Dirilis

24 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Memiliki, merawat bahkan mengoleksi tanaman hias menjadi satu jenis hobi yang disukai. Oleh karenanya usaha tanaman hias menjadi peluang usaha yang bisa dikatakan menggiurkan. Harga tanaman tersebut beragam, bahkan banyak ditemui pula tumbuhan dengan harga tinggi.

Namun, untuk menjalankan usaha ini, diperlukan pengetahuan agar pada saat pengelolaannya nanti, usaha ini bisa optimal dan mencapai target yang telah ditetapkan. Di kesempatan kali ini, akan dibahas berbagai tips yang diharapkan mampu membantu juga mendukung keberhasilan usaha tanaman hias yang Anda rintis.

Tips Menjalankan Usaha Tanaman Hias 

Berikut  merupakan trik sukses memulai usaha tanaman hias, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Tentukan Jenisnya

Tanaman hias memiliki ragam jenis dan bentuk. Sebelum kita memutuskan untuk terjun di dunia usaha ini, lebih baik kenali dan fokuskan pada jenis apa atau yang mana saja yang akan diperjualkan. Setidaknya, kita bisa memilih tanaman hias berjenis bunga atau tanaman hias dengan jenis daun yang kemudian usahanya akan coba kita kembangkan. Jika jenisnya telah dipilih, maka target marketnya pun bisa segera ditentukan.

2. Mengenal Tanaman Hias

pahami dan kenali jenis tanaman hias
Setelah kita mengetahui produk atau tanaman mana yang akan menjadi fokus usaha, langkah berikutnya adalah mengenal jenis tersebut lebih jauh. Bagaimana cara mengurusnya dan apa sajakah kebutuhannya? Hal tersebut tentu akan membantu kita sebagai cara mengelola tanaman hias agar memiliki kualitas terbaik. Semakin banyak kita tahu, semakin maksimal proses usahanya nanti. Pengetahuan ini juga bisa menjadi daya tarik lebih di mata pelanggan.

3. Menentukan Lokasi Usaha

Setelah kedua hal sebelumnya dikuasai, tips usaha tanaman hias berikutnya adalah menentukan lokasi usaha. Kita bisa memilih tempat yang cukup strategis juga bisa menampung tanaman-tanaman yang hendak dijual. Bahkan, kita bisa sekaligus membudidayakannya. Jika kita menjalankan usaha tanaman hias beserta budidayanya, maka lokasi akan menjadi hal penentu pula, karena berkaitan dengan persiapan menanam, proses menanam juga perawatannya nanti.

4. Menyiapkan Media Tanam

Sejalan dengan apa yang telah disebutkan sebelumnya, setelah menentukan tempat usaha, kita perlu juga untuk menyiapkan media yang tentu akan menjadi tempat bagi tanaman hias. Media ini akan sangat berpengaruh. Semakin kualitasnya baik, maka tanaman akan memiliki kualitas yang baik pula. Selain memilih jenisnya, perhitungkan pula berapa banyak atau berapa luas media tanam yang dibutuhkan.

5. Menjaga Kualitas

jaga kualitas tanaman hias yang dijual
Tak hanya menjualnya saja, sebagai pengusaha tanaman hias kita pun harus bisa melakukan perawatannya dengan baik. Mengetahui dan mencari bibit tanaman unggul, bahkan bisa melengkapi penjualan dengan menyediakan stok pendukung usaha tanaman hias seperti pot, tanah, juga pupuk.

6. Strategi Promosi

Promosi menjadi agenda wajib bagi setiap usaha, termasuk tanaman hias ini. gunakan gadget canggih Anda untuk mengambil gambar atau video mengenai tanaman hias yang dijual. Unggah ke media sosial, gunakan bahasa dan hashtag menarik atau kita bisa menawarkannya pada komunitas pecinta bunga maupun tanaman hias karena disana targetnya lebih segmented dan berpeluang meraup keuntungan besar. Untuk promosi offline pun bisa kita maksimalkan. Misal dengan memasang sign, menetapkan harga khusus di periode tertentu, dan lain sebagainya.

Usaha tanaman hias memang sangat menggiurkan untuk dicoba, apalagi dengan tren tanaman yang kian naik setiap harinya. Untuk memulai usaha ini, mulailah dengan menentukan jenis tanaman hiasnya, kemudian tentukan lokasi usaha, menyiapkan media tanam, menjaga kualitas dan melakukan promosi. Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan pakar agribisnis sebelum menjalankan usaha ini agar lebih matang dan terencana. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

08 Maret 2021

Bagus niy artikelnya….thanks daya.id

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS