Dirilis

27 Maret 2024

Penulis

Linda Budiyarti

Apakah karyawan Anda sudah bekerja secara produktif? Karyawan merupakan salah satu aset perusahaan yang mempengaruhi keberhasilan bisnis Anda. Karyawan yang memiliki produktivitas tinggi akan bekerja optimal, sehingga dapat meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Karyawan yang produktif adalah karyawan yang mampu bekerja secara efektif dan efisien. Selain efektifitas dan efisiensi kerja, ada beberapa aspek dalam produktivitas karyawan, antara lain:

  1. Motivasi kerja tinggi
  2. Terus menerus menunjukan perbaikan (continoues improvement)
  3. Tugas pekerjaan yang menantang
  4. Lingkungan kerja yang mendukung


Dari ke-empat aspek diatas, motivasi kerja yang tinggi menjadi aspek kunci yang perlu diperhatikan oleh perusahaan Anda. Hal ini disebabkan karena karyawan yang memiliki motivasi kerja tinggi akan mampu memperbaiki kinerja terus menerus, menyelesaikan tantangan kerja, dan bekerja secara efektif dan efisien.

Lalu bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja karyawan agar dapat meningkatkan produktivitas kerja? Berikut ini 10 tips sederhana yang dapat Anda lakukan.

Baca juga: Tips Mengoptimalkan Produktivitas Karyawan

 

5 Tips Meningkatkan Motivasi dan Produktivitas Karyawan


 

1.    Memberikan kepercayaan dan Otonomi kepada Karyawan


Mungkin terdengar sepele, namun ternyata memberikan kepercayaan kepada karyawan untuk menyelesaikan tugas pekerjaan dengan caranya sendiri dapat meningkatkan motivasi kerja. Anda dapat mulai dengan mempercayakan tugas pekerjaan dari hal yang paling kecil. Saat Anda memberikan kepercayaan kepada karyawan untuk mengerjakan tugas pekerjaannya, pastikan karyawan memahami apa yang Anda butuhkan dan harapkan dengan memberikan arahan yang jelas. Anda dapat terus meningkatkan kepercayaan hingga tugas pekerjaan yang lebih besar, dengan tetap mempertimbangkan kapasitas karyawan.

 

2.    Memberikan Apresiasi dan Hadiah atas Capaian Kinerja  Karyawan

Hal sederhana lainnya untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan Anda adalah dengan memberikan apresiasi dan hadiah atas capaian karyawan. Bentuk apresiasi sederhana yang dapat Anda berikan misalnya dengan mengucapkan terima kasih atas dukungan karyawan dan memuji hasil kerja karyawan dengan tulus. Dengan demikian, karyawan akan merasa dihargai kerja kerasnya. Lalu, berikan hadiah kepada karyawan yang memiliki capaian kinerja memuaskan. Hal ini tentu akan meningkatkan motivasi kerja karyawan Anda.

 

3.    Memperhatikan Kesehatan Fisik dan Kesehatan Mental Karyawan

Kesehatan baik fisik maupun mental merupakan hal penting bagi karyawan untuk tetap bekerja dengan baik. Selain memberikan asuransi kesehatan, cara lain untuk menjaga kesehatan fisik karyawan adalah dengan membuat program olahraga bersama atau membuat suatu kompetisi kecil yang berkaitan dengan menjaga kesehatan fisik. Lalu, penting juga memeperhatikan kesehatan mental karyawan Anda. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental karyawan Anda. Salah satunya dengan memberikan tugas pekerjaan sesuai kapasitasnya.

 

4.    Memberikan Kesempatan Kepada Karyawan untuk Mengembangkan Diri

Agar karyawan dapat meningkatkan kapasitasnya terus menerus maka sebaiknya Anda memberikan kesempatan kepada karyawan Anda untuk mengembangkan diri, yaitu dengan memberikan pelatihan kepada karyawan. Jika Anda belum mempunyai program pelatihan untuk pengembangan diri karyawan, Anda dapat bekerjasama dengan suatu institusi tertentu yang dapat membantu Anda memberikan pelatihan. Selain itu, Anda juga dapat mendorong karyawan Anda untuk mengikuti pelatihan secara gratis di berbagai platform, salah satunya website daya.id.

 

5.    Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif untuk Karyawan Bekerja

Hal yang tidak kalah penting lainnya untuk meningkatkan motivasi karyawan adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Anda dapat membangun budaya kerja positif, misalnya dengan melakukan komunikasi yang efektif. Dengan membangun komunikasi yang efektif antara Anda dengan karyawan atau sesame karyawan, akan menciptakan suasana kerja yang positif dan nyaman untuk bekerja. Salah satu cara komunikasi positif yang dapat Anda terapkan adalah dengan mendengarkan keluhan dan masukan dari karyawan. Selain itu, Anda juga dapat bertanya kepada karyawan Anda, hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk membuat karyawan Anda semakin termotivasi dalam bekerja.

Baca juga: Cara bekerja lebih produktif

Nah, itulah lima tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi karyawan Anda, agar dapat meningkatkan produktivitasnya. Anda dapat memulai dari cara yang paling mudah untuk diterapkan dalam bisnis Anda. Jika Anda ingin melakukan konsultasi lebih jauh mengenai penerapan tips ini, Anda dapat mengunjungi fitur Tanya Ahli dan pilih Business Coach untuk konsultasi. Anda dapat berkonsultasi tentang apapun seputar bisnis tanpa dipungut biaya. Anda hanya cukup daftar dan login saja ke website daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

29 Maret 2024

Infonya Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS