Dirilis

02 September 2022

Penulis

Linda Budiyarti

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang sering kita kenal sebagai penyakit asam lambung adalah kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan. Hal tersebut dikarenakan melemahnya cincin otot, sehingga asam lambung dan makanan akan terdorong atau mengalir kembali ke atas dari dalam lambung. 

Gejala yang paling sering dialami adalah mulut terasa asam atau pahit, nyeri di ulu hati dan sering bersendawa serta panas di dada (heartburn). Pasti sangat tidak nyaman saat mengalami kondisi tersebut. 

Sebelum kita bahas lebih jauh lagi, sebaiknya kita tahu dulu nih apa sih yang menyebabkan naiknya asam lambung, agar kita bisa menghindarinya. Karena jika sudah terkena GERD, terasa sangat menyiksa ya.

 

Penyebab Asam Lambung Naik

Hal-hal yang dapat membuat naiknya asam lambung yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya setelah makan langsung rebahan. Nah, apakah Anda termasuk kaum rebahan? Jangan coba-coba lakukan ini lagi ya jika tidak ingin merasakan asam lambung. 

Hal lain yang menyebabkan asam lambung naik adalah seringnya perut kosong, makan terburu-buru, pola makan yang tidak teratur, sering begadang dan mengonsumsi alkohol. 

Jika Anda merasa sudah mengalami GERD, sebaiknya segera ditangani, karena jika tidak dapat merusak sistem pencernaan bahkan meningkatkan risiko terkena kanker esofagus. 

 

Obat Herbal untuk Asam Lambung

GERD yang masih ringan bisa ditangani dengan mengonsumsi obat-obat herbal yang biasa Anda temui di rumah. Mengonsumsi obat-obat herbal secara rutin bisa menjadi salah satu alternatif penyembuhan penyakit lambung yang mudah Anda lakukan di rumah. Apa saja yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat herbal? Yuk, disimak baik-baik.

 

1. Kunyit 

Cara pengolahan kunyit sebagai obat asam lambung adalah membuatnya menjadi minuman teh. Bagian yang rimpang ditumbuk hingga menjadi bubuk dan diseduh untuk diminum. Penggunaan kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan pada lambung, namun sebaiknya dibatasi karena jika berlebihan dapat menyebabkan diare dan alergi kulit.
 

2. Jahe 

Cara penggunaan jahe sebagai obat asam lambung bisa dikonsumsi langsung atau diseduh dengan air hangat. Jahe memiliki sifat antioksidan sehingga bisa memuat otot pada dinding lambung rileks dan antiradang yang dapat mengatasi heartburn.

 

3. Temulawak 

Temulawak memiliki kandungan flavonoid dan kurkumin yang dapat membasmi radika bebas, selain itu juga dapat melindungi dinding lambung. 

 

4. Daun kemangi

Cara penggunaan daun kemangi sebagai obat asam lambung bisa dikonsumsi langsung atau direbus. Daun kemangi memiliki sifat menenangkan sehingga membantu meredakan gejala asam lambung. 

 

5. Teh chamomile

Teh ini memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba sehingga dapat meredakan peradangan karena asam lambung. 

Baca juga: 3 Obat Lambung Alami yang Bisa Anda Coba 

 

Makanan untuk Asam Lambung

Selain dengan obat herbal, Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Karena jika tidak, bisa saja membuat asam lambung Anda naik. 
Berikut adalah makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan asam lambung:

  • Sayur hijau, seperti buncis, brokoli, asparagus
  • Oatmeal dan produk olahannya seperti roti gandum
  • Buahan yang tidak asam, seperti apel, pir, melon
  • Daging tanpa lemak seperti ikan, ayam dan seafood yang rendah lemak
 

Baca juga: 6 Tips Makanan Untuk Asam Lambung

 

Terapi Asam Lambung

Selain dengan obat-obat herbal yang dapat Anda temui di rumah, Anda juga dapat melakukan terapi agar memperbesar peluang sembuh. Jenis terapi bagi penderita asam lambung adalah:

 

1.    Terapi Non Farmakologis


Terapi ini juga ini dilakukan dengan pendekatan dan pemahaman mengenai penyakit asam lambung. Terapi ini juga dilakukan dengan modifikasi gaya hidup menjadi gaya hidup sehat. Menerapkan gaya hidup sehat dalam jangka panjang membantu tubuh untuk mencegah penyakit kronis dan gangguan fisik lainnya. Beberapa upaya yang dapat Anda lakukan dalam terapi ini adalah sebagai berikut:
 

  • Tidak berbaring setelah makan.
  • Menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti makanan asam, pedas, berlemak, gorengan, minuman bersoda dan mengandung kafein.
  • Menjaga berat badan.
  • Olahraga teratur.
  • Makan dengan porsi kecil tetapi sering.
  • Menghindari kebiasaan merokok, baik aktif atau pasif.
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi.
  • Mengunyah permen karet dapat menetralisir asam.


Terapi non-farmakologi ini tentunya dapat Anda lakukan sendiri di rumah Anda. Lakukan secara rutin agar proses penyembuhan dapat lebih optimal.

Baca juga: Gejala Maag dan Cara Mengobatinya dengan Benar dan Aman

 

2.    Terapi Farmakologi

Jika mengonsumsi obat herbal dan penerapan gaya hidup sehat masih belum cukup, tentu Anda memerlukan terapi lebih lanjut lagi, yaitu terapi farmakologi. Terapi ini menggunakan obat-obatan dalam upaya penyembuhannya dengan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Terapi ini dilakukan dengan supresi asam dimana terapi ini adalah lini pertama pada GERD. Obat yang diberikan berupa:

 

  • Inhibitor Pompa Proton

Obat ini aman diberikan kepada ibu hamil. Pemberian obat ini diberikan sesuai kebutuhan. PPI yang dapat diberikan adalah omeprazole, pantoprazole, lansoprazole, esoprazole dan rabeprazole

 

  • H2 receptor antagonist (H2RA)

Obat ini diberikan untuk mengurangi gejala akut secara cepat. Contoh dari obat ini adalah ranitidin.

 

  • Antasida 

Obat ini diberikan untuk meredakan gejala akut secara cepat. Obat ini tidak disarankan dilakukan untuk jangka panjang. 

Metode dalam terapi ini adalah step up kemudian dilakukan titrasi turun hingga mendapat kadar pH 4. Terapi farmakologis ini tidak disarankan dilakukan untuk jangka panjang. 

 

3.    Terapi Operasi

Operasi yang dilakukan pada penderita GERD beragam tergantung pada keluhan penderita. Hal yang mendasari operasi adalah:

  • Gagal terapi farmakologis
  • Esophagitis berat
  • Volume refluks terlalu besar
  • Obesitas morbid
  • Asma akibat refluks 
  • Kepatuhan terapi rendah 


Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk terapi asam lambung, baik yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah maupun yang memerlukan konsultasi dokter. Anda juga dapat konsultasi dengan dokter di fitur Tanya Ahli Daya.id

Anda bisa mendapatkan semua manfaat yang ada di Daya.id secara gratis!. Anda hanya perlu mendaftarkan diri Anda saja dan log in secara rutin. Segera kunjungi Daya.id untuk hidup yang lebih berarti.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS