atas dapat dijadikan referensi untuk Anda dalam menetapkan tujuan pemasaran.

 

2.    Tetapkan Key Performance Indicator (KPI)

Setelah menentukan tujuan, cara terbaik untuk mencapainya adalah Anda perlu menetapkan Key Performance Indicator untuk strategi content marketing bisnis Anda. KPI akan membantu Anda mengetahui kapan tujuan Anda sudah tercapai. 

 

3.    Kenali Target Audiens Anda

Untuk menghasilkan content marketing yang sukses, Anda harus mengetahui siapa target audiens bisnis Anda. Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat membuat konten yang tepat untuk menjangkaunya. Ada 2 hal yang perlu Anda lakukan pada langkah ini.

 

-    Kumpulkan Data Demografis 

Anda perlu mengumpulkan demografi calon konsumen Anda. Hal yang bisa Anda lakukan adalah menganalisis target audiens di tools analytics seperti Google Analytics. Setelah melakukan analisis, Anda akan mendapatkan data-data terkait calon konsumen Anda seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan, dan lain sebagainya.

 

-    Membuat Customer Persona

Ketika Anda sudah memiliki data demografis, Anda bisa membuat atau menyempurnakan customer persona. Customer persona juga dikenal sebagai avatar pelanggan, menggambarkan calon pelanggan ideal Anda, sehingga Anda dapat menargetkan konten Anda dengan lebih baik.

Ketika Anda sudah mengetahui kedua hal di atas, Anda akan memiliki pemahaman yang baik terkait jenis konten apa yang akan ditanggapi oleh target audiens Anda.

 

4.    Temukan Channel yang Tepat

Saat Anda melakukan tahap ini, Anda akan mulai memamahi di mana tempat target audiens Anda “nongkrong” di internet. Untuk mengetahui channel mana yang tepat untuk menjangkau target audiens Anda, Anda perlu memeriksa lagi di Google Analytics, buka Acquisition » Social » Overview untuk melihat jaringan sosial utama tempat konten Anda dibagikan.

 

5.    Menilai Hasil Distribusi Konten

Terakhir, saatnya menilai keberhasilan strategi content marketing Anda. Untuk melakukan ini, Anda akan kembali ke KPI yang Anda tetapkan di awal rencana strategi konten, dan melihat apa yang berubah dan apakah Anda mencapai target. Untuk melakukan ini Anda perlu melakukan:

- Periksa Google Analytics seperti yang dijelaskan di atas untuk melihat kinerja konten Anda
- Ukur social sharing activity pada tools analisis seperti BuzzSumo.

Dengan memantau kemajuan Anda, Anda akan dapat mengubah strategi content marketing Anda secara berkala, sehingga Anda juga bisa mengimprovisasi untuk ke depannya.

Baca juga: Simak 5 Contoh Strategi Marketing dan Manfaatnya

Itu dia penjelasan terkait pengertian, tujuan, dan strategi membuat content marketing yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi pengelolaan keuangan serta pengembangan usaha bisa Anda akses dengan gratis dan sangat mudah. 

Apabila Anda memiliki tantangan dalam mengembangkan usaha, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan mitra ahli dibidang usaha yang telah berpengalaman. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

19 Januari 2022

👍👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS