Dirilis

10 Mei 2022

Penulis

Oky Setiarso

Vitamin adalah salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh, terutama untuk sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu vitamin juga dapat berfungsi untuk mencegah penyakit masuk ke tubuh kita. 

Apa yang akan terjadi jika tubuh Anda kekurangan vitamin? Hal yang dapat terjadi adalah sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebab kekurangan vitamin dapat mengubah fungsi dan proses tubuh, seperti memengaruhi sel-sel tubuh, fungsi enzim, gangguan pencernaan  dan sistem saraf.

Tapi, kondisi seseorang yang beraktivitas tanpa henti seperti melakukan kegiatan sehari-hari, kegiatan rutin dan kegiatan yang berlebihan, adalah kondisi yang kadang tanpa disadari dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin. Sehingga perlu perhatian khusus agar tidak mengalami kekurangan vitamin.  

Apakah hanya diperlukan satu vitamin saja? Sumber energi tubuh seseorang memerlukan asupan zat bergizi. Apalagi jika seseorang tersebut memiliki kebutuhan dan aktivitas yang padat, maka diperlukan pengaturan makanan, suplementasi zat gizi dasar nutrisi dan multivitamin. Hal tersebut sangat berguna untuk pembentukan energi dan menjaga tubuh agar tidak mudah lelah seperti kombinasi Vitamin C, Vitamin B Complex, serta Mineral (Zinc).

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Multivitamin

Meski multivitamin diklaim bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mampu mencegah terjadinya penyakit, sebenarnya konsumsi multivitamin tidak selalu dibutuhkan jika seseorang menerapkan gaya hidup sehat serta tidak memiliki kondisi medis atau sakit tertentu.

Multivitamin sendiri memang dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi sebagian orang. Contohnya adalah konsumsi multivitamin oleh orang-orang yang rentan mengalami kekurangan zat gizi atau kekurangan zat gizi, seperti lansia, ibu hamil, dan penderita malabsorbsi makanan.

Hal-hal berikut adalah kondisi seseorang yang butuh untuk mengonsumsi multivitamin

  • Lanjut usia. Saat sudah memasuki masa lansia maka dibutuhkan lebih banyak asupan gizi untuk menjaga kesehatan tubuh agar optimal.
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan berkurangnya zat gizi. Seperti seseorang yang rutin konsumsi obat diuretik, karena dapat mengurangi kadar kalsium dan kalium dalam tubuh.
  • Seseorang penderita penyakit yang menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap zat gizi secara maksimal, seperti penyakit celiac dan kolitis ulseratif.
  • Seseorang yang menjalani prosedur medis yang menyebabkan perubahan pada pola makan, sehingga penyerapan nutrisi menjadi berkurang, misalnya paska operasi.
  • Seseorang yang memiliki nafsu makan yang sangat buruk hingga tidak dapat mengonsumsi cukup makanan sesuai kebutuhan tubuhnya.
  • Kondisi hamil, pada situasi ini kondisi tubuh membutuhkan lebih banyak zat gizi dalam tubuh. 


Baca juga : kapan tubuh memerlukan suplemen?

Jadi, kapan tubuh kita memerlukan multivitamin?

  • Ada individu yang memilih untuk mengonsumsi multivitamin agar kebutuhan zat gizi dalam tubuhnya tetap terpenuhi. Namun tidak hanya untuk mencukupi asupan zat gizinya, ternyata multivitamin juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.
  • Untuk kaum muda yang aktif baik laki-laki maupun perempuan, kebutuhan untuk  dukungan fisik yang optimal untuk mendukung tingginya aktivitas sehari-hari, namun juga kesehatan dan kecantikan kulit luar dan dalam yang berisiko dan rentan terkena radikal bebas selama beraktivitas selain  menunjang kepercayaan diri.
  • Individu yang memiliki kebiasaan konsumsi makan makanan tak sehat. Hal ini biasanya terjadi pada orang dengan mobilitas tinggi. Sehingga orang tersebut tidak memiliki kebiasaan makan teratur dan tidak mengonsumsi gizi seimbang, sehingga orang tersebut tinggi zat gizi tertentu seperti karbohidrat sehingga mengabaikan konsumsi sayur dan buah. Jika situasi tersebuh terjadi maka tubuh lebih rentan untuk mengalami kekurangan vitamin dan mineral.
  • Vegetarian, seseorang yang menjalani diet vegetarian disarankan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin. Hal itu disebabkan seseorang yang menjalani diet vegetarian tidak mengonsumsi jenis makanan yang berasal dari hewan sehingga membuat mereka rentan mengalami kekurangan beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, zinc, zat besi, dan kalsium.


Multivitamin yang ada di pasaran dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk, seperti tablet, pil, kapsul, jeli, bubuk, hingga sirup. Multivitamin sendiri disarankan dibeli di apotik atau toko kesehatan tepercaya. 

Multivitamin adalah salah satu jenis suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh dengan kondisi di atas. Namun, Anda tetap disarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jenis multivitamin apa pun. Karena jika Anda mengonsumsi multivitamin secara berlebihan, dapat menyebabkan terjadinya masalah kesehatan dan salah satunya adalah terganggunya penyerapan zat gizi dalam tubuh.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah konsumsi multivitamin tidak dapat menggantikan gaya hidup sehat. Oleh karena itu, penerapan gaya hidup sehat dan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, berhenti merokok, dan menghindari stres tetap harus dilakukan.

Baca juga : pilih vitamin atau suplemen atau alami ?

Jika masih memiliki pertanyaan terkait manfaat multivitamin atau pola makan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu berkonsultasi dengan ahlinya melalui fitur Tanya Ahli. Dengan mendaftar di daya.id, seluruh informasi terkait kesehatan dapat diakses dengan gratis dan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS