Dirilis

18 Oktober 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Merawat kuku menjadi bagian perawatan tubuh yang tidak bisa diabaikan. Salah satu tahapan cara merawat kuku yang umum kita temui dalam kehidupan sehari-hari ialah memotong kuku berikut kutikulanya. Pada dasarnya, kuku adalah salah satu bagian tubuh yang paling rentan dijadikan sebagai tempat berkembangnya kuman dan bakteri.
Kuku yang tidak dirawat dengan baik berkemungkinan rusak dan memicu pertumbuhan kuman penyebab penyakit. Lalu, bagaimana sih prosedur perawatan kuku yang baik dan benar agar kuku panjang bersih nan mempesona?

 

Cara Merawat Kuku yang Benar

Dilansir dari laman Healthline, inilah cara perawatan kuku yang bisa dicontoh agar kuku Anda makin panjang, cantik, dan bersih:

 

1. Memotong Kuku Secara Teratur


Rutin memotong kuku sekurang-kurangnya sekali seminggu dapat membantu Anda terhindar dari risiko kuku patah. Dengan begitu, kuku akan tetap kuat. Untuk diketahui, kuku yang panjang berisiko menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya saja cacingan. Ketika memotong kuku, pastikan untuk menggosok bagian tepi kuku dengan lembut agar kulit tidak terluka ketika bersentuhan.

 

2. Memastikan Kuku Bersih dan Kering

Usai membasuh tangan atau melakukan kegiatan lain yang mengakibatkan tangan basah, usahakan untuk segera mengeringkan kuku. Sekaligus membersihkan sela-sela kuku menggunakan sikat secara lembut. Tindakan ini diyakini mampu mencegah timbulnya infeksi jamur dan bakteri pada kuku.
Disamping itu, Anda disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet ketika mencuci piring. Hal ini diperlukan untuk mencegah risiko kuku terpapar bahan kimia keras nan berbahaya yang dapat merusak jaringan kuku.

 

3. Mengaplikasikan Pelembab pada Kutikula


Tidak hanya akan memperburuk tampilan kuku, kutikula yang kering akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk itu, pastikan Anda mengaplikasikan pelembab secara berkala. Sebagai tambahan catatan, usahakan untuk tidak mendorong atau mengupas kutikula ketika melangsungkan prosedur perawatan kuku. Sebab, tindakan tersebut dapat merusak dan membuat kuku rentan terinfeksi jamur dan bakteri.

 

4. Menghindari Penggunaan Cat Kuku

Secara umum, cat kuku memang dapat mempercantik tampilan kuku, namun penggunaannya harus dibatasi. Mengingat produk-produk cat kuku yang tersedia di pasaran saat ini mengandung banyak bahan kimia yang jika digunakan secara terus-menerus dimungkinkan akan membuat kuku menjadi rapuh.
Usahakan untuk memberikan tenggang waktu sekurangnya 1 minggu sebelum Anda memutuskan untuk mengaplikasikan cat kuku kembali. Upayakan pula untuk menghindari penggunaan pembersih cat kuku yang memiliki kandungan aseton di dalamnya. Sebab, aseton bisa membuat kuku, kulit, dan kutikula menjadi kering.

 

5. Memilih Salon Kuku yang Tepat

Banyak orang yang memang memilih untuk ke salon kuku karena berbagai kepraktisan yang ditawarkan. Nah, jika Anda termasuk orang lebih menyenangi perawatan kuku di salon, maka pastikan untuk memilih salon kuku yang sudah berlisensi dan terjaga kebersihannya. Baik itu untuk proses perawatan maupun kebersihan ruang penanganan secara keseluruhan.
Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena bisa menghindarkan kita dari kemungkinan timbul infeksi bakteri atau jamur pada area kuku. Bakteri ini bisa muncul saat menikur-pedikur tidak dilakukan dengan tepat dan bersih.

 

6. Mengkonsumsi Suplemen Biotin

Apabila kuku Anda cukup lemah dan rapuh, Anda disarankan untuk membuat jadwal konsultasi bersama dokter. Umumnya, dokter akan meresepkan suplemen biotin untuk memperkuat kuku Anda. Suplemen biotin sendiri merupakan salah satu jenis vitamin B yang dapat memperkuat kuku dan rambut.
Tidak hanya itu, biotin juga bisa membantu fungsi sistem saraf tubuh manusia. Selain dalam bentuk suplemen, biotin juga dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, telur matang, dan ikan sarden.

Itulah beberapa cara merawat kuku paling praktis yang bisa Anda jajal di rumah. Ternyata cukup mudah bukan? Anda tidak harus pergi ke klinik perawatan tubuh untuk mendapatkan kuku yang terawat dan sehat.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS