Dirilis

07 April 2020

Penulis

Arifa Amal & Irna Dartiana

Kesehatan merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan. Dengan mewabahnya virus corona di Indonesia, nampaknya masyarakat mulai memperhatikan pola hidup sehat. Beramai-ramai menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas). Ya, salah satu cara untuk menangkal berbagai penyakit adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Meningkatkan imunitas bisa dilakukan dengan cara sederhana dengan mengonsumsi berbagai macam rempah nusantara. Anda patut bersyukur Indonesia merupakan Negara yang kaya akan rempah-rempah yang memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh. Dan mudah diperoleh, ya di dapur Anda sendiri. Mau tahu contohnya apa saja? Berikut ini 3 (tiga) rempah dapur yang bisa meningkatkan imunitas Anda untuk melawan berbagai penyakit:

1.    Kunyit (Turmeric)

Ada yang suka makan kari? Pasti sudah tidak asing lagi dengan rempah dapur satu ini. Selain untuk memberikan aroma dan warna yang khas, kunyit berkhasiat bagi tubuh karena senyawa curcumin yang terkandung di dalamnya. Senyawa curcumin ini dapat meredakan gejala seperti bersin-bersin, gatal, hidung yang berair, hingga penyempitan saluran hidung.

Senyawa curcumin kunyit juga memiliki peran sebagai antioksidan, anti peradangan, dan anti tumor. Perannya sangat penting untuk mengatasi risiko penyakit berbahaya seperti kanker, penyumbatan pembuluh darah jantung (aterosklerosis), hingga penyakit penurunan fungsi saraf (alzheimer).  Wah, hebat sekali ya ternyata kunyit ini!

Cara mengonsumsinya pun mudah. Menurut Kemenkes, kunyit dihaluskan atau diiris, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas air, dinginkan, saring dan diminum. Atau jika dalam bentuk serbuk, serbuk diseduh dengan 1 cangkir air mendidih, diamkan, kemudian saring dan diminum.  

2.    Temulawak (Curcuma)

Anda bisa membedakan kunyit dengan temulawak? Nah, meskipun mirip, temulawak dan kunyit bisa dikenali perbedaannya paling mudah dari ukuran rimpang dan warnanya. Ukuran temulawak biasanya lebih besar dari kunyit, dan warnanya kuning pudar, sedangkan kunyit oranye pekat.

Kandungan dalam temulawak yang bisa membantu Anda melawan bahaya dalam tubuh adalah senyawa antioksidan, antibakteri dan antijamur (tumeron) dan senyawa antiradang (germakron). Tidak hanya itu, temulawak juga memiliki beberapa khasiat lainnya seperti obat jerawat, obat kram perut, hingga obat radang sendi. Lengkap sekali ya khasiatnya.

Untuk mengonsumsinya, sama seperti kunyit, temulawak dihaluskan kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas, dinginkan, saring, dan diminum. Untuk bahan kering, dapat ditumbuk menjadi serbuk kemudian campurkan dengan 1 cangkir air mendidih, diamkan, saring kemudian diminum.

Penggunaan temulawak untuk yang memiliki gangguan hati atau empedu perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau Anda bisa berkonsultasi dengan mitra ahli terpercaya kami melalui fitur Tanya Ahli. Hal ini karena penggunaan temulawak meningkatkan produksi empedu.

3.    Sereh (Lemongrass)

Bahan satu ini juga sangat khas dalam aroma dan rasanya. Biasanya bahan sereh dalam industri digunakan untuk pewangi deodoran, sabun, hingga kosmetik. Kandungan dalam sereh seperti zat antibakteri, antijamur, dan antioksidan dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur merugikan dalam tubuh. Zat antioksidannya pun dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas. Radikal bebas yang tidak dikendalikan jumlahnya pada tubuh Anda, akan menimbulkan berbagai penyakit. Nah, dengan bantuan kandungan yang ada dalam sereh, tubuh Anda dapat tercegah dari penyakit.

Cara mengonsumsi sereh adalah dengan merebus 2 gram bonggol sereh dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas, kemudian dinginkan, saring, dan diminum selagi hangat.


Baca juga
6 Manfaat Kayu Manis Sebagai Bahan Infused Water
Makanan ini Bisa untuk Detoksifikasi Tubuh lho

Wah, mudah sekali, bukan? Tentu Anda akan mencobanya di rumah kan. Rempah dapur di atas dapat Anda konsumsi sehari-hari untuk menjaga kekebalan tubuh secara alami. Semoga dapat diterapkan dan bermanfaat ya. Yuk, bersama-sama berusaha menjaga imunitas tubuh, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Terlebih, bahan-bahannya ternyata tidak jauh-jauh, yakni berasal dari dalam rak meja dapur Anda sendiri. Selamat mencoba!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS