Dirilis

22 Desember 2021

Penulis

Nada Aura Daya, Andina Audrey Az Zahra, Muhammad Wildan Amarullah

Pada umumnya, keinginan belanja masyarakat meningkat ketika akan merayakan Hari Natal dan tahun baru. Biasanya mall-mall akan ramai pengunjung menjelang hari-hari perayaan tersebut. Namun, pandemi yang kita alami beberapa tahun ke belakang membuat sedikit perubahan baru. Masyarakat yang biasanya berbelanja ke mall, sekarang lebih sering menggunakan e-commerce.Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung, mengatakan bahwa perayaan Natal sangat mempengaruhi penjualan e-commerce. Pada perayaan Natal tahun 2018, tingkat penjualan e-commerce mengalami kenaikan hingga 20 persen. Hal ini menunjukkan peluang yang bagus bagi e-commerce untuk bisa memaksimalkan profitnya di masa Natal dan tahun baru. Lantas bagaimana cara meningkatkan usaha dengan memaksimalkan momentum akhir tahun? Simak artikel berikut ini ya.



Kebiasaan belanja melalui e-commerce ini memang menjadi trend masyarakat sejak masa pandemi berlangsung. Melonjaknya minat belanja masyarakat melalui e-commerce ini membuat perusahaan-perusahaan e-commerce meraup banyak keuntungan. Dari sekian banyak e-commerce, terdapat beberapa yang menjadi andalan sebagian besar masyarakat.Berdasarkan data dari SimilarWeb, tiga e-commerce yang memiliki jumlah traffic share paling tinggi adalah Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Tercatat ada sebanyak 32,04 persen jumlah traffic share dengan jumlah kunjungan bulanan ke Tokopedia sebanyak 129,1 juta. Dilanjut dengan Shopee dengan jumlah traffic share sebesar 29,78 persen dan Bukalapak dengan jumlah traffic share 8,23 persen.

Keinginan akan belanja online melalui e-commerce meningkat diiringi juga dengan tradisi tahunan. Ada banyak sekali tradisi di malam tahun baru yang kerap meramaikan perayaan tahun baru di Indonesia. Mulai dari yang umum hingga tradisi khas keluarga masing-masing selalu membuat malam tahun baru menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Tak lengkap rasanya jika tahun baru tidak menggunakan properti khas yang wajib ada di setiap tahunnya.  Masyarakat saat menjelang tahun baru akan membeli beberapa aksesoris perlengkapan kegiatan tahun baru barang ini seolah menjadi barang wajib saat merayakan tahun baru yaitu terompet, kembang api, alat untuk bakar-bakaran (barbeque). Beberapa perlengkapan untuk tahun baru ini dapat ditemukan dan dibeli melalui e-commerce serta memiliki range harga Rp20.000 - Rp250.000 setiap produk-nya. Selain itu, ragam jenis barang pun diminati mulai dari aksesoris hingga kebutuhan pokok.


 

Cara Tingkatkan Keuntungan Saat Natal dan Tahun Baru

Dengan daya beli yang tinggi dengan barang yang beragam menjadi sebuah momok tersendiri bagi memiliki gerai di e-commerce untuk menyiapkan strategi nya dalam mengoptimalisasi profit yang ingin dicapai menggunakan strategi pemasaran yang menarik. Lantas bagaimana caranya? Berikut cara yang dilakukan agar profit dapat meningkat dalam memanfaatkan momentum tahun baru dan Natal:

 

1. Menggunakan tagline yang ciamik 

Bagi yang suka diskon di akhir tahun baru dan Natal dengan promo yang melimpah. Gerai e-commerce dalam memanfaatkan momen yang terjadi setahun sekali menyiapkan langkah strategis dengan menggunakan tagline dan hashtag pada setiap iklannya 12.12 dengan keunikan brand nya masing-masing. Hal ini menjadi daya tarik konsumen untuk berburu barang yang diinginkan sesuai dengan selera e-commerce nya masing-masing.
 



2. Pengoptimalisasi website toko 

Selain itu,menurut studi dari Institut Bayman mengatakan  website sukses untuk pemasaran sebanyak 32 persen menurut . Sedangkan persentase yang lainnya tidak berhasil. Hal ini didukung oleh optimalisasi dan penyesuaian tema. Dalam proses penyesuaian tema diperlukan identity dari sebuah bisnis yang kuat dan menjadi unik tersendiri yang mengisyaratkan pembeli untuk mampir ke website anda.Dimulai dari pengaplikasian colour tone yang sesuai dengan selera konsumen, tampilan UI/UX yang rapih, dan informasi yang disediakan secara jelas dan komprehensif.  Selengkapnya dapat klik di sini untuk mengetahui cara membuat website.

3. Paket bundling

Sudah menjadi rutinitas jikalau tahun baru banyak platform e-commerce yang menggelar promo dan paket bundling spesial tahun baru. Mulai dari buy one-get-one, all set package, dan masih banyak lagi. Hal ini menjadi buruan konsumen untuk membeli barang yang dicari dengan memanfaatkan paket bundling yang menarik.

 

Untuk Anda yang ingin mengetahui langkah untuk meningkatkan profit usaha melalui strategi pemasaran yang menarik dapat membaca artikel ini. Anda yang ingin mengetahui tentang perspektif lainnya untuk meningkatkan usaha kalian dapat klik di. sini. Harapannya dengan adanya artikel strategi pemasaran usaha yang menarik dikala memanfaatkan momentum di akhir tahun baru dan Natal. Maksimalkan keinginan yang pasar dieksekusi dengan strategi yang ciamik, raup untung yang banyak. Jika Anda ingin mendapatkan insight lebih lanjut mengenai pengembangan usaha bisa klik disini  Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

27 November 2023

Terima Kasih informasi nya sangat bermanfaat menambah pengetahuan 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS