Dirilis

07 Desember 2020

Penulis

Tim penulis daya

Olahraga jalan cepat bisa menjadi solusi bagi Anda yang mungkin sering mendapat masalah pada kesehatan tubuh ataupun berat badan yang tak kunjung menurun. Banyak manfaat yang bisa kita rasakan jika melakukannya secara rutin. Berjalan kaki memang terbilang olahraga yang cukup mudah, tapi ternyata dampaknya besar. Terutama jika jalan tersebut dilakukan secara cepat. Jalan cepat adalah kegiatan berjalan dengan durasi cepat namun tidak sama dengan berlari.

Manfaat Jalan Cepat Bagi Tubuh


Seperti dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, rutin melakukan jalan cepat akan membawa dampak baik bagi tubuh, seperti:

1. Mengatasi Depresi

Mengapa jalan cepat dipercaya mampu mengatasi atau meminimalisir resiko depresi? Karena olahraga yang satu ini, ternyata mampu memperbaiki suasana hati seseorang. Terlebih jika jalan cepat tersebut dilakukan di taman atau tempat lain yang dikelilingi oleh hamparan tanaman hijau. Efek yang ditimbulkan adalah kita bisa merasa lebih rileks, tenang, membantu meredam kecemasan serta tidur akan lebih berkualitas.

2. Menurunkan Risiko Demensia

Demensia adalah kondisi yang ditandai dengan melemahnya fungsi otak. Dengan rutin berjalan kaki, baik cepat atau tidak mampu menjaga fungsi otak agar tetap berjalan baik meski di usia yang sudah lanjut.

3. Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat dan Mengontrol Diabetes

Manfaat jalan cepat berikutnya bagi kesehatan adalah mampu menjaga kesehatan jantung kita dan membantu pula mengurangi resiko hipertensi dan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung maupun stroke.

Selain membantu mengurangi resiko hipertensi, kolesterol, jantung dan stroke, ternyata jalan cepat secara rutin sekitar 20-30 menit setiap hari dapat mengontrol gula dalam darah. Selain berpengaruh pada pencegahan diabetes, olahraga ini juga mampu menghindarkan kita dari obesitas karena mampu membantu kita dalam menurunkan berat badan supaya kembali ideal.

4. Mencegah Kanker

Manfaat lain dari jalan cepat dan dibarengi dengan pola hidup sehat adalah dapat mencegah resiko kanker. Baik kanker payudara, kanker usus,  kanker prostat juga kanker rahim. Karena olahraga jalan cepat ini dipercaya mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki metabolisme tubuh serta mencegah sel kanker.

Selain beberapa hal di atas jalan kaki ternyata memiliki manfaat lainnya seperti memperpanjang usia, membakar lemak, mengurangi nyeri sendi, meningkatkan kekebalan tubuh.

Apa yang Harus Dilakukan saat Jalan Cepat?

Dikutip dari www.mayoclinic.org, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan saat melaksanakan olah raga, termasuk jalan cepat ini, yaitu:

1. Memilih Outfit yang Nyaman

Hal ini akan mendukung kenyamanan kita selama berolahraga, mulai dari sepatu hingga pakaian. Sesuaikan dengan cuaca dan keadaan kita saat melakukan jalan cepat tersebut.

2. Menentukan Rute

Pilihlah rute yang aman juga nyaman agar tidak menimbulkan risiko lain seperti cedera maupun hal-hal yang mengganggu keselamatan kita.

3. Pemanasan

Setiap olahraga pasti membutuhkan pemanasan. Hal ini bisa mempersiapkan tubuh kita untuk berolahraga

4. Pendinginan

Saat jalan cepat akan selesai, kurangi ritme atau intensitasnya hal ini dapat menjadikan otot kita yang awalnya panas menjadi lebih dingin.

5. Peregangan

Setelah pendinginan, lalukanlah peregangan untuk mengakhiri sesi olahraga.

Olahraga jalan cepat merupakan aktivitas sederhana namun dapat mendatangkan banyak hal baik bagi tubuh kita. Selain itu, biayanya juga murah dan mudah dilakukan. Agar hidup sehat yang dijalani bisa lebih seimbang, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi seputar asupan dan pola makan seperti apa yang dianjurkan untuk kesehatan Anda.

Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan penyakit lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS