Dirilis

27 Maret 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Anda pernah makan donat kan? Apabila ditanya, gerai donat apa yang terlintas di pikiran Anda, ketika Anda diminta menyebutkan gerai donat bermerek yang dijual di dalam mall?

Apakah Dunkin’ Donuts dan J.Co yang terlintas di pikiran Anda?

Kedua merek ini adalah merek donat yang sangat terkenal di Indonesia, yang paling sering dibanding-bandingkan. Tapi tahukah Anda bahwa salah satunya adalah produk lokal yang bisa bersaing dengan produk asing bahkan memiliki cabang di beberapa negara. 

Tahukah Anda yang mana? Dia adalah J.Co, produk lokal buatan anak negeri yang pertama sekali diluncurkan tahun 2005 di Supermal Karawaci, Tangerang. 

Masih berumur sangat muda bila dibandingkan kompetitornya Dunkin’ Donuts yang berasal dari Amerika Serikat, dengan gerai pertamanya di Indonesia berdiri tahun 1985 yang terletak di jalan Hayam Wuruk Jakarta. Sebenarnya Dunkin’s Donuts pertama sekali masuk di Indonesia tahun 1968 di Jakarta Fair (Pekan Raya Jakarta/PRJ), sedangkan di Amerika Serikat sendiri sudah ada sejak tahun 1950

Apabila melihat sejarah keduanya, sebenarnya J.Co berumur masih sangat muda bila dibandingkan kompetitornya Dunkin’s Donuts. Tetapi ini bukan halangan untuk J.Co menjadi unggul dan bisa bersaing. Terbukti nama J.Co sangat terkenal dan banyak diminati, bahkan J.Co saat ini membuka gerainya di luar negeri, seperti Singapur, Malaysia, Filipina, dan beberapa negara lainnya.

 

Strategi J.Co Sebagai Produk Lokal yang Mendunia

Kesuksesan yang diperoleh J.Co sebagai produk lokal yang bisa bersaing dengan produk asing, bahkan bisa sukses membuka gerai di luar negri bukan hal mudah. Hal ini bisa terjadi karena J.Co memiliki strategi yang dijalankan secara konsisten dan bertanggung jawab. 

Yuk, kita belajar dari beberapa strategi J.Co yang mungkin bisa kita adaptasi dan sesuaikan dengan usaha Anda. Lakukan metode ATM, Amati, Tiru dan Modifikasi, siapa tahu hal ini bisa mengembangkan usaha satu level lagi. 

Baca juga: Belajar Kesuksesan Sido Muncul Bangkit Dari Lilitan Utang


 

1. Cermat membaca potensi pasar dengan mengutamakan kebutuhan target market

Jika Anda perhatikan dengan baik terlihat bahwa J.Co menyasar target market menengah ke atas. Hal ini bisa dilihat dari desain gerai, citra merek dan hal-hal lain yang dilakukan J.Co dalam membuat konsep gerai mereka.

Target market menengah ke atas biasanya memiliki karakter royal yang menginginkan kenyamanan dan mementingkan kualitas ketika berbelanja. Hal ini menjadi salah satu yang sangat diperhatikan J.Co dalam pengembangan gerainya.

Berikut adalah beberapa hal berbeda yang dilakukan J.Co yang tidak dilakukan kompetitornya dalam memanjakan target marketnya

  • Menggunakan konsep Open Kitchen. Dengan mengusung konsep ini, konsumen bisa secara langsung melihat bagaimana donat dibuat, dan konsumen juga bisa melihat sendiri bahan bahan yang digunakan. Dengan begitu konsumen bisa tahu dengan pasti bahwa kualitas produk J.Co di buat dengan baik dan ini memberikan kenyaman untuk konsumen dalam mengkonsumsi produk-produk J.Co.
  • Demi kenyamanan konsumen mereka, J.Co juga menggunakan konsep boutique bakery dan coffee shop, sangat berbeda dengan kompetitornya. Terdapat sofa-sofa yang nyaman yang terkesan mewah didukung dengan pengaturan lampu yang tepat ataupun tata letak ruangan yang bagus. 


 

2. Pengembangan berbagai macam produk yang berkualitas

Yang namanya bisnis makanan bukan hanya membutuhkan tempat yang bagus dan nyaman, tetapi ujung-ujungnya tetap cita rasa yang mentukan segala galanya. Dalam urusan ini J.Co pun tidak mau ketinggalan dengan terus berinivasi, berikut adalah beberpa hal yang dilakukan J.Co yang membuatnya berbeda dengan kompetitornya.

  • Terkenal dengan donat yang lembut sekaligus fluffy
  • Hadir dengan aneka varian rasa yang menggunakan bahan-bahan topping yang premium
  • Yang unik, J.Co tak hanya berinovasi dari segi produk donatnya, melainkan juga melalui varian menu yang beragam yang tidak hanya berjualan donat. Selain donat menu yang juga menjadi andalan adalah kopi yang banyak sekali peminatnya. Varian kopi J.Co pun ada berbagai macam, sehingga konsumen memiliki berbagai macam alternatif untuk memilih kopi sesuai selera mereka. 
  • J.Co pun tak berhenti hanya pada menu donat dan kopi. Menu lainnya yang dimiliki J.Co adalah sandwich serta yogurt yang juga banyak peminatnya. 


Selain hal-hal di atas ada satu hal lagi yang membuat J.Co cukup istimewa terutama untuk gerai J.Co yang berada di luar negeri. Dilansir dari situs resminya, J.Co memiliki strategi yang luar biasa yang sepertinya strategi ini lah yang membuat J.Co di terima di berbagai negara. Yaitu selalu berusaha menyesuaikan produknya dengan cita rasa masyarakat setempat dimana J.Co membuka gerai baru di negara tersebut.

Baca juga: Bidik Pasar Internasional SiapkanDulu 5 Hal Penting Ini

Hal ini membuat J.Co jadi berbeda dan menjadi unggul. Bagi J.Co setiap negara membuat mereka berkembang dan menemukan berbagai varian rasa baru yang terus dieksplorasi. 

Dengan semua hal yang dimiliki J.Co di atas, tidak heran J.Co dapat bersaing dengan kompetitornya. Hal-hal tersebut membuat konsumen J.Co menjadi setia, bahkan dengan konsep gerai modernnya ini J.Co bisa menggaet segmen baru yang bukan peminat donat karena banyaknya varian menu selain donat yang bisa dipilih konsumen. 

Baca juga: 7 Langkah Buat Konsep Usaha

Di sini kita belajar dari J.Co, dengan memperhatikan kebutuhan target market dengan baik dan terus melakukan inovasi di semua sisi seperti konsep tempat dan varian menu, membuat J.Co menjadi merek lokal yang dapat bersaing dengan produk asing di Indonesia, J.Co juga bisa memasarkan produknya ke luar negeri dan membawa nama produk lokal jadi mendunia.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang wirausaha dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS