Dirilis

15 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Indonesia menjadi salah satu negara agraris dengan hasil tani melimpah. Itulah sebabnya usaha yang berhubungan dengan pertanian menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi kebutuhan pangan pasti tidak akan pernah ada masa habisnya. Tidak hanya menjual atau membudidayakan tanaman pangan, namun usaha di bidang pertanian juga bisa difokuskan untuk menjual berbagai peralatan penunjang pertanian. Seperti bibit, pupuk, dan sebagainya. 

Jenis Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian 

Anda bisa mencoba menjalankan usaha tani dengan keuntungan yang banyak tapi dengan modal yang kecil, seperti pilihan bidang usaha tani berikut ini:

1. Menjual Pupuk Tanaman

Menjual pupuk tanaman kini menjadi jenis usaha dalam bidang pertanian yang menjanjikan. Apalagi jika tempat Anda berjualan ada di area persawahan maka Anda bisa mencoba membuat sendiri pupuk tanaman kemudian menjualnya. Anda bisa mencoba membuat pupuk kompos yang aman dan tidak berbahaya untuk tanaman.

2. Menjual Hasil Rempah-rempah

usaha pertanian menjual hasil rempah
Indonesia kaya sekali akan hasil rempah-rempah dengan kualitas terbaik. Maka rempah-rempah ini bisa menjadi bidang usaha tani yang memberi keuntungan besar. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang membutuhkan rempah-rempah ini. Tak perlu siapkan lahan yang besar. Karena Anda juga bisa menggunakan teknik penanaman hidroponik jika lahan belum mencukupi.

3. Hasil Tanaman Hidroponik

Jenis usaha penanaman yang sedang trend saat ini adalah hidroponik dengan hasil yang berkualitas. Usaha hidroponik ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan akan menguntungkan usaha tani yang Anda jalankan. Karena tanaman hidroponik bebas dari hama dan pestisida sehingga nilai jualnya tinggi di pasaran. 

Untuk jenis tanaman hidroponik, Anda bisa memulainya dari jenis sayur mayur. Contohnya seperti sawi hijau, sawi pakcoy, kubis, kol, brokoli, cabai, dan sebagainya. Dengan kualitas yang baik dan bebas hama maupun pestisida, hasil tanaman dari sistem hidroponik pasti memiliki peminat yang tinggi, karena memang lebih sehat, bersih, dan higienis. 

4. Membuka Usaha Alat Pertanian

usaha peranian menjual alat pertanian
Jika Anda tidak terlalu paham dengan cara menanam suatu jenis tani tapi ingin menjalankan usaha di bidang pertanian, maka Anda bisa membuka usaha alat taninya saja. Menjual atau menyewakan alat-alat tani juga bisa menjadi salah satu usaha yang menguntungkan. Banyak petani yang belum memiliki alat tainya sendiri sehingga membutuhkan peralatan di tempat Anda.

5. Budidaya Edamame

Tanaman edamame menjadi salah satu jenis tanaman yang laku di pasaran dan diminati oleh banyak orang. Karena rasanya memang enak dan kandungan gizi serta proteinnya pun tinggi. Keuntungan dari budidaya edamame ini jumlahnya cukup banyak khususnya saat musik hujan tiba. Anda bisa memulai usaha ini dengan lahan yang kecil dahulu, jika sudah berhasil bisa ditambahkan dengan lahan yang besar.

Itulah beberapa jenis usaha yang berhubungan dengan pertanian. Mulai dari menjual pupuk, menjual rempah-rempah, menjual tanaman hasil sistem hidroponik, membuka usaha alat pertanian, dan juga budidaya edamame. Apabila Anda tertarik untuk menjalankan usaha ini, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan praktisi dan ahli agribisnis dari Daya.id. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan masukan dan perencanaan yang lebih tepat sebelum memulai usaha di bidang pertanian ini. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS