Dirilis

24 Januari 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Zaman now strategi pemasaran bisnis Anda masih fokus menyebarkan brosur dan memasang spanduk? Coba pikir-pikir lagi.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 2021, 89% penduduk Indonesia telah menggunakan smartphone. Bahkan, 65,4% penduduk Indonesia merupakan pengguna internet, 93% melakukan pencarian barang secara online, 90% mengunjungi toko online dan 86% melakukan transaksi online dari berbagai perangkat.

Selain itu, tarif internet yang relatif murah juga memberikan kemudahan bagi pengguna smartphone untuk berselancar dan mengakses berbagai informasi. Tidak heran, media online kini mulai dimanfaatkan untuk berbisnis melalui digital marketing karena dinilai lebih efektif dalam menarik perhatian crowd.

Terlebih, dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, masyarakat sudah beradaptasi untuk melakukan banyak kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara offline menjadi online. Misalnya saja, bekerja dari rumah atau popular disebut Work From Home. Artinya, semakin banyak orang yang akan menghabiskan kesehariannya di dunia online nih.

Hmm, yakin belum tergoda melakukan digital marketing?

 

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan upaya untuk memasarkan bisnis Anda melalui saluran digital, seperti search engine, media sosial, dan lain-lain untuk mencapai pelanggan melalui alat elektronik. 

Digital marketing sering dianggap sebagai pemasaran yang pasti memerlukan jaringan internet, padahal tidak selalu begitu lho! Digital marketing juga bisa kok dilakukan melalui platform elektronik yang tidak memerlukan internet, seperti TV, game, dan billboard elektronik.

 

Manfaat Digital Marketing Bagi Bisnis


Pemasaran offline sih boleh banget, tapi kalau bisa dilakukan juga secara online kenapa tidak? Berikut ini manfaat digital marketing bagi bisnis Anda:

 

● Jangkauan yang Lebih Luas

Dibanding menyebarkan brosur atau memasang spanduk, memasarkan produk Anda melalui platform elektronik tentu akan menjangkau lebih banyak orang dan target pasar yang lebih luas. Hal ini memudahkan Anda menciptakan brand awareness produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

● Efisiensi Biaya

Untuk menaruh iklan pada koran, baliho, dan sejenisnya, bisa jadi Anda harus merogoh kantong cukup dalam karena biayanya besar. Lain halnya jika Anda mempromosikan bisnis Anda secara online

Memang sih, Anda tetap memerlukan sejumlah dana untuk memanfaatkan fitur iklan baik di marketplace atau di media sosial, namun besarnya biaya dan jangkauan promosinya bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Selain itu, masih bisa kok promosi gratis. Misalnya, di Instagram atau Facebook. Tinggal buat akun, lalu buat konten sekreatif mungkin mengenai bisnis Anda deh!

 

● Hasil yang Dapat Diukur

Dengan digital marketing, performance marketing Anda bisa diukur, yaitu berapa banyak orang yang telah melihat iklan Anda, jumlah klik, bahkan demografi audiens Anda. Hal ini penting agar Anda bisa mengevaluasi demi mengetahui strategi marketing apa yang harus dibuat atau diperbaiki agar iklan selanjutnya lebih berdampak.  

 

● Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Pemasaran

Tidak hanya mempromosikan bisnis, melalui digital marketing Anda bisa mengumpulkan informasi target iklan Anda secara spesifik. Hanya ingin menawarkan ke segmen target tertentu? Bisa banget. Digital marketing juga memungkinkan Anda menentukan iklan yang paling cocok untuk masing-masing segmen. 

 

● Lebih Terhubung dengan Pelanggan

Digital marketing membuka peluang Anda dan calon pelanggan untuk saling berinteraksi. Ketika Anda mem-posting konten di media sosial, calon pelanggan bisa meninggalkan komentar, like bahkan share/mengirimkannya kepada orang lain. Sehingga Anda dapat terhubung lebih dekat dengan mereka. Anda juga lebih mudah mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai target pasar Anda.

 

● Mempermudah Pengambilan Tindakan

“Klik disini untuk belanja!” “Hubungi kami di nomor ini!” Terdengar familiar? Kalimat-kalimat ini seringkali Anda temukan dalam digital marketing. Sangat membantu memudahkan pelanggan untuk mencapai Anda bukan?

 

Jenis-Jenis Digital Marketing

 
Banyak cara untuk melakukan digital marketing, tentunya harus disesuaikan dengan bisnis Anda. Simak jenis-jenis digital marketing berikut ini yuk! 

 

Content Marketing

Bisnis yang menerapkan content marketing umumnya mem-posting blog, video, podcast, dan lainnya untuk mendistribusi informasi tentang produknya ke target pasar.

 

Instant Messaging Marketing

Instant messaging marketing menawarkan strategi pemasaran yang lebih personal ke calon pelanggan menggunakan  aplikasi chatting seperti Whatsapp dan LINE.

 

Social Media Marketing

Social media marketing dianggap cara termurah untuk memasarkan bisnis Anda dengan cakupan yang lebih luas seperti Instagram, Twitter, atau Facebook.

 

Affiliate Marketing

Affiliate marketing dilakukan melalui tokoh yang memiliki pengaruh sosial seperti infuencer. Jika influencer menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan memberi testimoni positif terhadap hal itu, harapannya penggemar atau pengikut influencer tersebut juga tertarik menggunakan produk/jasa tersebut. 

 

Email Marketing

Promosi melalui email merupakan salah satu jenis digital marketing yang bisa Anda coba. Namun, hati-hati ya, bisa jadi email dari bisnis Anda masuk ke kotak spam pelanggan, atau malah tertumpuk dengan email update, promotion, dan penawaran dari perusahaan lain.

 

Pay-Per-Click (PPC)

PPC adalah metode digital marketing menggunakan mesin yang bisa diprogram agar bisnis Anda dapat muncul di halaman paling atas search engine apabila dicari oleh pelanggan. Pengguna jenis marketing ini hanya membayar biaya setiap kali iklan mereka di klik. Pada dasarnya, ini merupakan cara tercepat agar pelanggan berkunjung ke situs Anda daripada menarik pelanggan secara organik.

 

Search Engine Optimization (SEO)

Berbeda dengan PPC yang berbayar, SEO merupakan strategi yang bisa Anda terapkan sendiri dalam halaman produk Anda agar mudah ditemukan oleh calon pembeli yaitu dengan menggunakan kata kunci yang tepat dalam halaman produk yang Anda pasarkan. 

Nah, seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Kalau Anda ingin mencoba merambah pemasaran produk melalui jalur digital, maka penting untuk mengenal lebih dahulu apa itu digital marketing dan bagaimana Anda membuatnya bekerja dengan efektif untuk bisnis Anda.

Namun, yang perlu diingat, selain harus disesuaikan dengan jenis produk dan jasa yang Anda tawarkan, penggunaan digital marketing juga harus disesuaikan dengan target pasar yang Anda sasar. Ingin gratis atau berbayar, tergantung pilihan Anda! Selamat mencoba yah! 

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar usaha dan digital marketing, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Daftarkan juga diri Anda untuk mendapat akses ke berbagai tips menarik lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

10 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

30 Mei 2023

👍

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

30 Mei 2023

👍

Balas

. 0

putra astaman

13 November 2022

Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS