Dirilis

30 April 2024

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Bisnis utama sudah berjalan stabil, omzet juga sudah menguntungkan. Apakah ini saatnya Anda melebarkan sayap untuk bisnis sampingan?

Jika Anda yakin ini adalah saat yang tepat untuk mengembangkan usaha, ada dua pilihan dalam mengembangkan bisnis yang bisa Anda pertimbangkan. Pertama, mengembangkan bisnis yang sudah ada dengan membuka cabang; kedua, mengembangkan bisnis tambahan. Untuk membuka bisnis tambahan, Anda bisa mempertimbangkan bisnis yang benar-benar baru Anda rintis dari nol atau bisnis yang sistemnya sudah jadi seperti bisnis franchise

 

Bisnis Franchise Sebagai Bisnis Tambahan

Sebagian orang menganggap bisnis franchise merupakan pilihan tepat sebagai bisnis sampingan dengan beberapa alasan, diantaranya:

  1. Manajemen bisnis sudah terbangun sehingga tidak perlu mulai dari nol
  2. Brand sudah dikenal masyarakat sehingga sudah memiliki pasar tersendiri
  3. Ada support dari franchisor baik dari segi alat promosi, pelatihan maupun bahan baku
  4. Manajemen keuangan lebih mudah

Anda setuju? Meski hal-hal tersebut tidak menjamin bisnis sampingan Anda terhindar dari risiko, namun setidaknya bisa memudahkan Anda untuk mengelola bisnis utama dan bisnis sampingan sekaligus. 

Kalau Anda sudah yakin memulai bisnis franchise untuk bisnis sampingan, simak tips memilih franchise berikut ini dulu ya!

 

1.    Bidang franchise sesuai minat

Segala hal yang dijalani tentu lebih menyenangkan jika sesuai dengan minat Anda, demikian juga dengan bisnis. Makanya penting untuk memilih bidang franchise yang sesuai dengan bidang yang Anda sukai. 

Jika Anda penikmat kopi, pilihlah franchise kopi bahkan kalau bisa pilih yang produknya merupakan favorit Anda. Dengan demikian, meski Anda mengalami tantangan alam mengelola bisnis, Anda akan tetap menghadapinya dengan baik dan bersemangat. 

 

2.    Memiliki izin usaha secara legal

Niat memperoleh pendapatan tambahan dengan bisnis sampingan, tapi kalau franchise yang dipilih belum memiliki izin secara legal sih sama saja dengan memperoleh masalah tambahan. Jangan sampai ya…

Pastikan franchise pilihan Anda sudah memiliki izin dari dinas yang berwenang, selain menghindari kemungkinan masalah di kemudian hari, pelanggan juga akan lebih percaya terhadap produk yang Anda tawarkan.

 

3.    Brand kredibel dan sudah terkenal

Cek latar belakang franchise pilihan Anda, pastikan brand atau perusahaan tersebut kredibel dan sudah terkenal. 

Brand yang sudah terkenal biasanya memiliki produk sudah memiliki pasar dan sudah teruji, sehingga Anda tinggal eksekusi penjualan saja alih-alih repot effort dan biaya untuk memperkenalkan produk dari nol. 

Selain terkenal, penting juga untuk memastikan kredibilitas dan reputasinya baik. Jangan langsung percaya dengan brosur, lakukan riset ke franchisee atau bertanya langsung ke franchisor

 

4.    Baca ketentuan dan persyaratan dengan teliti

Pelajari franchise fee dan royalty fee.  Franchise fee adalah biaya awal yang harus dibayar kepada kepada franchisor sebelum mulai bisnis. Sedangkan royalty fee adalah biaya yang harus dibayar dalam jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan setelah bisnis berjalan. 

Cek juga semua ketentuan dan persyaratan agar Anda benar-benar memahami model kerjasama yang berlaku, jangan lewatkan hal-hal kecil yang mungkin akan memberatkan Anda di masa depan. Jila ada jaminan atau garansi, pastikan semuanya tercantum detail dalam ketentuan. Baik yang terkait dengan Anda sebagai franchisee ataupun terkait franchisor misalnya jaminan izin menggunakan merk franchise dan jaminan pemilik cabang mendapatkan hak eksklusif.

Jika ada hal yang kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya dan diskusi langsung dengan franchisor atau minta bantuan ahli seperti konsultan waralaba.

 

5.    Sesuaikan dengan modal yang dimiliki

Hitung modal yang Anda miliki dan pilih franchise yang sesuai budget. Pertimbangkan juga besarnya franchise fee dan royalty fee yang perlu Anda tanggung. Jika modal belum mencukupi, sebaiknya tentukan target pencapaian yang realistis sebelum memulai bisnis sampingan agar tidak menimbulkan beban keuangan yang tidak perlu. 

Nah, tunggu apa lagi? Mulai buat daftar franchise incaran Anda dan mulai cari tahu 5 hal yang dijelaskan di atas ya! Anda juga bisa coba cek fitur peluang usaha di daya.id untuk menemukan berbagai pilihan franchise sesuai kebutuhan dan budget Anda. 

Jangan ragu untuk berdiskusi dengan ahli waralaba kami di kolom Tanya Ahli! Silakan daftarkan juga diri Anda di daya.id untuk mengetahui berbagai tips dan info lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

15 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Arief Akbar

13 June 2024

test ok

Balas

. 0

Arief Akbar

13 June 2024

test ok

Balas

. 0

Arief Akbar

13 June 2024

test ok

Balas

. 0

Arief Akbar

13 June 2024

test ok

Balas

. 0

Arief Akbar

13 June 2024

test ok

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rofian Akbar

Pakar Waralaba

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS