Dirilis

25 Desember 2023

Penulis

Peni hidayah

Era digital membuka peluang yang cukup besar bagi sebuah UKM. Seiring perkembangannya banyak pelaku UKM yang memanfaatkan teknologi dan internet agar bisnis yang dimiliki semakin berkembang pesat. 

Berdasar kondisi tersebut, hal ini akan menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Era digital yang seharusnya menjadi sebuah peluang untuk berkembang, bisa menjadi ancaman bagi pelaku UKM. Oleh sebab itu penting bagi para pelaku UKM untuk memiliki strategi agar mampu menghadapi persaingan bisnis di era digital sekarang ini.

 

Strategi UKM di Era Digital

Berikut beberapa strategi yang dapat Anda terapkan agar UKM Anda dapat bersaing dan berkembang di era digital.

 

1.    Manfaatkan Teknologi di Bisnis UKM Anda

Jika ingin bersaing dengan kompetitor, maka Anda harus memanfaatkan teknologi serta digitalisasi. Apalagi jika kompetitor sudah memakai kecanggihan teknologi informasi, jika Anda juga menggunakannya maka untuk bersaing menjadi lebih mudah.
Teknologi diciptakan untuk mempermudah segala pekerjaan manusia, jadi dengan memanfaatkan teknologi kerja Anda menjadi semakin mudah. Contoh penerapan teknologi di bidang bisnis bisa dengan menggunakan internet untuk melakukan pemasaran, memakai aplikasi komputer untuk pembukuan, dan lain sebagainya.

 

2.    Gunakan Media Sosial

Media sosial menjadi platform yang umum dipergunakan, bukan hanya di Indonesia tapi juga berskala dunia. Bahkan sebagian besar masyarakat dunia sudah mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Media sosial tersebut harus dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan bisnis, terutama dalam hal pemasaran secara online. Tidak harus memiliki keahlian khusus ketika ingin memakai media sosial untuk kepentingan bisnis, dan semua orang bisa memakainya untuk memasarkan produk. Kunci utama pemasaran melalui media sosial adalah harus rajin, konsisten dan pastikan Anda juga manfaatkan fitur-fiturnya agar semakin efektif dan efisien.

 

3.    Gunakan Pemasaran Digital (Digital Marketing)

Digital marketing adalah aktivitas mempromosikan sebuah brand atau pun produk/jasa dengan menggunakan media elektronik atau digital. Tapi jika Anda tidak bisa menggunakan digital marketing, Anda juga bisa menggunakan jasa perusahaan e-commerce yang menjual jasa digital agency yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.
 
Dengan begitu, Anda akan mudah untuk melakukan kegiatan pemasaran. Adapun teknik penerapan pemasaran dalam digital marketing seperti search engine optimization (SEO), billboard eletronik, iklan televisi dan radio, email marketing dan lainnya.
 

4.    Mobile Friendly

Pengguna smartphone dan produk gadget lainnya yang semakin tinggi juga perlu Anda perhatikan. Sesuaikan strategi pemasaran Anda dengan tampilan yang mobile friendly. Sehingga akan semakin banyak orang yang melihat toko online Anda. Desain toko online Anda misalnya website untuk menjaring lebih banyak pengunjung dengan tampilan yang mobile friendly. Kemudian, Anda harus selalu update informasi di website Anda, buat menjadi menarik, dan memiliki tampilan yang fresh.

 

5.    Pakai Aplikasi / Software

Sekarang ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk bekerja dan berbisnis. Mulai dari aplikasi akuntansi, administrasi, editing, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut berhubungan dan dapat dimanfaatkan untuk proses bisnis. Jika ingin bersaing, pastikan Anda mampu menggunakan beberapa aplikasi tersebut untuk kepentingan bisnis Anda. Keuntungan memakai aplikasi antara lain menghemat waktu, biaya, dan pastinya menghemat tenaga. Agar lebih optimal, pastikan Anda menggunakan aplikasi yang berlangganan.

 

6.    Beri Pelayanan Terbaik

Memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan merupakan cara terbaik untuk bertahan di dunia bisnis. Walaupun sudah masuk ke era digital yang serba online, Anda tetap wajib memberikan layanan dan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Contohnya jika pengiriman produk dilakukan secara online, maka Anda harus mengemasnya dengan baik agar barang yang dipesan aman sampai tujuan. Selain itu, pastikan Anda selalu fast respond dalam membalas chat maupun komplain dari pelanggan. Jika pelanggan memiliki pengalaman belanja yang menyenangkan, maka mereka akan merekomendasikan kepada orang lain untuk berbelanja di tempat Anda. Tentu hal ini baik untuk perkembangan bisnis di masa mendatang bukan?

 

7.    Lakukan Inovasi


Selalu ada perkembangan yang terjadi dalam dunia bisnis. Setiap hari pasti selalu ada trend terbaru yang perlu Anda ikuti. Oleh karena itu, inovasi sangat Anda butuhkan agar dapat bersaing dengan kompetitor.  Pastikan Anda membuat produk atau jasa berbeda juga istimewa dari yang lain.

Itulah beberapa strategi yang perlu dijalankan agar bisnis UKM Anda bisa bersaing dan berkembang di era digital. Mengembangkan bisnis harus diimbangi dengan strategi yang tepat sesuai niche bisnis yang Anda jalankan, terutama di era digital yang persaingannya terbilang cukup ketat.

Menghadapi kendala dalam menjalankan pemasaran digital? Segera konsultasikan dengan ahlinya secara gratis di website www.daya.id dan manfaatkan fitur lainnya terkait informasi keuangan dengan mendaftar website Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Fando hari susetyo

25 December 2023

Selamat natal bagi yg merayakan

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

25 December 2023

Thanks info yg bermanfaatnya

Balas

. 0

Asido Dionisius Situmorang

25 December 2023

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS