Dirilis

26 Maret 2024

Penulis

Madyaning Sekar Nuricha Pramesti

TikTok Shop sempat dilarang, tapi sekarang beroperasi lagi di bawah pengelolaan Tokopedia. Ya, TikTok dan Tokopedia mengumumkan kemitraan strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Kemitraan yang dilakukan fokus untuk memberdayakan dan memperluas pasar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kolaborasi TikTok dan Tokopedia bisa menjadi duet maut yang menggoyang industri eCommerce Indonesia.

Untuk menarik minat awal konsumen, TikTok dan Tokopedia merilis kampanye “Beli Lokal” yang bertepatan pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Kampanye Beli Lokal akan mempromosikan produk-produk lokal dari UMKM sehingga memungkinkan pengguna TikTok yang hampir 127 juta berbelanja produk lokal.

Duet TikTok dan Tokopedia, bahkan dengan grup GoTo, berkomitmen memberikan kesempatan yang luas untuk pelaku UMKM Indonesia memanfaatkan eCommerce. Selain itu, kolaborasi ini proyeksinya akan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru untuk lima tahun mendatang. Dengan penggabungan perusahaan raksasa ini, lebih dari 90 persen merchant-nya adalah UMKM.

 

Keuntungan bagi UMKM dari Duet TikTok dan Tokopedia

 
Tapi, apa untungnya kolaborasi TikTok dan Tokopedia bagi Pelaku UMKM seperti Anda?

TikTok maupun Tokopedia sama-sama membangun komitmen membantu pelaku usaha kecil dan menengah bisa berkembang lebih baik. 

 

1. Tambah Nge-Tren: Meningkatkan Brand Awareness

Hampir semua konten viral kita lihat di TikTok bukan. TikTok sebagai media sosial menjadi kegemaran semua kalangan masyarakat Indonesia. Peluang itu membawa kesempatan bagi usaha tambah nge-tren apalagi kalau sampai viral. Ketika usaha Anda terkenal maka secara langsung brand awareness dari target konsumen meningkat. 

Brand awareness (kesadaran merek) merupakan kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek bisnis, meliputi nama, logo, dan slogan-slogan. Brand diyakini bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis dalam jangka panjang. Saat brand kita sudah melekat kuat di benak masyarakat maka akan mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian barang. Moment ini bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan varian atau produk baru. 

Baca juga: 3 Cara Membangun Brand Awareness Usaha Digital

Seperti halnya, kalo kita mau beli pasta gigi, seringkali orang nyebutnya pepsodent, mau beli sabun cuci pakaian kebanyakan yang disebut rinso. Ketika sudah seperti itu maka brand kita sudah kuat yang akhirnya bisa berdampak pada meningkatnya pendapatan. 

 

2.    Tambah Cuan: Pemasaran lebih luas

Gimana gak tambah cuan kalo adanya duet dua perusahaan ini, pemasaran Anda bisa menjangkau lebih luas. Pertumbuhan pengguna TikTok yang mencapai 6,74% menjadi daya tarik yang kuat usaha Anda bisa mendapatkan pembeli baru. TikTok dan Tokopedia lewat kolaborasi ini dinilai lebih efisien karena keduanya tinggal menggabungkan teknologinya. Kolaborasi ini akan menguntungkan UMKM dengan menjangkau pasar yang lebih luas dan lebih cepat. Pemasaran yang luas ujung-ujungnya mendatangkan cuan karena banyak pembeli baru yang berdatangan.

Baca juga: Mau Luncurkan Produk Baru, Lakukan 3 Kiat Ini

 

3.    Tambah Grow up: Mencapai Pasar Internasional

Meski pancingan dari duet ini Beli Lokal, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau produk Anda bisa mencapai pasar luar negeri. TikTok dan Tokopedia mendukung UMKM mempromosikan produknya di pasar internasional. Untuk bisa mencapai pasar internasional, maka TikTok dan Tokopedia mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM melalui program komprehensif dari produksi hingga penjualan. Akan ada komite yang memfasilitasi transisi dan integrasi teknologi untuk memastikan keberlanjutan kolaborasi ini dan mendorong perkembangan ekonomi digital. 

Baca juga: Inilah Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri Bagi Pemula

Kemitraan TikTok dan Tokopedia diperkirakan memberikan dampak yang signifikan terhadap ekosistem e-commerce di Indonesia. Kemitraan ini juga membuka peluang baru bagi UMKM Indonesia untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan mengembangkan bisnis mereka. Yuk kita manfaatkan kolaborasi dua perusahaan besar ini untuk usaha lebih berkembang dan berkelanjutan.

Ingin tahu banyak informasi menarik lainnya tentang dunia usaha? Anda dapat menemukannya di Daya.id. Yuk segera daftarkan diri Anda di sini secara gratis. Jika Anda ada pertanyaan yang ingin didiskusikan. Jangan lupa gunakan fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

30 Maret 2024

Keren Infonya

Balas

. 0

Fando hari susetyo

27 Maret 2024

Sangat bermanfaat 🙏

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS