Dirilis

07 Pebruari 2020

Penulis

Arifa Amal & Oky Setiarso

Bepergian atau traveling antar pulau hingga antar benua kini sangat mudah dilakukan. Tidak perlu menghitung hari, minggu, atau bulan, kini hanya dalam beberapa jam menggunakan pesawat, seseorang sudah sampai di destinasi perjalanannya. Tujuan bepergian bisa bervariasi. Ada yang bepergian untuk urusan pribadi, keluarga seperti halnya mudik, atau untuk urusan pekerjaan, yakni untuk mengerjakan proyek atau meeting dengan klien. Oleh karenanya, kesehatan tubuh menjadi aset utama yang perlu dijaga saat bepergian. Bagaimana caranya? Yuk simak beberapa tips berikut.  
1.    Menjaga pola makan

Seringkali bepergian membuat aktivitas harian Anda berbeda dengan saat tidak bepergian. Dan salah satu yang juga ikut berubah adalah pola makan. Ingin mencicipi makanan terus saat bepergian? Anda perlu mengenali hal tersebut dan mengingatkan diri Anda kembali bahwa ada pola makan yang perlu dijaga. Boleh saja mencicipi makanan saat Anda bepergian di wilayah tersebut, namun tetap perhatikan kesesuaiannya dengan gizi seimbang.

Baca juga 7 Tips Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak

2.    Istirahat yang cukup

Istirahat menjadi hal yang juga perlu menjadi perhatian. Cobalah atur jadwal perjalanan Anda tanpa mengganggu waktu istirahat. Proporsi istirahat antara saat bepergian dengan tidak bepergian pun sama, karena pada dasarnya setiap individu dewasa memerlukan waktu tidur minimal 7 jam setiap harinya. Perlu diingat, apabila Anda mengatur waktu istirahat Anda dengan baik, maka kualitas mood Anda juga akan lebih baik, sehingga lebih segar dan menikmati hari-hari selama perjalanan, apapun aktivitasnya.

Baca juga Benarkah Utang Tidur Bisa Terbayar

3.    Luangkan waktu untuk bergerak

Jadwal perjalanan Anda yang padat biasanya membuat Anda jarang memikirkan aktivitas fisik, padahal sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Cobalah luangkan waktu 10-15 menit untuk peregangan (stretching) pada pagi hari setelah Anda bangun tidur dan sebelum memulai aktivitas. Selain itu, Anda dapat mengoptimalkan diri untuk bergerak aktif dengan berjalan kaki ke tempat-tempat yang sekiranya masih dekat dan Anda mampu tempuh dengan jalan kaki. Selain baik untuk kesehatan tubuh Anda, Anda pun dapat menikmati pemandangan di sekitar atau sambil ber-quality time, berinteraksi dengan teman perjalanan Anda.

Baca juga 5 Alasan Untuk Jalan Kaki

4.    Penuhi kebutuhan cairan Anda

Kebutuhan cairan penting Anda perhatikan, mengingat hal ini seringkali terlupa saat begitu banyak aktivitas yang dilakukan saat bepergian. Anda dapat menyiasatinya dengan membawa botol air minum kemanapun Anda pergi. Apabila Anda berhasil menghabiskan botol air minum tersebut (kira-kira botol 500ml) sebanyak 4 kali (isi ulang), selamat! Anda telah memenuhi kebutuhan cairan Anda. Perlu diingat kembali, bahwa cairan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan cairan adalah air mineral (air putih).

Baca juga Ini Alasan Anda Harus Minum Air Putih

5.    Selalu siap sedia obat-obatan pribadi (P3K)

Selain sedia payung sebelum hujan, Anda juga perlu sedia obat-obatan pribadi sebagai bentuk antisipasi. Obat-obatan yang perlu disediakan di antaranya meliputi obat terkait kondisi medis Anda, obat sakit kepala, obat masuk angin, obat anti-mabuk perjalanan, obat maag dan diare, obat flu dan batuk, obat menghilangkan alergi, hingga obat penghilang rasa sakit. Barang-barang seperti sepasang pinset, gunting kecil, thermometer, perban, tisu, pembersih tangan (hand-sanitizer), dan salep antibiotik juga penting untuk dimasukkan ke dalam kotak/tas P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) untuk antisipasi dalam mengatasi kecelakaan kecil.

Demikian 5 tips yang dapat Anda terapkan untuk tetap sehat selama Anda bepergian. Penting untuk diketahui bahwa prinsip pola hidup sehat perlu diterapkan sebelum, saat, hingga setelah bepergian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Bila ingin mengetahui lebih jauh seputar cara menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, Anda dapat berkonsultasi dengan mitra ahli terpercaya kami melalui fitur Tanya Ahli.

Baca juga 4 Saran Untuk Liburan Sehat

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

24 November 2023

Terima Kasih informasi nya sangat bagus 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.K.O, Subsp. ALK (K)

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS