Dirilis

04 Desember 2017

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Setiap hari Anda bekerja dari pukul 8-5 sore, selama 5 hari dalam seminggu. Bosan dan jenuh kadang menghampiri hingga terpikir ingin mencoba sesuatu yang baru, yaitu menjadi pengusaha. Namun, terkadang terpikir, apa bisa saya menjadi pengusaha sekaligus menjadi karyawan? Mari kita lakukan dengan cara di bawah ini.

Dalam memulai untuk membuka usaha, pastinya banyak hal yang dipikirkan. Tidak mungkin Anda meninggalkan pekerjaan Anda demi usaha yang belum ada kepastian akan seperti apa kedepannya. Dalam hal lain, Anda perlu memiliki kepastian finansial, oleh sebab itu, jangan sampai Anda terburu-buru untuk meninggalkan pekerjaan Anda. Untuk menemukan jalan keluar, Anda dapat memulai usaha tanpa harus mengundurkan diri dari perusahaan.

Untuk memulai usaha dengan posisi Anda masih bekerja full time memang tidaklah mudah. Anda harus memiliki komitmen dan keinginan yang kuat. Ada banyak hal yang harus Anda pikirkan sebelum memulai untuk membuka usaha namun tetap menjadi karyawan. Yang pertama, Anda harus dapat membagi waktu antara pekerjaan, usaha dan juga untuk keluarga. Anda harus mempunyai waktu khusus untuk membangun usaha Anda. Sebagai contoh, Anda bekerja dari jam 8-5 sore, kemudian jam 6-8 adalah waktu Anda bersama keluarga, sisa waktu dari jam 8-11 Anda gunakan untuk membangun usaha Anda. Usahakan untuk tidak membawa urusan kantor ke rumah, kerjakan dan selesaikan urusan kantor dengan baik pada saat Anda bekerja. Dan yang paling terpenting adalah Anda tetap harus bekerja full time dan bertanggung jawab atas pekerjaan Anda. Jangan sampai pekerjaan Anda menjadi terbengkalai karena Anda harus fokus pada banyak hal. Jika Anda sudah dpat berkomitmen seperti hal-hal diatas, saatnya memulai hidup sebagai pengusaha sambil tetap bekerja.

  1. Mulailah dari hal yang kecil

Anda tidak perlu terburu-buru dalam memulai suatu hal. Mulailah perlahan dari hal-hal yang kecil. Misalnya pada minggu pertama, Anda mulai membuat jadwal apa saja yang harus Anda lakukan, Anda memulai untuk membiasakan diri tidak membawa pulang pekerjaan kantor. Pada minggu kedua, Anda sudah lebih maju lagi dari minggu pertama, Anda sudah merasa terbiasa, dan saat dirumah, Anda telah mempunyai lebih banyak waktu untuk memulai konsep usaha yang akan Anda buat.

  1. Keluarga adalah hal yang utama

Selepas pulang kantor, jangan lupa untuk meluangkan waktu bersama dengan keluarga Anda. Sembari istirahat dan bersantai, Anda dapat saling bercerita dan bertukar pikir. Siapa tau dari hasil perbincangan tersebut, Anda menemukan ide baru untuk usaha yang sedang Anda buat. Dengan memiliki waktu luang dengan keluarga, hal tersebut juga akan meningkatkan semangat dalam diri Anda.

  1. Fokus pada hal yang Anda kerjakan

Ketika tiba waktunya untuk Anda dalam menyusun usaha milik Anda, Anda harus fokus terhadap hal tersebut. Misalnya Anda hanya mempunyai waktu dari jam 8-11 untuk menyusun usaha baru Anda, gunakan waktu yang singkat tersebut dengan sebaik-baiknya. Jauhkan hal-hal yang dapat menganggu Anda, termasuk hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Anda hanya harus fokus terhadap apa yang Anda lakukan pada saat itu.

  1. Tetap berpikir realistis

Berpikir realistis maksudnya adalah, Anda tidak membuat tujuan yang terlalu jauh dan mungkin tidak dapat Anda capai. Anda tentunya boleh bermimpi tinggi, namun Anda harus menetapkan tujuan yang masuk akal. Anda dapat membuat tujuan atau goal harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan Anda. Buatlah tujuan yang masuk akal, yang dapat memacu semangat Anda setiap harinya.

  1. Tinggalkan pekerjaan Anda

Ketika pada akhirnya Anda sudah dapat menjalankan usaha Anda dengan baik, yang tentunya usaha Anda dapat menjamin finansial Anda, saatnya Anda meninggalkan pekerjaan Anda. Mulailah membangun usaha milik Anda sendiri. Kini saatnya Anda mencari karyawan, melakukan kerjasama serta promosi agar usaha Anda dapat terus berkembang dengan pesat.

Tidak ada yang mustahil di dunia ini jika Anda mau berusaha. Membaca artikel diatas mungkin beberapa membuat Anda sungkan untuk memulainya, karena memang banyak hal yang dikorbankan saat Anda menjadi pengusaha sekaligus karyawan. Namun jika Anda tekun dan bekerja keras, usaha impian Anda pastinya akan terwujud dan Anda tidak perlu lagi bekerja menjadi karyawan. Ayo, mulai sekarang jadilah optimis dan selamat mencoba!

Sumber:

Modul BTPN Pengembangan Diri - Memulai Usaha Glitzmedia: http://www.glitzmedia.co/

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

15 December 2023

Keren informasi nya ??

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS