Dirilis

13 Juni 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Anda ingin membuka bisnis, tetapi khawatir produk atau jasa Anda tidak ada peminatnya? Takut apabila lokasi yang dipilih salah dan menyebabkan bisnis Anda sepi?

Anda binging mau mulai bisnis dari mana, apa yang harus disiapkan? Ke mana Anda harus mencari pemasok bahkan Anda juga masih bingung barang atau jas apa yang ingin Anda jual?

Di antara kebingungan dan pertanyaan Anda tersebut, mungkin bisnis franchise bisa menjadi alternatif untuk Anda. 

Apa sih bisnis franchise itu, apa kelebihan dan kekurangannya? Yuk lihat penjelasan di bawah ini.

 

Apa itu Bisnis Franchise?

Bisnis franchise atau yang disebut juga waralaba adalah sistem bisnis kerjasama antara peminat peluang usaha (franchisee atau pewaralaba) dengan pemilik merek dagang franchise atau yang disebut franchisor, dengan membayar biaya awal dan royalti yang berkelanjutan.

Baca juga: Cara Cari Tahu Asal Usul Franchise

Dengan membayar biaya awal dan royalty tersebut maka pewaralaba bisa: 
 

  1. Menggunaan merek dagang milik franchisor
  2. Mendapatkan dukungan berkelanjutan dari franchisor seperti stok barang berkelanjutan 
  3. Mendapatkan hak untuk menggunakan sistem yang ada dalam menjalankan bisnis dan menjual produk atau layanannya.


 

Cocokkah Bisnis Franchise Untuk  Pemula?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apabila Anda menggunakan franchise, maka Anda akan mendapatkan sistem operasi menjalankan usaha dan pelatihan yang sudah terbukti berhasil, karena pemilik franchise sebelumnya telah menyempurnakan operasi harian melalui trial dan error. Dengan begitu, bagi Anda pengusaha pemula, bisa mengurangi bahkan menghindari kesalahan yang biasanya dilakukan oleh mereka yang baru memulai usaha.

Merek franchise yang memiliki reputasi baik, pasti telah melakukan riset pasar sebelum menjual outlet baru, sehingga dipastikan untuk outlet baru tersebut akan ada permintaan produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi produk atau jasa Anda tidak laku bagi pemula.

Kemungkinan gagal sangat besar dilakukan pengusaha pemula dalam melakukan riset pasar. Dalam franchise, riset pasar dibantu pihak franchisor. Franchisor biasanya juga akan membantu dalam menghadapi pesaing, mereka membantu Anda memberikan gambaran tentang kompetisi dan cara membuat pembeda antara Anda dan pesaing.

Franchise juga memberi keuntungan bagi Anda pengusaha pemula, dengan sudah tersedianya persediaan bahan baku. Anda tidak perlu lagi susah susah mencari dan melakukan negoisasi harga dalam membeli bahan baku. Lain hal apabila Anda membuka usaha sendiri, Anda harus susah payah mencari pemasok dan melakukan negosiasi harga sendiri. 

 

Kelebihan Bisnis Franchise

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis franchise, ada beberapa keuntungannya dibandingkan Anda membangun bisnis dari awal sendirian. Adapun beberapa kelebihannya adalah: 
 

  1. Risiko kegagalan bisnis berkurang karena model bisnisnya telah terbukti berhasil berjalan di pasar dan memberikan keuntungan.
  2. Merek dagang yang sudah dikenal sebelumnya, menghemat biaya usaha Anda untuk memperkenalkan merek usaha baru yang Anda jalankan, karena merek ini sudah ada di pasaran sebelumnya.
  3. Franchisor biasanya memberikan pelatihan yang berkelanjutan untuk meningkatkan keahlian Anda dalam menjalankan usaha. Keahlian ini merukan keilmuan yang diperoleh dari operasi harian melalui trial and error.
  4. Melalui bisnis franchise, apabila Anda ingin melakukan ekspansi akan lebih mudah


Keuntungan franchise lebih jauh:
 

  • Risiko bisnis yang berkurang
  • Turnkey operation
  • Terstandarisasinya produk dan sistem usaha
  • Terstandarisasinya sistem keuangan usaha
  • Tersedianya pengawasan dan konsultasi dari franchisor
  • Kemasan seragam
  • Bantuan riset pasar dan lokasi
  • SOP sudah disediakan
  • Adanya bantuan penjualan dan pemasaran melalui iklan dan lain lain


 

Kekurangan Bisnis Franchise

Walau bagaimanapun, di antara kelebihan yang sangat menjanjikan dari bisnis franchise, tetap saja memiliki kekurangan. Misalnya bagi Anda yang bersifat dominan ingin bisnis Anda dijalankan dengan aturan dan cara Anda, maka franchise tidaklah cocok untuk Anda

Baca juga: Modal Pas-Pasan Jangan Beli Franchise

Kekurangan franchise lebih jauh:
 

  1. Kurangnya kendali
  2. Kontrak yang mengikat
  3. Masalah franchisor berarti juga masalah Anda

Anda telah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bisnis franchise. Walaupun franchise merupakan bisnis yang telah terbukti berjalan dan memberikan untung, tetapi sebaiknya Anda jangan terburu-buru dalam membukanya. Hal ini tidak akan semudah itu, menjalankan bisnis apapun baik itu franchise atau bukan, tetap tidak ada yang pasti. Anda masih mungkin mengalami kerugian atau target pendapatan yang tidak sesuai dengan perancanaan awal. Bisnis apapun yang harus dilakukan adalah konsisten dan berkomitmen dalam menjalankan bisnis. Pastikan proses bisnis Anda berjalan sesuai dengan yang diharapkan, selalu pantau penjualan dan jalannya bisnis Anda, karena berhasil atau tidak bisnis Anda semua tetap tergantung dari Anda.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Anda ingin mengunakan rekening Jenius untuk kemudahan dalam pengaturan keuangan tetapi belum memiliki rekening Jenius, maka Anda dapat mengunjungi website Jenius atau cari lokasi Jenius terdekat dari tempat Anda.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Sri Mulharyanto

02 Pebruari 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rofian Akbar

Pakar Waralaba

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS