Dirilis

14 Juni 2022

Penulis

Regina Waisimon

Jika Anda adalah seorang mahasiswa yang merasa usaha, bisnis, atau wiraswasta, merupakan sesuatu yang sulit, rumit, atau ruwet, coba baca artikel ini. Karena Anda akan menemukan beberapa tips yang bisa membantu Anda mengatasi pemikiran itu.

Baca Juga: Tips Memulai Warung Burjo Dekat Kos

Ya, sekarang saatnya Anda sebagai mahasiswa mulai meminggirkan semua pemikiran negatif tersebut, dan mulai membuka mata untuk memulai usaha yang ingin Anda jalankan. Percayalah, usaha bukan sesuatu yang hanya direncanakan, tetapi sesuatu yang harus dijalankan atau dieksekusi. 

Memulai usaha juga bisa dilakukan saat masih kuliah.


 

Tips Memulai Usaha Sejak Masih Kuliah

Nah, untuk membantu Anda, berikut ini tips memulai usaha sejak masih kuliah:

 

1.    Kenali Kesukaan dan Kemampuan Diri Sendiri

Mampu mengenali kesukaan dan kemampuan diri sendiri merupakan langkah awal buat Anda yang ingin membuka usaha. Kenapa? Karena usaha yang dimulai dari sesuatu yang disukai akan membawa Anda untuk lebih termotivasi dan bersemangat. Sedangkan dengan mengenal kemampuan diri sendiri itu akan membuat Anda untuk tidak mudah menyerah dalam menjalan usaha kedepannya.

 

2.    Tahu Produk Yang Akan Ditawarkan

Untuk memulai usaha Anda harus tahu produk apa dan seperti apa yang akan ditawarkan. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan menjawab pertanyaan berikut:
 

  • Apakah produk yang akan ditawarkan sudah sesuai kebutuhan masyarakat?
  • Siapa saja yang membutuhkan produk tersebut?
  • Apakah sudah ada yang menjual produk serupa?
  • Berapa banyak pesaingnya?
  • Bagaimana cara untuk menawarkan dan menjualnya?


 

3.    Tahu Target Pasar

Tahu target pasar adalah langkah berikutnya setelah Anda mengetahui produk yang akan ditawarkan. Cara untuk mengetahu target pasar adalah cari tahu sebanyak mungkin yang diinginkan calon pembeli dan pesaing, lalu pelajari kebiasaan mereka, buat catatan, mapping berdasarkan kebutuhan (usia, jenis kelamin, siklus pembelian, dan lainnya) sehingga Anda dapat mengetahui dan mempelajari target pasarnya.

Baca Juga: Mie Ayam, Ide Usaha yang Nyaris Tidak Pernah Mati

 

4.    Memiliki Modal Awal

yang tidak kalah penting juga Anda harus mengetahui seberapa banyak kebutuhan biaya untuk memulai dan menjalankan usaha ini. Paling tidak Anda harus mengetahui kebutuhan biaya usaha untuk satu tahun ke depan.

Jika Anda tidak memiliki uang tunai atau modal sendiri untuk memenuhi kebutuhan usaha tersebut, maka Anda harus memikirkannya dengan seksama kira-kira dari kanal mana modal awal usaha ini diperoleh, apakah dari: Investor/ Pinjaman/ Hibah/ dan lain-lain.

 

5.    Dari Ide Menjadi Sebuah Perencanaan Yang Matang

Saat Anda sudah memiliki ide-ide usaha yang cemerlang, bahkan mungkin ide itu telah Anda miliki sejak lama seperti empat poin sebelumnya di atas. Ternyata, ide yang cemerlang itu tidak dapat dijadikan sebuah perencanaan dalam memulai usaha yang tepat dan bisa mendatangkan keuntungan.

Bagaimana sebuah ide bisa menjadi perencanaan yang tepat saat ingin memulai usaha sejak masih kuliha?. Pertama-tama Anda harus menuangkan segala ide-ide cemerlang Anda itu ke dalam sebuah catatan, boleh di buku/kertas/laptop karena ini langkah awal yang penting bagimu untuk membuat dan mengatur segala sesuatunya.

Setelah Anda menuliskan semua ide-ide cemerlang tersebut, maka selanjutnya Anda harus menyusun semuanya itu menjadi sebuah proposal usaha. Prosposal usaha sederhana dapat berisi: pendahuluan, profil usaha, struktur organisasi, produk usaha, startegi pemasaran dan promosi, analisa S.W.O.T (Strength. Weakness. Opportunity. Threat),  anggaran, laporan keuangan serta lampiran yang mendukung.

 

6.    Memiliki Mentor Yang Tepat

Untuk memulai usaha sejak masih kuliah merupakan sesuatu yang menantang dan menguntungkan. Keberadaanmu di kampus dengan status mahasiswa memiliki keuntungan tersendiri karena Anda bisa mendapatkan bimbingan dari mentor terbaik baik dari para dosen ahli bahkan profesor, dimana keberadaannya dapat mendukung untuk menjalankan bisnismu dengan lebih terencana dan matang. Maka tidak usah malu untuk selalu belajar, sebab hal ini akan membantu langkahmu menuju kesuksesan dalam memulai usaha.

 

7.    Rajin Mengikuti Seminar/ Kelas Mengelola Usaha

Meski Anda berada di jurusan kuliah yang tidak berhubungan dengan ilmu bisnis, bukan berarti Anda tidak bisa mempelajari ilmu bisnis tersebut dengan sistem yang terpadu. Belajar tidak harus selalu otodidak, sebab Anda bisa mengikuti kelas bisnis yang akan menambah skill dan kemampuan Anda di bidang tersebut. Saat ini, ada banyak kelas bisnis yang ditawarkan dalam paket tertentu, dimana Anda bisa memilih sendiri bidang tertentu yang menarik minat Anda dan Anda anggap penting untuk perkembangan bisnismu di masa yang akan datang. Beberapa kelas yang paling banyak diminati dan bisa menjadi pertimbangan Anda antara lain: manajemen, akuntansi, studi pasar atau bahkan komunikasi bisnis.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin memulai usaha sejak masih kulaih, setelah membaca artikel ini diharapakan Anda sudah siap menjadi pengusaha sukses.

Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan Ahli kami dibidang Praktisi dan Trainer UKM untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lagi tentang memulai usaha.  Sedangkan untuk Informasi lainnya terkait keuangan, usaha serta gaya hidup sehat dapat Anda dapatkan secara gratis di daya.id  Jadi  tunggu apalagi segara daftarkan diri Anda dengan melakukan registrasi pendaftaran di daya.id, maka seluruh informasi tersebut dapat diakses dengan mudah dimana pun dan kapan pun.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS