Dirilis

15 April 2023

Penulis

Khalid Hafizh Sulaiman

Kenapa Anda sebaiknya menjalankan program promosi jelang Lebaran? Alasannya sederhana, karena promosi merupakan salah satu hal yang dicari oleh calon konsumen.

Anda sendiri, bukankah Anda juga mencari promo baik offline ataupun online, baik untuk kebutuhan usaha ataupun untuk kebutuhan pribadi?

Baca juga: Jual Ini di Garage Sale, Jelang Lebaran

Promo perlu Anda lakukan untuk membantu menarik perhatian calon konsumen. Apalagi pada masa jelang Lebaran ini, dimana sebagian calon konsumen Anda baru saja menerima Tunjangan Hari Raya (THR), dan ada potensi prilaku konsumtif yang bisa Anda maksimalkan.

Ya, suka tidak suka, ada potensi perilaku konsumtif jelang hari raya. Misalnya, untuk membeli baju baru, baju gamis, baju koko, celana, mukenah, sandal, sepatu, tas, dan aksesoris baru lainnya.

Percayalah, kompetitor usaha Anda mengincar hal yang sama. Makanya, Anda harus melakukan strategi promosi yang tepat, agar Anda bisa bersaing menarik perhatian calon pembeli, sehingga Anda bisa meningkatkan penjualan jelang Lebaran.

 

Strategi Promosi Jelang Lebaran

Pertanyaannya, strategi promosi apa yang sebaiknya Anda jalankan jelang Lebaran? Bagi Anda yang baru memulai usaha, jangan khawatir, pada artikel ini kita akan mencoba membahas mengenai tips-tips yang bisa Anda lakukan dalam melakukan promosi terutama pada momen Lebaran tahun ini. 

 

1.    Ketahui dan Pahami Kebutuhan Konsumen

Dalam melakukan promosi, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu Anda harus mengetahui dan memahami dahulu tentang apa saja kebutuhan dari target pelanggan Anda. Pada saat Lebaran misalnya, Anda dapat melakukan promosi guna meningkatkan penjualan Anda karena pada saat hari raya orang cenderung lebih konsumtif karena baru menerima THR.

Misalnya, saat hari raya orang pasti lebih banyak menghabiskan waktu mereka bersama keluarga, dan bersilaturahmi dengan keluarga besar. Pada momen tersebut orang pasti menggunakan pakaian yang bagus. 

Anda yang memiliki usaha dalam menjual pakaian dengan harus bisa memanfaatkan akan kebutuhan konsumen  Anda tersebut seperti menyediakan produk busana Muslim atau perlengkapan ibadah khusus Idul Fitri. 

Baca Juga: Kiat Pertahankan Pelanggan Pakaian Muslim Saat Ramadan

 

2.    Strategi Promosi dengan Diskon

Setelah Anda mengetahui dan memahami akan kebutuhan dari target pelanggan Anda, baru Anda bisa memberikan potongan harga atau yang biasa Anda sebut dengan istilah “diskon” terhadap barang yang Anda jual. 

Dalam pemberian diskon ada beberapa hal yang harus Anda perhitungkan dengan benar, yaitu:

  • Menghitung margin keuntungan, atau menghitung BEP (break even point)  dan melakukan mark-up harga yang masuk akal.
  • Menentukan jenis penawaran yang ingin diberikan. Apakah kupon, buy one get one free, potongan harga, cuci gudang atau lainnya.
  • Mencari tahu apa yang dilakukan kompetitor, termasuk diskon dan promosi yang sedang mereka terapkan.


Pemberian diskon dapat berdampak baik untuk bisnis Anda. Tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan saja, namun juga dapat menarik pelanggan baru dan menumbuhkan interaksi antara bisnis Anda dengan konsumen yang loyal.

 

3.    Membuat Iklan yang Menarik di Media Sosial

Untung menjangkau target pasar yang lebih luas tentu Anda bisa melakukannya dengan membuat iklan kampanye produk Anda di media sosial. Anda bisa membuat konten yang berhubungan dengan nilai-nilai Ramadhan dan lebaran supaya bisa menyesuaikan pada momen saat ini.

Kampanye iklan yang dikatakan berhasil ketika orang yang melihat iklan tersebut menjadi baper dan dan bertanya tanya tentang produk yang kita tawarkan, sehingga mereka memutuskan untuk membeli produk Anda.

 

4.    Mengatur waktu dalam melakukan promosi

Dalam melakukan iklan di media sosial faktor waktu menjadi penting yang harus Anda perhatikan. aturlah waktu untuk penayangan Anda pada saat konsumen lebih banyak menggunakan internet, seperti menjelang buka puasa, pada waktu sahur, dan pada saat istirahat jam kerja. Pada saat itulah biasanya konsumen Anda lebih banyak dan sering mengakses internet. 

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Anaf setyo radite

25 Maret 2024

Bermanfaat

Balas

. 0

Mansyur rahmat

06 Desember 2023

terimkasih buat admin

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

20 Juli 2023

👍

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

20 Juli 2023

👍

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

13 Juli 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS