Dirilis

31 Oktober 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Seakan belum lama menyambut tahun 2022, tidak terasa sebentar lagi akan berakhir.

Akhir tahun biasanya diramaikan dengan momen hari Natal dan pergantian tahun baru. Banyak orang bersuka-cita, menyambut dengan pengharapan baik dan berkumpul dengan keluarga. 
Kalau Anda perhatikan, di momen ini biasanya mall menjadi lebih ramai, banyak pedagang yang juga muncul menjajakan berbagai macam dagangan, dari makanan sampai aksesories Natal dan tahun baru. 

Rupanya, banyak yang memanfaatkan momen akhir tahun untuk mencari cuan ya. Anda tertarik untuk ikutan?

 

Ide Bisnis Akhir Tahun

Pada dasarnya banyak ide bisnis yang bisa dijalankan di akhir tahun, karena momennya tepat. Namun berikut kami pilihkan untuk Anda yang paling menguntungkan. 
Ssst... nomor 1, 4, dan 7 bahkan bisa Anda lanjutkan sepanjang tahun!

 

1.    Hampers atau parsel


Seperti halnya hari raya keagamaan lainnya, orang-orang yang merayakan Natal biasanya memberikan hadiah kepada teman, rekan kerja atau anggota keluarga berupa parsel atau hampers. Makanya, bisnis ini cocok dilakukan menjelang akhir tahun, terutama untuk Anda yang kreatif.

Saat ini, hampers dengan packaging yang estetik dengan isi unik dan kekinian sangat diminati. Isinya juga lebih bervariasi, tidak melulu buah-buahan dan kue kering. Anda bisa membuat hampers berisi lilin aromaterapi, set alat makan kayu, perawatan tubuh dan wajah, ataupun tumbler atau perlengkapan sanitasi seperti hand sanitizer, sabun cuci tangan dan sebagainya. 

Tidak harus melakukannya sendirian, pelanggan Anda bisa menentukan sendiri isinya dan Anda tinggal mengkreasikan hampersnya dengan cantik!

 

2.    Terompet dan kembang api

Apalah arti tahun baru tanpa terompet dan kembang api?

Kalau tidak bisa membuatnya, bisa kok membeli dari produsen kemudian dijual kembali. Anda mungkin bukan satu-satunya yang mencari keuntungan dari bisnis musiman ini di momen tahun baru, tapi jangan khawatir Anda bisa menjadikan tetangga, kenalan dan teman sebagai target pertama yang Anda sasar.

 

3.    Cetak kalender

Menjelang akhir tahun, semua orang perlu kalender baru. Ya, semua orang. Makanya bisnis mencetak kalender menjadi salah satu pilihan bagus untuk momen ini. Untuk Anda yang jago desain, atau memiliki kenalan yang jago desain, Anda bisa menawarkan custom desain kalender yang tentu saja lebih unik dan menarik dibanding kalender biasa misalnya kalender dengan foto-foto seluruh anggota keluarga.

 

4.    Laundry

Banyak orang memanfaatkan liburan natal dan tahun baru untuk bepergian, beberapa dari mereka mungkin juga meliburkan asisten rumah tangga sehingga urusan cucian dan baju kotor terbengkalai. Peluang Anda untuk mengambil alih dan jadi cuan nih! Untuk memulainya, manfaatkan mesin cuci yang ada di rumah, dan pastikan pakaian pelanggan dicuci terpisah.

 

5.    Kue kering

Bisnis kue kering mungkin tidak asing bagi Anda ya! Banyak orang berburu kue kering untuk cemilan sendiri, menjamu tamu atau untuk dikirimkan kepada kerabat saat momen perayaan, baik itu lebaran, ulang tahun, imlek, termasuk natal dan tahun baru.

Anda yang ahli membuat kue kering, ini peluang Anda. Mengingat tingginya permintaan kue kering saat natal dan tahun baru, tidak ada salahnya Anda bersiap dari sekarang.

 

6.    Rental kendaraan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, akhir tahun momennya berlibur bersama keluarga. Beberapa yang tidak memiliki kendaraan mungkin bisa berpergian menggunakan taksi atau ojek online, namun menyewa kendaraan baik mobil ataupun motor tentu dianggap lebih efektif dan fleksibel. Ide ini cocok untuk Anda yang memiliki kendaraan namun tidak memiliki rencana menggunakannya di akhir tahun.

Pastikan kendaraan Anda bersih dan nyaman untuk disewakan ya! Anda juga bisa menawarkan jasa untuk membantu mengendarai untuk mendapat untung lebih.

 

7.    Katering

Menghabiskan momen akhir tahun tentu tidak lengkap tanpa makan-makan ya. Dikelilingi keluarga terkasih dan makanan enak, tentu menyempurnakan malam natal dan tahun baru. Beberapa orang mungkin lebih memilih kepraktisan dengan memesan makanan alih-alih memasak sendiri. Nah, inilah peluang Anda menawarkan jasa katering. 

Tidak hanya menu makanan matang yang siap makan, saat ini home barbeque juga sedang diminati lho! Tidak perlu repot memasak, Anda hanya menyewakan perlengkapan barbeque, daging, bumbu dan beberapa sayuran pendamping.  

Nah, itu lah 7 ide bisnis menjelang akhir tahun. Semoga menginspirasi Anda ya! 

Silakan daftarkan juga diri Anda di daya.id untuk mengetahui berbagai tips dan info lainnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

40 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

JUWENAH

06 Desember 2023

Bisnis akhir tahun buat tahun baru

Balas

. 0

Ilham saputra

14 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Hendratno

09 November 2022

Keren

Balas

. 0

Hendratno

09 November 2022

Keren

Balas

. 0

Hendratno

09 November 2022

Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS