Dirilis

03 Maret 2023

Penulis

Ahmad Husnil Fikri

Jika kita berbicara mengenai Product Knowledge, maka sudah pasti hal ini menyangkut pengetahuan secara menyeluruh terkait produk dalam sebuah bisnis di perusahaan. Biasanya, Product Knowledge ini menjadi hal yang wajib dimiliki oleh seorang Customer Care untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi produk dengan detail kepada para pelanggan. Meski demikian, tahukah Anda mengenai apa sebenarnya pengertian Product Knowledge dan apa saja alasan pentingnya bagi seorang Customer Care? Apabila Anda sendiri mungkin penasaran dan ingin tahu informasi lebih detailnya, maka bisa simak uraian di artikel berikut.

 

Sekilas pengertian tentang Product Knowledge

Secara umum, Product Knowledge merupakan suatu kemampuan seseorang untuk mengetahui semua hal yang berkaitan erat dengan apa yang mereka tawarkan kepada orang lain (konsumen/ pelanggan), baik itu berupa produk maupun jasa layanan tertentu. Dalam aspek Product Knowledge ini, biasanya ada beberapa hal penting yang wajib diketahui bagi seorang yang berprofesi sebagai Customer Care ataupun sales representative. Yakni mulai dari ciri-ciri produk, harga, karakter khusus dari produk sampai dengan kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga : Tips Mengelola Customer Service Jarak Jauh

Ketika seseorang sudah paham betul mengenai produk yang ditawarkan kepada konsumen/ pelanggan, maka hal ini akan semakin mudah dalam menunjang kegiatan promosi. Selain itu, mereka juga dapat dengan mudah untuk mencapai tahap pembelian lantaran kemampuan yang dimiliki dalam menjelaskan dan membangun hubungan yang baik bagi calon pembeli. 

 

Mengapa Customer Care perlu memiliki Product Knowledge yang baik?

Terlepas dari pengertian Product Knowledge di atas, Anda tentunya penasaran bukan mengenai alasan mengapa Customer Care perlu memiliki kemampuan Product Knowledge ini, bukan? Umumnya, seorang Customer Care penting diharuskan memiliki Product Knowledge lantaran menawarkan banyak sekali manfaat di dalamnya. Adapun beberapa manfaat yang diperoleh Customer Care ketika memiliki kemampuan Product Knowledge yakni sebagai berikut :

 

1.    Mampu menumbuhkan kepercayaan diri

Perlu Anda ketahui, bahwa salah satu manfaat yang akan diperoleh seorang Customer Care ketika memiliki kemampuan Product Knowledge yakni secara tidak langsung bisa menumbuhkan rasa percaya diri lebih. Dimana dalam hal ini, mereka tidak akan merasa takut dan cemas ketika memberikan informasi produk yang memberikan kesan negatif ataupun kesalahan kepada calon pembeli. Sehingga, hal inilah yang akan memperlancar pihak Customer Care dalam menjelaskan informasi produk kepada calon pembeli. 

 

2.    Dapat memudahkan meyakinkan calon pembeli

Pada dasarnya, sebuah produk yang ditawarkan akan jauh lebih mudah memperoleh pembeli ketika seorang Customer Care memiliki kemampuan Product Knowledge yang baik. Ini dikarenakan, para calon pembeli akan lebih yakin kepada Customer Care yang menawarkan produk tersebut lantaran jika pengetahuan akan produk memang sudah benar – benar dikuasai dengan baik. Dan bahkan ketika seorang calon pembeli yang awalnya tidak yakin untuk membeli produk tersebut bisa jadi lebih yakin untuk membeli produk tersebut karena penjelasan yang diberikan Customer Care tersebut begitu meyakinkan. 

 

3.    Membantu meningkatkan target penjualan

Memiliki kemampuan Product Knowledge yang bagus ternyata juga bisa menjadi salah satu faktor penting untuk dapat meningkatkan target penjualan produk. Terlebih lagi seperti yang kita ketahui, bahwa seorang Customer Care biasanya akan melakukan promosi produk kepada calon pembeli. Sehingga ketika mereka memiliki kemampuan Product Knowledge yang bagus, bukan tidak mungkin hal ini akan menjadikan calon pembeli lebih yakin untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan oleh Customer Care tersebut. 

 

4.    Dapat meningkatkan kualitas produk

Adapun alasan penting yang menjadikan seorang Customer Care perlu memiliki kemampuan Product Knowledge yang baik yakni karena bermanfaat untuk dapat meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan. Yang mana, disini mereka akan menjadi seseorang yang lebih paham akan produk yang ditawarkan, baik dari segi kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Bahkan, hal inilah yang menjadikan mereka bisa lebih mudah untuk melihat bagaimana produk dari pesaing bisnis lain dan bisa menjadi pendukung terjadinya peningkatan pada kualitas produk.

Jadi itulah tadi penjelasan lengkap yang bisa Anda ketahui dan pahami seputar pengertian Product Knowledge dan juga alasan pentingnya seorang Customer Care perlu memiliki kemampuan Product Knowledge tersebut dalam menunjang keberhasilan bisnis. 

Punya pertanyaan lebih lanjut? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Arrino Fatra

30 Maret 2023

Mantap

Balas

. 0

Liswari

04 Maret 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS