Dirilis

21 November 2022

Penulis

Peni hidayah

Semua pebisnis pasti ingin meningkatkan keuntungan mereka sehingga bisnisnya terus berkembang. Pemberian diskon sebagai menjadi satu strategi promosi yang dijalankan bahkan dianggap menjadi cara ampuh untuk mencapai tujuan tersebut. Masih banyak lagi tujuan yang ingin dicapai pemilik bisnis dengan memberikan diskon pada bisnis mereka. 

Perlu dipahami dalam memberikan diskon, Anda harus jeli kapan waktu yang tepat dan berapa nilai yang bisa Anda berikan. Jangan sampai Anda memberikan diskon, tetapi bisnis Anda malah mengalami kerugian. 

 

Tujuan Strategi Promosi Diskon

Agar Anda semakin paham tentang diskon, berikut penjelasannya.

 

1.    Menarik pembeli baru

Cukup banyak mata yang tergoda kalau ada tulisan diskon. Strategi promosi ini tidak lain trik yang dilakukan untuk menarik perhatian setiap orang yang melihat bisnis Anda, baik secara offline maupun online. Ditambah jika Anda menentukan batas waktu promo diskonnya, mereka jadi mempertimbangkan ini untuk mencoba produk Anda daripada terlewatkan.

 

2.    Menarik pelanggan baru

Biasanya pembeli yang sudah pernah membeli produk atau jasa Anda dan merasa puas dengan manfaatnya, begitu tulisan pamungkas diskon muncul, mereka jadi tertarik dan memunculkan kata mumpung diskon di hati mereka sehingga akhirnya membeli. Maka dengan ini bertambahlah pelanggan baru Anda. Pastikan juga dengan adanya diskon, jagalah kualitas dari produk dan jasa yang Anda tawarkan.

 

3.    Mempertahankan Pelanggan Loyal


Berikan perhatian khusus bagi pelanggan loyal Anda sebagai apresiasi atas kesetiaanya dengan pemberian diskon khusus untuk mereka. Hal ini bisa menjamin kesetiaan pelanggan loyal Anda tetap terjaga.

 

4.    Meningkatkan volume penjualan dalam waktu cepat

Jika Anda memiliki tujuan meningkatkan volume penjualan, memberikan diskon menjadi pilihan instan untuk dijalankan. Orang pasti akan berbondong-bondong menyerbu bisnis Anda untuk membelinya. Dalam sekejap banyak produk yang terjual.

 

5.    Ingin Menghabiskan stok lama

Masih tersedia stok produk yang lama di tempat Anda tapi masih layak pakai dan kualitasnya cukup baik? Agar stok tersebut bisa cepat laku terjual dan habis, strategi promosi dengan diskon bisa Anda berikan. 

 

Jenis Diskon yang Bisa Ditawarkan

Apa yang ingin Anda tuju dari bisnis Anda, menentukan jenis diskon yang ditawarkan. Berikut beberapa jenis diskon:

 

1.    Diskon dengan pesentase

Jenis diskon ini paling banyak dipilih oleh pemilik bisnis. Biasanya angka yang paling banyak dipakai 25% sampai dengan 75% dari harga yang tersedia. Waktu yang paling sering dijalankan yaitu ketika cuci gudang atau menjual produk yang sudah tidak laku dipasaran. Misalnya “bila membeli celana jeans + kaos diskon 25%”.

 

2.    Diskon dengan pengurangan harga

Jenis diskon ini cocok bagi produk yang memiliki harga tinggi. Harapannya bisa menarik orang untuk membeli. Namun agar tidak rugi, Anda bisa memberikan diskon apabila pembeli sudah belanja yang nilainya sudah dibatas minimal harga. Umunya diskon ini diberikan kepada pelanggan yang loyal.

 

3.    Gratis biaya kirim

Jenis diskon ini biasanya dimanfaatkan untuk penjualan secara online. Terkadang hal yang menghambat atau membatalkan calon pembeli untuk menyelesaikan transaksinya adalah factor tingginya biaya kirim. 

Jika ingin menggunakan diskon ini Anda perlu menentukan pertimbangannya agar tidak terjadi kerugian. Karena biaya kirim ini akan ditanggung oleh penjual. Misalnya pembelanjaan minimal Rp100.000,- bebas baiya kirim atau pembeli dari wilayah jabodetabek bebas biaya kirim.

 

4.    Pemberian hadiah gratis

Diskon jenis ini cukup menggiurkan karena strategi promosi bisnis ini biasanya diterapkan dengan memberikan hadiah gratis serupa dengan barang yang ditawarkan.
Misalnya pembelian 1 botol skin care ukuran 100 ml, dapat hadiah gratis 1 sachet skin care ukuran 25 ml. Diskon dengan jenis ini cukup menjadi incaran banyak orang juga.

Sebelum Anda menjalankan strategi promosi dengan diskon, pastikan Anda mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai agar Anda bisa menentukan jenis diskon yang akan diberikan serta bisa tepat sasaran atau sesuai target. Jika tepat pada target Anda, penggunaan diskon akan menghasilkan keuntungan besar bagi bisnis Anda dalam jangka panjang!

Apabila ada kendala terkait promosi yang ingin ditanyakan silakan berkonsultasi dengan praktisi dan trainer UKM di website www.daya.id. Lalu dapatkan informasi usaha dan keuangan lainnya secara gratis dan sangat mudah dari website Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Dea Indah Riani Putri

19 Januari 2023

👍🏼

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

19 Januari 2023

👍🏼

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

16 Januari 2023

👍🏼

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

16 Januari 2023

👍🏼

Balas

. 0

Asril

07 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS