Dirilis

04 Pebruari 2022

Penulis

Indra Budi Kurniawan

Apakah Anda punya keluarga atau teman yang sangat menggemari sebuah merek produk? Dan selalu merekomendasikan merek produk tersebut ke orang-orang di sekitarnya, bahkan marah apabila merek produk tersebut dijelek-jelekan oleh orang lain?

Itulah tujuan utama dari brand awareness, yang membuatnya menjadi penting bagi setiap pemilik bisnis, dan membuat brand atau merek-merek besar seperti Apple, Samsung, Honda, Toyota, Tesla, berlomba-lomba untuk dapat memenangkan persaingan brand awareness di pasar. Karena dengan memiliki brand awareness yang baik, sebuah merek akan dapat memenangkan kompetisi dari kompetitornya. 

Anda mau tahu bagaimana cara memiliki brand awareness yang baik untuk bisnis Anda? Simak tips berikut ini.

 

Apa itu Brand Awareness, dan Kenapa Penting untuk Bisnis?

Dari gambaran singkat di atas, dapat kita simpulkan bahwa brand awareness adalah tingkat kesadaran orang terhadap sebuah merek. Atau seberapa dalamnya calon konsumen target market Anda mengenali merek bisnis Anda. 

Merek dengan brand awareness yang tinggi biasanya disebut dengan 'tren', atau 'populer'. Oleh karena itu, membangun brand awareness menjadi penting ketika memasarkan dan mempromosikan merek bisnis serta produk/layanan yang Anda berikan, terutama pada tahapan awal bisnis.

Keuntungan bagi merek bisnis yang telah memiliki brand awareness yang baik adalah dapat menanamkan image merek tersebut ke dalam gaya hidup konsumennya serta kebiasaan membelinya, sehingga konsumen tidak akan lagi berpikir dua kali untuk menjadi pelanggan dan membeli produknya berulang kali.

Baca juga: Cara Meningkatkan Brand Awareness agar Bisnis Terus Berkembang

Secara umum, berikut ini adalah manfaat dari brand awareness yang baik bagi bisnis:

 

1.    Menumbuhkan kepercayaan

Brand awareness dapat membangun kepercayaan dari konsumennya, karena brand awareness dapat membuat merek bisnis Anda memiliki identitas yang unik, menggambarkan kebaikan merek, dan menceritakan kisah tentang merek bisnis Anda. Itulah ciri kita sebagai manusia, berkomunikasi dan membangun kepercayaan dengan yang lain. 

 

2.    Membuat merek menjadi kata yang umum

Ketika Anda pesan minuman air putih, seberapa sering Anda minta Aqua? Lalu ketika Anda ingin mi instan, seberapa sering Anda minta Indomie? 

Bagaimana dengan kata Pampers, Baygon, Stabilo, Toa, apakah Anda juga sering menggunakannya dalam kalimat sehari-hari?

Menyenangkan bukan bila merek bisnis Anda dikenal luas dan bahkan digunakan untuk merujuk pada produk lain yang sejenis?

Brand awareness mampu mengaitkan tindakan dan produk dengan merek tertentu, dan secara tidak sadar mendorong kita untuk mengganti kata-kata umum dengan nama merek sebuah produk.

 

3.    Meningkatkan nilai ekuitas merek

Ekuitas merek menggambarkan nilai dari merek tersebut, yang ditentukan oleh pengalaman konsumen dan dengan persepsi atas keseluruhan merek tersebut. Pengalaman dan persepsi yang positif dari konsumen tentunya akan meningkatkan nilai positif merek bisnis Anda. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari ekuitas merek yang positif:
a.    Harga produk yang lebih tinggi karena nilai yang dirasakan lebih tinggi
b.    Harga saham yang lebih tinggi
c.    Kemampuan untuk mengembangkan bisnis melalui perluasan lini produk atau layanan
d.    Dampak sosial yang lebih besar karena nilai nama merek

Begitu konsumen menyadari sebuah merek, mereka pun mulai berusaha mencari tahu, melakukan pembelian, mulai lebih menyukainya daripada merek serupa lainnya, dan membangun loyalitas yang tidak hanya mendatangkan pembelian lain, tetapi juga merekomendasikan kepada keluarga dan teman.

Itulah mengapa brand awareness sangat penting bagi bisnis Anda, karena dapat membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda, membuat merek Anda dikenal luas, dan meningkatkan nilai atau ekuitas dari merek bisnis Anda menjadi tak ternilai.

 

Cara Membangun Brand Awareness yang Baik untuk Bisnis

Untuk bisa membangun brand awareness kepada masyarakat luas, Anda perlu menjalankan beragam upaya kampanye pemasaran yang dapat membuat calon pelanggan bisnis Anda mau mengenal lebih jauh merek Anda dan bahkan membeli produk Anda.

Jadi sebelum Anda menjalankan iklan di Facebook atau Google, pastikan dulu Anda memahami beberapa cara untuk membangun brand awareness yang kuat, dan memberikan dampak yang baik, agar aktivitas dan biaya pemasaran untuk mempromosikan merek bisnis Anda tidak menjadi sia-sia.

 

a.    Jadilah seperti orang, bukan hanya sebuah perusahaan. 

Kenali calon pelanggan Anda sebagai mana Anda ingin berkenalan dengan teman yang baru. Cari tahu hobinya, keinginannya, kesukaannya. Untuk bisa menarik calon pelanggan, Anda harus membuat bisnis Anda lebih dari sekedar menjual produk. 

Oleh karena itu, pikirkan bagaimana cara Anda menjelaskan tentang bisnis Anda, kalimat apa yang akan Anda gunakan untuk memperkenalkan merek bisnis Anda secara menarik?

 

b.    Bersosialisasi.

Mendekatkan diri ke target pelanggan Anda perlu dilakukan untuk meningkatkan brand awareness merek bisnis Anda. Lakukan posting di media sosial tentang hal-hal yang tidak berkaitan langsung dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Berinteraksilah dengan target market Anda, ajukan pertanyaan, berikan komentar, atau me-retweet serta me-reshared konten yang Anda suka. 

Gunakan akun media sosial merek bisnis Anda, seolah-olah Anda ingin mencari teman, bukan hanya berbisnis dan hanya ingin mendapatkan uang.

 

c.    Bercerita.

Orang sangat menyukai mendengarkan cerita tentang satu sama lain. Tapi hanya kisah dengan orisinalitas yang akan memberikan dampak, dan membantu meningkatan brand awareness.

Bercerita adalah taktik pemasaran yang sangat kuat, baik dalam memasarkan produk atau mempromosikan merek bisnis Anda. Mengapa? Karena dengan bercerita, Anda memberikan sesuatu yang nyata bagi calon pelanggan Anda.

Oleh karena itu, buatlah narasi tentang merek bisnis Anda yang mengaitkan manfaatnya terhadap banyak orang. Lalu rajutlah narasi tersebut ke dalam kampanye pemasaran Anda yang secara sekalian mempromosikan merek bisnis Anda di samping produk ataupun layanan yang Anda tawarkan.

 

d.    Mudah untuk disebarkan.

Kesadaran merek adalah tentang dampak. Tentang berinteraksi dengan pelanggan Anda dengan cara yang tidak hanya meminta uang, partisipasi, atau loyalitas.

Apa pun produk yang Anda tawarkan, kampanye yang Anda lakukan, atau strategi pemasaran Anda, selalu buat agar target market Anda mudah untuk membagikan konten Anda. 

Bisa berupa posting blog, konten bersponsor, video, posting di media sosial, atau halaman produk di website. Tidak masalah apa saja itu, asalkan mudah untuk dibagikan. Karena pemasaran dengan cara mouth-to-mouth paling efektif untuk membangun kepercayaan dan keakraban dengan pelanggan. 

Jika Anda membuatnya mudah untuk mem-posting tentang produk atau merek bisnis Anda, konsumen akan membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda hanya dengan mengklik tombol "Bagikan".

 

Cara dan Strategy Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Setelah Anda mengetahui cara membangun brand awareness pada uraian di atas, kini Anda siap untuk menjalankan strategi dan cara-cara yang efektif untuk semakin meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
•    Menulis di blog atau website yang releven dengan merek bisnis Anda.
•    Menjalankan kampanye pemasaran berkolaborasi dengan pihak lain.
•    Beriklan di tempat target market Anda berkumpul.
•    Gunakan brand ambassador atau maskot bisnis Anda.
•    Gunakan gambar atau logo yang sesuai dengan merek bisnis Anda.
•    Buat slogan atau kalimat pemasaran yang menarik.
•    Tawarkan skema freemium, atau periode penawaran terbatas.
•    Buat konten-konten gratis, misalnya gambar, artikel, video, ataupun podcast.
•    Menjadi sponsor acara-acara yang cukup besar.
•    Jadikan merek bisnis Anda berkepribadian/berkarakter kuat.

Baca juga: Strategi Marketing Bisnis Agar Bertahan Di Masa Pandemi

 

Cara Mengukur Keberhasilan Brand Awareness 

Misalkan Anda telah menjalankan berbagai aktivitas pemasaran untuk meningkatkan brand awareness merek bisnis Anda, dan tentunya kini Anda perlu untuk mengukur keberhasilannya, sejauh mana brand awareness merek bisnis Anda dibandingkan dengan pesaing bisnis Anda. 

Hal ini penting juga untuk dilakukan, agar Anda bisa mengetahui aktivitas mana yang paling memberikan dampak baik bagi peningkatan brand awareness merek bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa metode serta indikator pengukuran brand awareness yang dapat Anda gunakan:

 

1.    Kualitatif

a.    Jumlah kunjungan langsung ke website bisnis Anda, untuk mengetahui sebanyak apa orang yang langsung mengetikkan nama website bisnis Anda di browser.
b.    Jumlah pengunjung website, untuk mengetahui sebanyak apa orang yang mencari merek bisnis/produk/layanan yang Anda tawarkan di mesin pencari.
c.    Engagement di sosial media, untuk mengetahui seberapa banyak merek bisnis Anda dibicarakan pada media sosial.

 

2.    Kuantitatif

a.    Google search console, untuk melihat performa dari website bisnis Anda.
b.    Social media monitoring, untuk mengukur jumlah pembahasan terkait merek bisnis Anda.
c.    Survey brand awareness, untuk mendapatkan umpan balik, persepsi, pendapat, saran dan masukan terkait merek bisnis Anda.

Pengukuran kuantitatif dan kualitatif ini dapat membantu Anda memahami brand awareness merek bisnis Anda, di antara target konsumen Anda dan juga masyarakat umum. Walaupun hasil pengukuran tersebut tidak sempurna, tetapi bisa membantu bisnis Anda dalam menentukan aktivitas promosi selanjutnya, serta membina hubungan baik dengan konsumen.

Brand awareness adalah konsep yang bagus (walaupun terkesan banyak teori) yang dapat menghasilkan keuntungan untuk aktivitas pemasaran bisnis, persepsi konsumen, dan pada akhirnya keuntungan bisnis Anda. 

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda membangun brand awareness bisnis Anda, dan membuat Anda menemukan konsumen setia yang memilih merek bisnis Anda di antara pesaing, membeli produk Anda berulang kali, serta merekomendasikan produk Anda kepada teman dan keluarga mereka.

Apabila masih ada hal lain yang Anda ingin ketahui mengenai topik brand awareness, Anda bisa memanfaatkan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan Business Coach di Daya.id dan mendapatkan solusi yang tepercaya dari Ahli di bidang pengembangan bisnis. 

Dan bila Anda memiliki pendapat atau pengalaman lain mengenai menyiapkan dana untuk biaya pendidikan anak, berikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini, atau sampaikan kepada kami melalui Facebook. Dan apabila Anda merasa tips ini bermanfaat untuk Anda, jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda. 

Jika Anda tertarik untuk membaca informasi terkait pengembangan diri, atau tips pengembangan bisnis lainnya, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di Daya.id. 

Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi pengembangan bisnis, pengelolaan keuangan, serta gaya hidup sehat bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Farah Hani Itsna Nabila

10 Januari 2024

muantab

Balas

. 0

putra astaman

06 November 2022

Oke

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS