06 Juli 2021
Dirilis
Penulis
Oky Setiarso
Anda punya anggota tim atau rekan kerja yang cenderung menyendiri tapi tetap produktif bekerja? Atau mungkin atasan Anda? Bisa jadi ia seorang introvert.
Carl Gustav Jung, seorang tokoh dan penemu teori kepribadian yang hidup pada awal abad-19 mengungkapkan, ada dua kepribadian dalam manusia yaitu introvert dan ekstrovert.
Seorang introvert adalah tipikal orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendirian atau dengan satu atau dua orang teman yang mereka rasa dekat dan bisa lama. Seorang introvert sering membutuhkan waktu menyendiri untuk memulihkan energi setelah berada dalam lingkungan sosial. Biasanya, seorang introvert akan menarik energi dari sebuah refleksi yang tenang atas dirinya.
Kendati demikian, banyak yang menyangka seorang introvert adalah seorang tertutup atau kurang bergaul, padahal itu bukan bagian dari sifat introvert. Seperti dilansir oleh Healthline, orang introvert juga senang bersosialisasi, meskipun dalam kadar yang kecil dan terbatas.
Dalam dunia kerja, kita bisa mendapati keduanya. Memiliki bos yang introvert ataupun rekan rekan kerja yang introvert itu bisa saja terjadi. Lalu, apa yang harus dilakukan jika rekan kerja satu tim Anda introvert? Apa yang harus Anda kerjakan jika dia ada dalam tim? Bagaimana agar Anda bisa efektif berkomunikasi dengan dia?
Berikut ini tips bagaimana berkomunikasi dengan rekan kerja yang introvert:

Seorang introvert punya kecenderungan senang dengan pekerjaan-pekerjaan individu yang tidak membutuhkan banyak interaksi sosial dengan keramaian dan banyak orang. Setelah mendapatkan tugas, seorang introvert akan mengambil posisi mengerjakan sendiri untuk kemudian baru disampaikan sebagai sebuah ide yang bisa dilakukan, atau hasil dari sebuah pekerjaan.
Baca juga : Kepribadian yang bisa dimiliki seorang pekerja
Seorang introvert memproses pikiran atau ide secara internal dan personal. Dipikirkan baik-baik dan secara matang untuk bisa dilakukan serta hasil pemikiran tersebut dilakukan dengan menarasikan secara nonverbal.
Seorang introvert cenderung tidak menyukai kejutan apalagi jika itu dilakukan melalui telepon serta mendadak. Hindari hal tersebut. Seorang introvert juga akan sulit berkomunikasi tanpa media visual apalagi jika komunikasinya melalui chat (SMS atau Whatsapp) karena bisa membuat komunikasi tidak efektif.
Seorang introvert tidak menyukai komunikasi dimulai dengan basa-basi atau sambil lalu saja. Bercerita tanpa tujuan dan arah. Kenapa bisa begitu? Karena menurut seorang introvert hal itu akan melelahkan, serta tidak penting dan juga membosankan. Jadi perlu teknik tersendiri jika mengajak seorang introvert berkomunikasi karena orang-orang introvert lebih suka obrolan yang berkualitas dan bermakna.
Baca juga : Pekerjaan dengan modal kecil yang cocok untuk introvert
Penggunaan istilah kalau seorang introvert adalah pendiam dan pemalu itu sebenarnya kurang tepat. Karena sesungguhnya dia tidak suka langsung mengutarakan isi pikirannya apalagi dalam forum yang melibatkan banyak orang. Seorang introvert lebih cenderung memilih dan menyampaikan pendapatnya melalui percakapan personal.

Untuk seorang introvert, berinteraksi dengan orang lain, apalagi dengan banyak orang, adalah sesuatu yang melelahkan. Karenanya, terkadang orang introvert lebih memilih mempunyai waktu sendirian. Menjauh dan mencari posisi tenang dan sepi. Bagi mereka, menyendiri itu lebih efektif, karena dapat memunculkan ide-ide kreatif dan terbaik.
Untuk itu, jika Anda ingin tim atau rekan kerja Anda mengeluarkan ide terbaik, maka saat ia memilih untuk menyediri, sebaiknya Anda menghindar dan jangan mendekati.
Jika memiliki rekan kerja seorang introvert, maka lakukan usaha pengenalan terlebih dahulu dan mendekatkan diri secara personal dan mencari tahu hal-hal kecil tentangnya bahkan jika diperlukan mengetahui personalnya. Hal itu perlu dilakukan agar ke depannya dapat membuat dia lebih nyaman bercerita, sehingga pada akhirnya dia akan berani juga dalam mengungkapkan pendapatnya.
Jika rekan kerja Anda seorang introvert, maka pembagian tugas secara detail disertai dengan tanggung jawab masing-masing wajib dan perlu dilakukan. Karena pembagian yang jelas serta detail akan sangat membantu dalam bekerja dan kemungkinan tidak salah mengerjakan.
Jika Anda memiliki pertanyaan seputar komunikasi yang baik, Anda dapat bertanya pada ahlinya di daya.id melalui fitur Tanya Ahli dengan registrasi melalui www.daya.id/registrasi sekarang juga. Selamat mencoba dan tetap semangat!
Carl Gustav Jung, seorang tokoh dan penemu teori kepribadian yang hidup pada awal abad-19 mengungkapkan, ada dua kepribadian dalam manusia yaitu introvert dan ekstrovert.
Seorang introvert adalah tipikal orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendirian atau dengan satu atau dua orang teman yang mereka rasa dekat dan bisa lama. Seorang introvert sering membutuhkan waktu menyendiri untuk memulihkan energi setelah berada dalam lingkungan sosial. Biasanya, seorang introvert akan menarik energi dari sebuah refleksi yang tenang atas dirinya.
Kendati demikian, banyak yang menyangka seorang introvert adalah seorang tertutup atau kurang bergaul, padahal itu bukan bagian dari sifat introvert. Seperti dilansir oleh Healthline, orang introvert juga senang bersosialisasi, meskipun dalam kadar yang kecil dan terbatas.
Tips Berkomunikasi dengan Rekan Introvert
Dalam dunia kerja, kita bisa mendapati keduanya. Memiliki bos yang introvert ataupun rekan rekan kerja yang introvert itu bisa saja terjadi. Lalu, apa yang harus dilakukan jika rekan kerja satu tim Anda introvert? Apa yang harus Anda kerjakan jika dia ada dalam tim? Bagaimana agar Anda bisa efektif berkomunikasi dengan dia?
Berikut ini tips bagaimana berkomunikasi dengan rekan kerja yang introvert:
1. Mengenal ciri kepribadian

Seorang introvert punya kecenderungan senang dengan pekerjaan-pekerjaan individu yang tidak membutuhkan banyak interaksi sosial dengan keramaian dan banyak orang. Setelah mendapatkan tugas, seorang introvert akan mengambil posisi mengerjakan sendiri untuk kemudian baru disampaikan sebagai sebuah ide yang bisa dilakukan, atau hasil dari sebuah pekerjaan.
Baca juga : Kepribadian yang bisa dimiliki seorang pekerja
2. Merespon berdasarkan pemikiran
Seorang introvert memproses pikiran atau ide secara internal dan personal. Dipikirkan baik-baik dan secara matang untuk bisa dilakukan serta hasil pemikiran tersebut dilakukan dengan menarasikan secara nonverbal.
3. Memahami saat komunikasi dilakukan melalui telepon
Seorang introvert cenderung tidak menyukai kejutan apalagi jika itu dilakukan melalui telepon serta mendadak. Hindari hal tersebut. Seorang introvert juga akan sulit berkomunikasi tanpa media visual apalagi jika komunikasinya melalui chat (SMS atau Whatsapp) karena bisa membuat komunikasi tidak efektif.
4. Hindari basa-basi
Seorang introvert tidak menyukai komunikasi dimulai dengan basa-basi atau sambil lalu saja. Bercerita tanpa tujuan dan arah. Kenapa bisa begitu? Karena menurut seorang introvert hal itu akan melelahkan, serta tidak penting dan juga membosankan. Jadi perlu teknik tersendiri jika mengajak seorang introvert berkomunikasi karena orang-orang introvert lebih suka obrolan yang berkualitas dan bermakna.
5. Saat bekerja
Seorang introvert lebih menyukai bekerja sendiri. Jika diminta menyampaikan ide mendadak saat meeting atau dalam pertemuan, biasanya seorang introvert akan kesulitan. Kecuali jika sebelumnya sudah disampaikan bahwa dia harus menyiapkan ide atau gagasan untuk meeting berikutnya, sang introvert akan menyiapkannya. Dalam hal komunikasi, dia lebih menyukai secara tertulis daripada lisan, dan biasanya bukan seorang tipe micro-managerBaca juga : Pekerjaan dengan modal kecil yang cocok untuk introvert
6. Penekanan kualitas lebih dari kuantitas
Penggunaan istilah kalau seorang introvert adalah pendiam dan pemalu itu sebenarnya kurang tepat. Karena sesungguhnya dia tidak suka langsung mengutarakan isi pikirannya apalagi dalam forum yang melibatkan banyak orang. Seorang introvert lebih cenderung memilih dan menyampaikan pendapatnya melalui percakapan personal.
7. Memilih memiliki waktu sendirian

Untuk seorang introvert, berinteraksi dengan orang lain, apalagi dengan banyak orang, adalah sesuatu yang melelahkan. Karenanya, terkadang orang introvert lebih memilih mempunyai waktu sendirian. Menjauh dan mencari posisi tenang dan sepi. Bagi mereka, menyendiri itu lebih efektif, karena dapat memunculkan ide-ide kreatif dan terbaik.
Untuk itu, jika Anda ingin tim atau rekan kerja Anda mengeluarkan ide terbaik, maka saat ia memilih untuk menyediri, sebaiknya Anda menghindar dan jangan mendekati.
8. Mencari tahu rekan kerja terlebih dahulu
Jika memiliki rekan kerja seorang introvert, maka lakukan usaha pengenalan terlebih dahulu dan mendekatkan diri secara personal dan mencari tahu hal-hal kecil tentangnya bahkan jika diperlukan mengetahui personalnya. Hal itu perlu dilakukan agar ke depannya dapat membuat dia lebih nyaman bercerita, sehingga pada akhirnya dia akan berani juga dalam mengungkapkan pendapatnya.
9. Proses Berbagi Tugas Pekerjaan
Jika rekan kerja Anda seorang introvert, maka pembagian tugas secara detail disertai dengan tanggung jawab masing-masing wajib dan perlu dilakukan. Karena pembagian yang jelas serta detail akan sangat membantu dalam bekerja dan kemungkinan tidak salah mengerjakan.
10. Komitmen waktu
Seorang introvert termasuk orang yang berkomitmen dengan rancangan waktu yang telah ditetapkan bersama. Jadi jangan coba-coba untuk mengubah kesepakatan waktu tersebut, kecuali memang perlu diubah jika ada sesuatu yang mendesak dan darurat.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar komunikasi yang baik, Anda dapat bertanya pada ahlinya di daya.id melalui fitur Tanya Ahli dengan registrasi melalui www.daya.id/registrasi sekarang juga. Selamat mencoba dan tetap semangat!
Sumber:
Diolah dari berbagai sumber
Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Berikan Komentar