Dirilis

09 September 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Tak lengkap rasanya apabila menu ayam crispy atau fried chicken tidak dijadikan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Buktinya, Anda bisa dengan mudah menemukan warung atau restoran di sekitar Anda yang menjual fried chicken sebagai menu andalannya.

Selain potensi usahanya yang besar, usaha ini juga membutuhkan modal yang relatif kecil, dan juga proses masak yang mudah dan cepat. Hal inilah yang menyebabkan mengapa usaha fried chicken diminati banyak pelaku usaha lainnya.

Nah, apakah Anda juga tertarik untuk memulai usaha fried chicken Anda sendiri? Artikel ini tentunya tepat untuk Anda yang ingin menyelami dunia usaha fried chicken. Yuk, ketahui hal-hal berikut sebelum memulai usaha fried chicken Anda!

 

5 Tips Jitu Memulai Usaha Fried Chicken Ramah Pemula

Meskipun memiliki peluang usaha yang besar, perlu diingat bahwa Anda tentu akan ikut berkompetisi dengan kompetitor lainnya. Untuk itu, Anda memerlukan strategi usaha yang matang agar bisa mempertahankan usaha fried chicken Anda. Berikut tips-tips jitu yang ramah pemula untuk memulai usaha fried chicken Anda.

 

1.    Tentukan Konsep Usaha 

Sebelum mengeksekusi usaha Anda, tentukan terlebih dahulu lokasi dan target konsumen yang ingin Anda sasar. Anda bisa menjual fried chicken dengan hanya menggunakan gerobak, membuka kios sederhana, atau bahkan membuka restoran. Intinya, hal tersebut dapat disesuaikan dengan konsep dan budget yang Anda miliki.

Lokasi yang ramai seperti kawasan sekolah atau kampus, dan tempat wisata akan menjadi pilihan strategis bagi Anda yang ingin memulai usaha fried chicken dengan menggunakan gerobak. Sedangkan lokasi seperti perumahan, apartemen, hingga perkantoran akan cocok untuk Anda yang ini membuka sebuah kios kecil atau restoran.

 

2.    Gunakan Sistem Operasional yang Efektif

Salah satu alasan mengapa konsumen membeli fried chicken, salah satunya adalah masakan ini dapat cepat disajikan. Untuk itu, Anda perlu merencanakan sistem operasional yang efektif mulai dari sistem pre-order, layanan pesan antar, hingga sistem ticketing untuk mengantisipasi antrian panjang. Anda harus dapat melayani pelanggan dengan cepat, jangan sampai membuat para pelanggan menunggu.

 

3.    Beri Promo dan Diskon Saat Pembukaan


Jika ingin menarik perhatian banyak orang, Anda bisa memberikan berbagai macam promo dan diskon kepada pelanggan saat melakukan soft opening atau grand opening. Hal ini tentunya akan memperbesar peluang agar usaha fried chicken Anda diketahui oleh banyak orang. Jangan lupa ya, untuk selalu berikan kualitas, rasa, dan pelayan yang terbaik, agar pelanggan kembali lagi ke toko Anda.

 

4.    Brand Dagang Haruslah Menarik, Menjual, dan Mudah Diingat

Karena banyaknya kompetitor di bidang usaha yang serupa, maka Anda perlu memilih nama atau brand yang menarik, menjual, dan mudah diingat untuk usaha fried chicken Anda. Jangan gunakan nama yang terlalu panjang, gunakanlah nama yang singkat dan jelas, agar pelanggan dapat langsung mengetahui bahwa Anda menjual fried chicken sebagai menu andalannya.

 

5.    Jangan Anggap Remeh Pemasaran Online

Untuk mempertahankan usaha Anda, maka penting untuk melakukan pemasaran. Anda bisa memanfaatkan pemasaran online sebagai pilihan yang ramah budget atau bahkan gratis lho!

Anda bisa memulai dengan membuat akun media sosial usaha fried chicken Anda untuk menyampaikan informasi seputar menu yang Anda jual, promosi, diskon, dokumentasi, hingga berbagai macam review dari para pelanggan.

Media sosial dengan tampilan menarik tentunya akan memperkuat branding usaha fried chicken Anda. Gunakanlah foto-foto yang menarik dan berkualitas, agar feeds media sosial Anda terlihat rapi dan bagus. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi kepada para pelanggan, mulai dari menerima feedback, hingga mencari ide untuk menu baru. Berinteraksi dengan pelanggan dengan cara seperti ini, dapat membantu usaha Anda dalam mendapatkan pelanggan yang loyal terhadap usaha Anda.

Bentuk pemasaran online lainnya adalah, Anda dapat mendaftarkan usaha fried chicken Anda untuk bergabung dengan berbagai platform layanan pesan antar makanan seperti Shopee Food, GoFood, atau Grab Food, agar dapat meningkatkan penjualan Anda.

Bagaimana, apakah dengan mengetahui lima tips di atas, apakah Anda sudah siap memulai usaha fried chicken Anda sendiri? Untuk memiliki usaha ini, tentunya Anda dapat memulainya secara mandiri dengan merek dagang Anda sendiri, atau bergabung dengan sistem waralaba.

Sistem waralaba sendiri akan lebih mudah untuk dijalani karena sudah memiliki sistem yang efektif. Anda juga tidak perlu pusing-pusing memikirkan strategi penjualan dari nol, dan tidak perlu khawatir terhadap kegagalan usaha. Namun, Anda juga perlu pintar-pintar dalam memilih produk franchise yang akan Anda pilih.

Sebagai salah satu mitra BTPN yang terjamin keamanannya, Anda bisa memulai usaha fried chicken Anda dengan bermitra bersama Chicken Fry Day. Usaha ini sudah diwaralabakan sejak tahun 2016, dan sudah dikenal banyak masyarakat di beberapa kota seperti Solo, Jogja, dan lainnya.

Seperti namanya, Chicken Fry Day memiliki menu ayam goreng crispy dengan rasa yang lezat. Pilihan menunya pun dilengkapi dengan berbagai macam saus mulai dari saus barbeque, teriyaki, hingga varian sambal yang cocok dengan lidah orang Indonesia, yaitu sambal hijau, sambal merah terasi, sambal bawang, dan lain-lain. 

Dengan nama yang mudah diingat dan packaging yang unik, hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk usaha Chicken Fry Day. Kalau soal rasa sih, jangan ditanya, karena sudah pasti enak! Nah, untuk Anda yang tertarik bermitra bersama Chicken Fry Day, Anda bisa klik link ini, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Apabila Anda tertarik dengan usaha lainnya, Anda bisa mengakses fitur Peluang Usaha di website Daya.id dan temukan usaha yang cocok untuk Anda. Anda juga bisa menggunakan fitur Tanya Ahli secara gratis untuk berdiskusi terkait usaha Anda dengan para ahlinya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

12 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

JUWENAH

10 Desember 2023

Ide usaha ini memang sedang trend

Balas

. 0

putra astaman

25 Maret 2023

Ok

Balas

. 0

putra astaman

25 Maret 2023

Ok

Balas

. 0

Wendi Purwanto

06 Januari 2023

👍

Balas

. 0

Ilham saputra

29 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS