Dirilis

20 Maret 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Bisnis Anda mulai settle? Mungkin sudah waktunya ekspansi…

Ekspansi bisnis tentu perlu modal yang tidak sedikit ya. Jika butuh tambahan modal, Anda bisa lho bekerjasama dengan pihak lain alias investor. Untuk meyakinkan calon investor, diperlukan dokumen rencana bisnis berisi penjelasan mengenai apa yang akan dibuat yang dituangkan dalam proposal kerjasama. 

Selain untuk menarik investor, proposal juga dapat menggaet mitra bisnis untuk bekerja sama untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan saling menguntungkan.

 

Unsur Proposal Kerjasama

Sebelum melangkah ke contoh proposal, ketahui dulu unsur proposal berikut ini yuk!

 

1.    Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang bisnis Anda, latar belakang kerjasama yang diharapkan dan tujuan dari kerjasama tersebut.

 

2.    Tujuan

Meski secara umum tujuan kerjasama bisnis sudah Anda cantumkan di bagian pendahuluan, Anda perlu mempertegas dan menuliskan dengan lebih detil tujuan kerjasama bisnis tersebut di bagian ini.

 

3.    Profil perusahaan

Umumnya, profil perusahaan berisi resume dari bisnis yang Anda jalani. Tidak perlu terlalu detil, pilih milestone yang paling relevan yang merangkum keseluruhan profil bisnis Anda.

Seperti halnya pepatah “tak kenal maka tak sayang”, investor tidak akan tertarik bekerjasama jika tidak mengenal bisnis Anda kan.

 

4.    Prospek keuntungan bisnis

Ini merupakan bagian inti dari proposal kerjasama. Tentunya Anda dan investor mengharapkan keuntungan dari kerjasama yang dilakukan, makanya perlu dicantumkan secara umum proyeksi keuntungan atau keuntungan dari bisnis yang sudah berjalan dan bagaimana pembagiannya.

Jangan lupa siapkan detil prospek keuntungan untuk pembahasan saat diskusi lanjutan ya!

 

5.    Strategi pemasaran

Pada bagian ini Anda bisa mencantumkan gambaran strategi pemasaran yang sedang dan akan dilakukan, misalnya target pasar, pemasaran online melalui ads di media sosial atau pendekatan dengan influencer.

 

6.    Manajemen risiko

Tidak ada kerjasama bisnis tanpa risiko. Namun, investor tentu ingin Anda sudah mengidentifikasi risiko yang mungkin terjadi dan bagaimana penanganannya agar potensi kerugian bisa diminimalisir agar tidak berdampak besar kepada mereka.

 

7.    Kebutuhan investasi

Bagian kebutuhan investasi berisi anggaran biaya yang dibutuhkan dalam kerjasama.

 

8.    Penutup

Sebagai bagian penutup, sampaikan maksud Anda untuk diskusi sebagai tindak lanjut pembahasan proposal kerjasama.
 

Contoh Proposal Kerjasama


Setelah mengetahui unsur-unsur dalam proposal, saatnya cari tahu contoh proposal kerjasama untuk praktek! Ini contekannya:

 

BAB I PENDAHULUAN

KOPI NANG merupakan bisnis bidang kuliner yang sudah berjalan selama 5 tahun dan saat ini memiliki rencana pengembangan bisnis dengan menambah beberapa cabang di beberapa tempat untuk memperluas jangkauan bisnis. Untuk mewujudkan rencana tersebut, kami membutuhkan dukungan berupa kerjasama investasi. 

Rincian perencanaan alokasi modal dan sistem pembagian keuntungan kami sertakan dalam proposal kerjasama ini.

 

BAB II TUJUAN

Dalam 5 tahun perjalanannya, KOPI NANG sudah memiliki 2 cabang yang berlokasi di sekitar kampus. Namun, seiring semakin menjamurnya tempat-tempat nongkrong kekinian yang menjadi titik lokasi potensial berkumpulnya kaum milenials sebagai target market KOPI NANG, kami berencana membuka 1 cabang baru pada lokasi-lokasi tersebut guna memperluas jangkauan bisnis dengan kebutuhan tambahan investasi sebesar Rp50.000.000.

 

BAB III PROFIL BISNIS

KOPI NANG pertama kali dibuka tahun 2017 di garasi rumah dengan tag line “KOPI NANG, Minum Kopi dengan Bismillah.” Tidak hanya kopi sebagai menu unggulan, KOPI NANG juga menyediakan aneka snack yang cocok untuk menemani momen ngopi para KopiHunter, sapaan pelanggan KOPI NANG. 

Cabang pertama kami buka pada tahun 2019, dan cabang ke dua pada tahun 2020. Keduanya berlokasi dekat kampus di wilayah Tangerang Selatan dengan total profit bersih Rp7.000.000 per bulan. 

Seiring berkembangnya pembangunan di Tangerang Selatan yang diantaranya adalah tempat-tempat nongkrong para milenials, maka kami melihat hal ini sebagai peluang besar untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Karena itu, untuk 1 cabang baru kami menargetkan di kawasan Pertokoan Pamulang. 

 

BAB IV PROSPEK KEUNTUNGAN BISNIS

•    Simulasi Penjualan
 

•    Biaya operasional

 •    Profit bersih
 
•    Prosentase bagi hasil 
KOPI NANG : Investor = 60% : 40%

 
•    Balik modal    

(*Angka yang tertera hanya ilustrasi untuk membantu pemahaman pembaca)

 

BAB V STRATEGI PEMASARAN

Karena target pasar kami adalah milenial yang digital savvy, maka untuk strategi pemasaran kami memilih jalur digital seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads. Selain itu juga memanfaatkan konten-konten menarik yang akan diposting di akun sosial media KOPI NANG (Instagram, TikTok, Twitter) dan tentunya melebarkan channel melalui layanan aplikasi Gofood, Grabfood dan Shopeefood.

Program promosi “Ulang Bulan” kami lakukan sekali setiap bulan yaitu di tanggal dan bulan kembar misalnya, 1 Januari, 2 Februari, 3 Maret (11, 22, 33). Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan mengingat dan mendapatkan program promosi.

Kami masih terus berinovasi dalam menciptakan strategi pasar yang lebih efektif dan efisien.

 

BAB VI MANAJEMEN RISIKO

Tidak ada bisnis yang bebas risiko, termasuk juga bisnis KOPI NANG. Omzet dan profit yang tinggi kadangkala juga turun baik karena banyak faktor baik internal ataupun eksternal. Untuk itu, kami melakukan beberapa upaya untuk meminimalisir risiko kerugian, seperti:

  1. Menyisihkan sebesar 10% keutungan sebagai cadangan bilamana terjadi kerugian
  2. Melakukan audit rutin untuk memastikan SOP dijalankan dengan baik di setiap cabang dan tidak ada mengidentifikasi lebih awal jika ada potensi kerugian

 

BAB VII KEBUTUHAN INVESTASI


(*Angka yang tertera hanya ilustrasi untuk membantu pemahaman pembaca)

 

BAB VIII PENUTUP

Demikian proposal kerjasama ini kami buat dengan sebenarnya. Kami berharap diberi kesempatan untuk berdiskusi secara langsung baik secara online maupun offline sehingga bisa bekerja sama dengan (sebutkan nama Bapak/Ibu calon investor). 

Nah, itulah contoh proposal kerjasama. Jika proposal kerjasama Anda disetujui, langkah selanjutnya adalah diskusi untuk pembahasan lebih lanjut. Pastikan materi Anda sudah siap dan tentunya kesiapan diri Anda juga untuk presentasi di depan calon investor. Selamat mencoba!

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Dan silakan daftarkan diri Anda untuk mendapat tips dan info bisnis lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS