Dirilis

03 Pebruari 2024

Penulis

Arief Akbar

Brand merupakan hal yang penting dalam sebuah produk atau jasa usaha. Brand bukanlah sebatas merek atau pengenal usaha, tapi brand merupakan sebuah pengalaman, reputasi hingga  persepsi secara lengkap dari produk atau usaha Anda dengan brand lainya sebagai kompetitor. 

Jika dibangun dengan benar, brand akan membantu Anda menuju kesuksesan dan keuntungan usaha. Sebaliknya, jika brand tidak di bangun dengan baik, maka akan menjauhkan usaha Anda dari pelanggan, sehingga jauh dari keuntungan usaha.

Baca Juga: Apa itu Brand dan Branding?

Faktanya, menurut sebuah studi oleh HBR (Harvard Bisnis Review), lebih dari 64% pelanggan menjalin hubungan (engagement) dengan brand berdasarkan nilai-nilai bersama sebagai alasan utama. Sehingga memiliki strategi branding yang baik akan membantu Anda membangun engagement yang baik. 

Setiap bisnis membutuhkan branding yang baik agar lebih mudah berhasil. Simak Tips mudah dalam membangun brand dari awal.

 

Manfaat Branding Pada Bisnis Anda

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, membangun branding yang baik menjadi hal yang penting, entah dari branding produk usahanya dan juga personal branding yang akan dibangun. Sehingga banyak pengusaha yang menggunakan jasa Branding Agency untuk dapat membangun branding produk usaha hingga personal brandingnya.

Dengan memiliki strategi branding yang baik, branding juga dapat membangun loyalitas konsumen, branding juga menjadi daya tarik bagi konsumen baru. Dengan strategi branding yang tepat, audience akan tertarik pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain mampu meningkatkan penjualan, hal ini akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan diferensiasi produk usaha Anda.

Berikut penjelasan singkat dari manfaat utama dari brand pada sebuah produk usaha Anda.

 

1.Sebagai Identitas Bisnis Anda

Dengan branding yang baik,  identitas bisnis Anda menjadi pembeda value dengan kompetitor Anda.  Biasanya, identitas brand ditunjukkan melalui tagline dan logo. Sehingga, pembuatan logo brand dari sebuah perusahaan harus bisa mencerminkan bisnis yang Anda jalankan sehingga mudah diingat.

 

2.Membangun image perusahaan 

Dengan branding yang baik, produk Anda tidak hanya akan dikenal secara luas dan baik, tapi juga image/citra perusahaannya pun ikut dikenal dengan baik oleh konsumen Anda. Sehingga jika Perusahaan Anda membuat sebuah produk yang baru , maka konsumen pun tidka ragu dalam mencoba produk tersebut.

 

3.Sebagai ajang promosi dan daya tarik produk Anda

Dengan branding yang kuat, maka produk Anda akan makin dikenal dan menjadi daya Tarik bagi calon konsumen Anda dan target pasar Anda. Mereka akan membeli produk Anda karena dalam mindset pasar Anda produk Anda produk yang bagus dan layak untuk dibeli.

Baca Juga: Pentingnya Branding Usaha Jasa dan Produk
 
 

TIPS MEMBANGUN BRANDING

Dari berbagai manfaat branding yang sudah dibahas sebelumnya , membangun brand merupakan investasi jangka panjang  untuk pertumbuhan bisinis Anda. Berikut tips singkat dalam membangun brand. 

 

1.    Tentukan Target Pasar Produk Anda

Awali bisnisi Anda dengan periksa dan riset pasar Anda beserta  competitornya, serta periksa peluang, permintaan pasar hingga kelemahan kompetitor. Dengan menguasai hal ini , Anda dapat membuat strategi & peluang bisnis Anda, sehingga mudha untuk menguasai target pasar Anda.

 

2.    Tentukan Nama Brand dan tagline produk Anda

Nama brand yang tepat dengan target pasar Anda, dapat menunjukkan karakteristik hingga value sebuah brand usaha Anda. Pilih nama brand dan tagline yang unik, mudah diingat dan tidak mudah ditiru dari kompetitor Anda. Tentukan logo, warna dan tageline yang sesuai dengan karakterisktik dan sesuai dengan target pasar Anda.

 

3.    Fokus dan tentukan karakteristik Brand Anda

Karakter brand sangat mempengaruhi produk yang dipasarkan. Brand yang akan Anda bangun akan menjadi value yang akan disampaikan kepada calon konsumen Anda, sehingga konsumen akan menyesuaikan karakter nya dengan brand yang Anda bangun.

Baca Juga: Tips Branding yang baik, kunci sukses usaha brand lokal
 
Nah, Itulah beberapa penjelasan mengenai tips dalam membangun brand Anda. Cermatlah sebelum menetukan brand dan branding produk Anda, supaya Anda lebih mudah dalam menguasi target pasar Anda. Pelajari dan pahami apa itu brand dan branding. Serta pahami terkait target pasar Anda dengan data yang lengkap.

JIka Anda membutuhkan insight dan ada pertanyaan lainnya seputar brand,  investasi,  usaha, keuangan, sosial maupun kesehatan, jangan ragu untuk daftarkan diri Anda di daya.id. Manfaatkan Gunakan juga fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan para pakar tepercaya di bidangnya, GRATIS!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

07 Pebruari 2024

Keren Infonya

Balas

. 0

Riza mudhita

07 Pebruari 2024

👍👍

Balas

. 0

Riza mudhita

07 Pebruari 2024

👍👍

Balas

. 0

Fando hari susetyo

05 Pebruari 2024

Mantab👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS