Dirilis

28 Pebruari 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Perkembangan teknologi dan pandemi COVID-19 yang sudah melanda selama beberapa tahun belakangan, menyebabkan masyarakat makin memanfaatkan teknologi digital.

Sebelum pandemi saja masyarakat sudah mengenal dan menggunakan digital. Mulai dari memesan kendaraan sampai dengan memesan makanan sudah menggunakan aplikasi digital. Apalagi sejak pandemi COVID-19, hampir segala aktivitas dilakukan dengan digital. Bukan hanya memesan makanan, tetapi bekerja dan bersekolah pun menggunakan bantuan teknologi digital saat ini. 

Dengan semua itu, apakah Anda sebagai UMKM masih ragu untuk go digital? Inilah saatnya untuk UMKM go digital.

 

Haruskah UMKM Go Digital? 

Pertanyaan yang sering sekali muncul adalah, “Apakah saya harus mulai berjualan secara online? Usaha saya masih kecil, baru mulai, apakah penting untuk go digital?” Pertanyaan-pertanyaan ini harus Anda jawab sendiri. Bukanlah menjadi tugas orang lain untuk menjawabnya.

Tapi, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa UMKM go digital, yang bisa membantu Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut:

 

1. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Permasalahan yang paling sering ditemui UMKM apalagi yang baru mulai berusaha adalah terbatasnya sistem pendistribusian dan pemasarannya.  

Nah, dengan melakukan pemasaran secara online, permasalahan ini seharusnya bisa diminimalisir. Dengan go digital, UMKM bisa melakukan pemasaran selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, dan tidak terbatas pada satu tempat saja, tetapi bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan sampai keluar negeri.

 

2. Meminimalisir Hilangnya Target Pasar


Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia di tahun 2019, dan masuk ke Indonesia di tahun 2020, kebiasaan belanja masyarakat mulai berubah dan bergerak ke arah digital. Apapun itu dilakukan dengan digital. Bahkan transportasi, dimana memesan ojek saja sudah menggunakan digital lama sebelum pandemi melanda. Saat ini dengan adanya pandemi, kebiasaan berbelanja menggunakan online/digital menjadi suatu kebiasaan

Apabila usaha Anda tidak mau ketinggalam, maka sudah saatnya mengikuti kebiasaan masyarakat saat ini, dimana segala sesuatunya dilakukan secara digital. Jika tidak Anda akan kehilangan pendapatan dan konsumen Anda.

 

3. Pertumbuhan Pengguna Internet yang Kian Pesat


Bukan hanya di dunia, bahkan di Indonesia, jumlah pengguna internet semakin meningkat, baik itu muda maupun tua. Anda sudah pernah mendengar tentang dicetuskannya proyek satelit Palapa Ring kan? Dengan proyek tersebut artinya internet akan mampu menjangkau lebih banyak kota di daerah pelosok.

Itu artinya semakin banyak orang yang sudah mengenal digital dan akan semakin banyak lagi orang yang berbelanja melalui online/digital. Dengan kondisi seperti ini, rasanya sangat relevan apabila Anda pelaku UMKM untuk mulai merambah pasar digital, jika bisnisnya ingin tetap sesuai dengan perkembangan zaman.

 

4. Biaya Operasional Lebih Rendah


Beralin ke digital, Anda dapat mengurangi banyak sekali biaya-biaya yang mucul, misalnya biaya sewa kios dan biaya pemasaran offline. Artinya biaya operasional Anda bisa dikurangi

Baca Juga: Cara Turunkan Biaya Operasional Usaha

Anda tidak perlu lagi memiliki toko offline untuk memperkenalkan dan memasarkan produk Anda, sehingga biaya bisa ditekan, karena dengan UMKM go digital Anda bisa memanfaatkan media sosial atau website untuk memperkenalkan dan pemasaran produk Anda.

 

5. Biaya Pemasaran yang Lebih Bisa Diatur


Lebih besar biaya pemasaran offline atau online/digital? Sebenarnya biaya pemasaran digital justru lebih transparan dan akuntabel dibandingkan metode pemasaran offline yang memerlukan waktu serta tenaga ekstra.

Baca juga: Tingkatkan Pemasaran Digital Dengan Content Marketing & Mau Jalankan Iklan Digital Coba Perhatikan Ini

Untuk memperkenalkan bisnis, Anda bisa memanfaatkan platform email yang bisa mengirim pesan ke ribuan orang sekaligus dalam beberapa kali klik. Selain itu, kamu juga bisa melihat seberapa efektif kampanye yang dilakukan berkat adanya fitur analytics yang merekam setiap respon dari pelanggan.

 

6. Pertumbuhan Lebih Cepat.

Dengan digital penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan luas, begitu juga dengan usaha Anda. Apabila Anda go digital makan informasi tentang usaha dan produk Anda bisa menjangkau lebih luas dan cepat.

Maka usaha Anda akan lebih banyak di kenal orang dengan cepat tanpa mengenal batas dan jarak. Sehingga Anda akan mendapatkan potensi yang lebih banyak dan beragam, dan potensi penjualan pun akan semakin besar.

Nah, jadi tunggu apalagi? Apabila Anda menginginkan usaha dan produk Anda dikenal lebih banyak orang dan lebih luas lagi, yang artinya potensi penjualan Anda juga akan semakin besar segeralah menambah channel Anda dengan digital. 

Pastikan Anda sebagai UMKM go digital karena banyak sekali keuntungan untuk Anda.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang wirausaha dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

putra astaman

28 November 2022

Ok

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS