28 Maret 2024
Dirilis
Penulis
Hanly Agnestia, Mahasiswa Podomoro University
Bagi Anda yang baru mulai menjalankan usaha sekaligus awam dalam pemasaran digital di media sosial, di bawah ini ada 2 rekomendasi media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau target pasar Anda.
Tapi sebelum kita membahas rekomendasi media sosial tersebut, ada baiknya kita lebih dulu membahas kenapa Anda perlu melakukan pemasaran digital melalui media sosial.
Manfaatkan Media Sosial untuk Pemasaran Digital
Seberapa sering Anda menggunakan media sosial? Apa yang Anda lakukan di media sosial? Jawaban Anda mungkin bervariasi. Tapi perkembangan teknologi telah membuat kita dan masyarakat Indonesia pada umumnya, semakin akrab dengan media sosial, termasuk dalam hal belanja. Kita bisa mencari dan mempelajari produk atau jasa tertentu dari media sosial, sebelum melakukan pembelian melalui eCommerce atau website.
Baca Juga: 7 Strategi UKM dalam Menghadapi Persaingan di Era Digital
Interaksi masyarakat dengan produk atau jasa memang kian bergeser ke arah digital. Akses internet yang semakin mudah menjadikan metode belanja online relatif lebih praktis, bahkan jika dibandingkan dengan mengunjungi toko offline dan berbelanja secara langsung. Kini kita bisa melihat-lihat produk atau jasa secara online atau melalui internet.
Dengan perubahan pola belanja masyarakat seperti itu, kemampuan Anda memanfaatkan teknologi sebagai media pemasaran menjadi penting. Jika Anda punya kemampuan yang cukup, Anda bisa memanfaatkan teknologi digital seperti media sosial untuk mengenalkan produk atau jasa Anda ke masyarakat luas, menjangkau target pasar yang Anda tuju, serta mencapai keuntungan.
Rekomendasi Media Sosial untuk Pemasaran Digital
Jika Anda ingin manfaatkan media sosial untuk mengenalkan produk atau jasa kepada target pasar, berikut ini 2 rekomendasi media sosial yang sedang tren, yang dapat Anda manfaatkan di era yang serba digital ini.
1. TikTok
TikTok merupakah salah satu aplikasi media sosial yang sedang populer di dunia. Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur menarik yang dapat digunakan untuk membuat, mengedit dan membagikan video singkat, yang dibuat dengan filter dan musik pendukung agar lebih terlihat menarik. Selain itu ada banyak fitur yang dapat mendukung pengguna TikTok untuk membangun personal branding, sesuai dengan keunikan masing-masing.
Baca Juga: Keuntungan Kolaborasi TikTok dan Tokopedia bagi Pelaku UMKM
Nah, Anda sebagai pelaku usaha juga bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk mengenalkan produk secara daring. Berikut ini beberapa fitur TikTok yang bisa Anda manfaatkan:
a. TikTok Live
Banyak pengguna TikTok yang menggunakan fitur ini untuk berbicara secara online kepada teman-teman ataupun pengguna TikTok lainnya. Sebagai pelaku usaha Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan penjualan secara online, dengan bantuan fitur keranjang kuning yang dapat diakses oleh penonton live, agar dapat melihat dan membeli produk maupun jasa melalui keranjang kuning tersebut.
b. Audio Musik
Musik menjadi bintang dalam media sosial TikTok, karena hampir semua video yang terupload dalam platform ini menggunakan musik yang sedang trend atau viral pada saat itu dengan tujuan dapat menaikan jumlah view atau engagement video. Coba tambahkan musik yang pas di video promosi produk atau jasa Anda.
c. Filter dan Efek Video
Pembuatan video menggunakan berbagai macam kreasi filter dan efek merupakan fitur andalan TikTok. Fitur satu ini sangat bermanfaat jika Anda ingin membuat video promosi produk Anda terlihat lebih menarik sesuai.
d. Auto Subtitle
Tidak hanya musik, banyak sekali pengguna TikTok yang memberikan saran maupun tutorial dan juga review produk dengan menggunakan tulisan-tulisan yang terpampang dalam video. Fitur ini dapat membantu dengan mengikuti suara yang dikeluarkan, lalu dibentuk menjadi tulisan dengan bantuan AI.
e. Keranjang Kuning
Keranjang ajaib berwarna kuning inilah yang banyak membantu para pelaku bisnis dalam melakukan pemasaran atau pengenalan produk dalam platform media sosial satu ini. Fitur ini dapat Anda cantumkan di video, sehingga konsumen yang ingin membeli dapat langsung melihat produk melalui keranjang kuning di video.
Berbagai macam fitur inilah yang mampu menjadikan TikTok sebagai media sosial yang paling berpengaruh dalam memberikan sebuah efek pemasaran yang secara garis besar memberikan dampak yang sangat berpengaruh bagi para penggunanya. Salah satunya dalam berbisnis, yang dimana tampilan sebuah produk atau tayangan jasa sebuah perusahaan ditampilkan dan dipasarkan sedemikian rupa untuk menarik pelanggan melalui aplikasi rajanya video pendek ini. Dibungkus sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian pelanggan dan mengenal produk perusahaan melalui video-video pendek berkreasi. Bahkan, jika diselami lebih dalam masih banyak sekali fitur-fitur di TikTok yang sangat membantu pemasaran dan pengenalan produk di era digitalisasi ini.
2. Instagram
Tidak kalah menarik dari TikTok, Instagram juga menjadi salah satu platform yang pas banget digunakan brand untuk mengenalkan produk yang dimiliki sembari menguatkan citra brand, lho!
Berikut beberapa fitur yang dapat mendukung para pelaku bisnis agar dapat melakukan pemasaran dengan hasil yang luar biasa:
a. Instagram Story
Fitur ini biasa muncul di lingkaran profile user Instagram yang dimana isinya berupa cuplikan singkat baik berupa gambar maupun atau video yang dapat dilihat oleh sesama pengguna Instagram dalam waktu 24 jam. Biasanya fitur ini digunakan untuk memberikan berita ter up-to-date dengan sangat cepat kepada pengguna Instagram khususnya pengikut akun user.
b. Instagram Post
Post di Instagram menjadi salah satu fitur utama di dalam media sosial satu ini, dikarenakan dapat menampilkan foto maupun video singkat hanya dengan meng-klik profile user di laman instagram kalian. Dengan begitu, foto maupun video yang sudah terupload dapat dilihat kapan saja selama masih belum di hapus oleh pengguna.
c. Instagram Reels
Hampir sama seperti TikTok, Reels digunakan untuk menampilkan video dengan audio musik yang sedang tren baik dalam memperkenalkan sebuah produk ataupun tampilan sesuai dengan pembawaan masing-masing pengguna yang maksimal berdurasi 90 detik.
d. Broadcast Channel
Baru saja di rilis di tahun 2023, fitur ini ternyata sangat amat membantu para pengguna Instagram yang penghasilannya bergantung pada sosial media satu ini, lho! Dengan adanya fitur ini, creator dapat dengan sangat mudah mengatur bagaimana iringan obrolan atau topik pembahasan di dalam chanel tersebut mengalir dengan para pengikutnya. Hal ini dapat membantu creator untuk membangun sebuah komunitas dan bahkan menciptakan brand loyalty.
e. Collaborative Post/Reels
Tidak kalah keren dengan fitur lainnya, untuk brand di Instagram yang mengandalkan kerja sama dengan KOL ataupun influencer sangat terbantu dengan fitur ini, karena post ataupun reels yang dibuat dapat tersambung langsung dengan influencer tersebut sehingga insight post/reels yang dibuat melalui kerjasama lebih terlihat.
Kira-kira itulah dua platform media sosial yang sangat berpengaruh secara signifikan belakangan ini untuk meningkatkan nilai branding dalam sebuah brand ataupun meningkatkan usaha secara daring. Anda juga dapat menemukan dengan mudah berbagai macam tutorial maupun step-step penggunaan platform media yang disebutkan di atas, lho! Jangan lupa untuk bagikan artikel ini bila bermanfaat buat Anda ya. Jika Anda butuh saran lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi di Tanya Ahli. Pastikan Anda sudah mendaftar di Daya.id untuk akses gratis ke seluruh fitur. Salam sukses!
Sumber:
Berbagai sumber
Sonia Rahelga
31 July 2024
Memang pemanfaatan media sosial sangat berpengaruh untuk mengenalkan usaha kepada target pasar.
Balas
.0
Anton Saeryana
31 July 2024
Informasi yang sangat bermanfaat
Balas
.0
Decky Mochamad Ismail
26 July 2024
Bagus artikelnya, menambah ilmu kita untuk lebih menjangkau target pasar.
Balas
.0
Febri Puspa Eka Wilujeng
22 July 2024
T.O.P Sangat bermanfaat isi artikelnya untuk perkembangan UMKM
Balas
.1
Sumeh
19 July 2024
Artikel yang sangat bagus dan bermanfaat
Balas
.1