Dirilis

31 Maret 2022

Penulis

Indra Budi Kurniawan

Bagi Anda pelaku bisnis ataupun pemerhati dunia usaha, tentunya sering mendengar mengenai CSR. Singkatan dari Corporate Social Responsibility itu adalah bentuk komitmen atau pertanggungjawaban perusahaan, untuk pembangunan yang berkelanjutan, khususnya bagi masyarakat serta lingkungan sekitarnya.

Bahkan kini CSR dianggap sebagai program yang perlu dilakukan oleh setiap perusahaan yang ingin menjalankan bisnisnya secara berkelanjutan. Simak penjelasan mengenai CSR selengkapnya berikut ini

 

Arti CSR Adalah

Sebagaimana telah Anda ketahui, CSR merupakan tanggung jawab sosial sebuah perusahaan kepada stake holder atau pemangku kepentingan perusahaan tersebut, mulai dari pemegang saham perusahaan, karyawan, pengguna produk/konsumen, pemerintah, dan juga masyarakat luas yang terkait dengan perusahaan tersebut.

Sebagai landasan hukum, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 47 tahun 2012, yang mengacu kepada Undang-Undang no. 40 tahun 2007. Pada PP 47 tersebut dijelaskan pada pasal 2 bahwa setiap perseroan selaku subjek hukum mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan. 

Namun apabila Anda pelajari lebih lanjut, di pasal 3 PP no. 47 menjelaskan bahwa: Tanggung jawab sosial dan lingkungan menjadi kewajiban bagi perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam.

Jadi walaupun UU no. 40 tahun 2007 menjelaskan bahwa CSR adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, namun berdasarkan PP no. 47, untuk saat ini hanya perseroan yang menjalankan kegiatan usaha di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam yang dibebankan kewajiban untuk melaksanakan program CSR.

 

Tujuan dan Manfaat CSR

Program CSR memiliki tujuan yang jelas, yaitu agar perseroan bisa menunaikan tanggung jawabnya dengan menjalankan program yang dapat mengurangi risiko akibat kegiatan usaha perseroan tersebut, dan bahkan mendukung peningkatan kesejahteraan dengan memberikan dampak positif bagi sekitarnya.

Dengan melakuan kegiatan CSR, maka perseroan akan mendapatkan banyak manfaat yang dapat mendukung pertumbuhan bisnisnya secara berkelanjutan. Hal ini karena pihak-pihak yang memiliki keterlibatan dengan perseroan tersebut akan merasakan dampak positif yang diberikan oleh perseroan melalui program CSR ataupun aksi sosial yang dijalankannya.

Setelah memahami tujuan dan manfaat program CSR diatas, kini Anda tentunya paham apabila program CSR dijalankan dengan baik dan dapat diterima serta dirasakan manfaatnya dengan baik oleh masyarakat sekitar, maka peseroan juga akan dapat meningkatkan brand image dan juga brand awareness dari perseroan tersebut.

Baca juga: Cara Meningkatkan Brand Awareness untuk Usaha Makin Sukses

 

Contoh Program CSR

Setelah Anda memahami lebih jauh tentang program CSR, tentunya kini Anda ingin mengetahui apa sajakah program CSR yang bisa dijalankan oleh perseroan? Berikut ini adalah beberapa jenis dan contoh program CSR yang telah umum dilakukan oleh perseroan, sebagaimana dijelaskan pada buku Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause yang ditulis oleh Kotler P dan Lee N. pada tahun 2005.

 

1.    Cause promotion

Adalah program CSR yang dijalankan perseroan melalui pembuatan dan penyebaran informasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas permasalahan sosial dan lingkungan. 

Informasi yang disampaikan menggunakan cara yang persuasif dengan menampilkan data dan fakta yang sebenarnya. Sehingga apabila Anda sebagai penerima informasi tersebut akan memahami masalah yang terjadi dan kemudian berupaya melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik.

 

2.    Cause-related marketing

Adalah program CSR yang dijalankan perseroan dengan pemberian sebagian pendapatan atau keuntungan untuk didonasikan kepada masyarakat dengan tujuan menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan yang terjadi. 

Perseroan biasanya melakukan promosi produk atau layanannya dan bersamaan dengan memberikan dukungannya melalui kerjasama dengan pihak-pihak lain yang memiliki tujuan yang sama dalam menciptakan perubahan positif pada sosial dan lingkungan sekitar. Dengan begitu Anda sebagai calon konsumennya menjadi lebih tertarik untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan.

 

3.    Corporate social marketing

Adalah program CSR yang dijalankan perseroan melalui kampanye untuk perubahan perilaku masyarakat agar lebih positif dalam bidang kesehatan, dan keamanan untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Dengan kampanye tersebut diharapkan masyarakat sekitar dapat meningkatkan kesejahteraannya karena lebih baik dalam hal kesehatan, dan keamanan.

 

4.    Corporate philanthropy

Adalah program CSR yang dijalankan perseroan melalui pemberian kontribusi langsung yang biasanya ditujukan kepada masyarakat yang menjadi korban karena mengalami kejadian bencana alam. 

Kegiatan ini tentunya sering Anda lihat, dimana perseroan memberikan donasi biasanya berupa bantuan tunai, kegiatan sosial, serta kampanye untuk mengurangi penderitaan yang dirasakan oleh masyarakat korban bencana alam.

 

5.    Community volunteering

Adalah program CSR yang dijalankan perseroan dengan mendorong atau memfasilitasi terlaksananya kegiatan kerelawanan sosial sebagai bentuk kepedulian atas masalah sosial serta lingkungan yang terjadi.

Kegiatan yang dijalankan bisa bermacam-macam, misalnya adalah kegiatan ajar-mengajar, pendampingan, dan juga pembersihan wilayah.

 

6.    Socially responsible business practice

Adalah program CSR yang dijalankan perseroan melalui penggunaan bahan yang ramah lingkungan dalam proses produksi atau pelayanan konsumen, serta mendukung kondisi lingkungan bisnis yang baik.

Tujuan dari program ini adalah meningkatkan kesejahteraan sosial pagi para pemangku kepentingan serta menjaga kelangsungan lingkungan hidup untuk menjamin kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. 

Baca juga: Program Pemberdayaan Bank BTPN

 

Program CSR dari Bank BTPN

Salah satu perseroan yang memiliki dan menjalankan program CSR dengan rutin adalah Bank BTPN. Apakah Anda pernah mendengarnya?

Bank BTPN telah beroperasional semenjak 1958, dan memiliki filosifi bisnis do good, do well yang dapat diartikan sebagai “peluang sekaligus panggilan”. Filosofi bisnis tersebut kemudian diterjemahkan sebagai program Daya (diambil dari kata pemberdayaan), yang merupakan UVP (unique value proposition) atau program pembeda yang diunggulkan dari bank lain.

Program Daya yang dijalankan oleh bank BTPN dan bisa diikuti secara rutin oleh nasabah serta masyarakat umum, terdiri atas 4 pilar utama yakni:

  • Literasi keuangan, fokus pada informasi dan edukasi pengelolaan keuangan.
  • Pengembangan kapasitas diri, fokus pada informasi dan edukasi pengetahuan serta kemampuan/minat yang dimiliki sesuai kebutuhan perkembangan zaman. 
  • Peningkatan kapasitas usaha, fokus pada informasi dan edukasi pengelolaan serta pengembangan usaha.  
  • Kehidupan yang berkelanjutan, fokus pada informasi dan edukasi gaya hidup sehat serta .
  • Berikut ini adalah beberapa penghargaan yang telah didapatkan program Daya dari kompetisi tingkat nasional dan regional Asia, diantaranya adalah:


Anda serta masyarakat umum lainnya dapat dengan mudah mengikuti program Daya tersebut, karena dapat diakses melalui berbagai media baik offline misalnya kantor cabang ataupun kantor mitra, dan juga online melalui website daya.id ini dan juga media sosial resmi yang dimiliki oleh bank BTPN di FB, twitter dan juga IG. 

Demikian penjelasan mengenai program CSR yang kini semakin banyak dilakukan oleh perseroan, sejalan dengan kegiatan bisnisnya, dalam upayanya menjaga keberlangsungan usahanya.

Semoga beberapa informasi di atas dapat membantu Anda dalam memahami program CSR yang umumnya dilakukan perseroan dengan tujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan juga lingkungan sekitarnya, sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial atas aktivitas bisnis yang dijalankan oleh perseroan tersebut.

Apabila ada hal lain yang Anda ingin ketahui mengenai kegiatan CSR, Anda bisa memanfaatkan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan Business Coach dan mendapatkan solusi dari Ahli berpengalaman di bidang pengembangan bisnis. 

Jika Anda memiliki pandangan atau pengalaman lain, sampaikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini, atau sampaikan melalui Facebook. Jangan ragu juga untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda ya!

Daya.id adalah platform gratis untuk pengembangan usaha, pengelolaan keuangan, dan juga gaya hidup sehat yang tepercaya. Anda bisa mendapat informasi yang lengkap dan sesuai kebutuhan Anda. Yuk, buat akun sekarang. Gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.6

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS