Dirilis

31 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Meski sangat populer untuk dikonsumsi, bahaya makan mie instan bisa mengintai siapa saja. Seperti yang kita ketahui, menyantap mie instan merupakan kenikmatan tersendiri. Makanan cepat saji yang satu ini menjadi favorit banyak orang dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun banyak menyukainya. Bagaimana tidak, rasanya yang lezat, proses pembuatannya yang mudah serta harganya yang terjangkau membuat kita sulit untuk menolak pesona kuliner yang satu ini. Tapi, konsumsinya tetap harus dibatasi. 

Bahaya Mie Instan yang Perlu Diketahui

Mie instan memang merupakan makanan dengan cita rasa yang nikmat, namun jangan sampai lengah. Sebab, dilansir dari World Health Organization tahun 2013, inilah beberapa bahaya makan mie instan:

1. Bukan Merupakan Sumber Nutrisi yang Baik

Tubuh kita membutuhkan asupan dan nutrisi yang seimbang. Mie instan banyak dikatakan tidak sehat karena kandungan nutrisinya yang tinggi karbohidrat juga lemak, namun rendah serat, protein, vitamin dan mineral. Untuk itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini pun tidak disarankan.

2. Mengandung MSG

mie instan mengandung MSG
Bahaya mie instan berikutnya adalah dari kandungan MSG (monosodium glutamate) yang digunakan untuk menguatkan rasa dari makanan tersebut. Dibalik kenikmatan masakan mengandung msg, ada resiko penyakit yang bisa ditimbulkan, seperti  reaksi alergi dengan berbagai gejala contohnya nyeri dada, keringat, sakit kepala, jantung berdebar.

Kandungan natrium yang ada pada msg ini juga sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit tertentu seperti hipertensi, gagal jantung, pengguna obat antidepresan dan pengguna obat diuretik.

3. Tinggi Karbohidrat juga Natrium atau Sodium

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mie instan merupakan makanan yang tinggi karbohidrat juda natrium. Kandungan garam atau natriumnya tersebut terbilang cukup tinggi. Dalam satu kemasannya saja, bisa mengandung sekitar 860 mg natrium, belum lagi jika diakumulasikan dengan kandungan natrium pada makanan lain yang kita konsumsi. Padahal, idealnya asupan yang disarankan sekitar 2000-2400 mg natrium atau setara 5-6 gram garam.

4. Bahaya dari Kemasan

Penggunaan kemasan tertentu pada mie instan ini pula bisa mendatangkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Contohnya adalah Styrofoam. Kemasan yang satu ini mengandung BPA atau bahan kimia bisphenol A. Hal inilah yang dapat mempengaruhi kinerja hormone, perkembangan otak pada bayi dan anak juga menghambat perilakunya. Selain itu, pada orang dewasa, zat ini bisa berakibat meningkatnya resiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan Resiko Berbagai Penyakit

makan mie instan meningkatkan resiko penyakit
Seperti yang terdapat dalam laman doktersehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa resiko penyakit yang bisa muncul akibat konsumsi mie instan:

a. Kanker

Kanker bisa muncul karena adanya tekanan pada sistem pencernaan karena proses mencerna mie instan itu butuh waktu yang cukup lama. Bahkan, makanan yang satu ini pun bisa berpengaruh pada kadar gula dalam darah.

b. Kerusakan Jaringan Otak

Bahaya mie instan tersebut akan muncul jika kita mengkonsumsinya terus menerus, karena zat-zat kimia yang tak baik tersebut bisa menumpuk yang kemudian bisa berefek merusak jaringan otak.

c. Gangguan Metabolisme dan Resiko Keguguran 

Zat-zat kimia berbahaya yang menumpuk tersebut juga bisa mendatangkan resiko gangguan pada metabolisme tubuh kita. Mie instan pun tak baik jika banyak dikonsumsi ibu hamil. Karena bahan pengawet yang terkandung di dalamnya akan mempengaruhi perkembangan janin.

d. Obesitas

Mengkonsumsi mie instan yang tidak terkontrol bisa menjadi salah satu penyebab obesitas karena kandungan lemak dan natriumnya yang tinggi.

Itulah beberapa bahaya makan mie instan yang harus diwaspadai. Agar terhindar dari berbagai bahaya tersebut, maka akan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang. Anda juga bisa menyusun daftar makanan harian yang penuh gizi dan nutrisi disesuaikan dengan kebutuhan gizi harian Anda dengan berkonsultasi dengan ahli gizi. Dengan begitu, kesehatan tubuh bisa lebih bugar dan terjaga. 

Untuk informasi lain terkait tips kesehatan maupun seputar penyakit lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi Daya.id! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

LINDA BUDIYARTI

01 Pebruari 2021

Meski udah tau dampak buruk mie instant, tetep aja nih kalo pas lagi hujan makan mie instant tambah irisan rawit tuh endulita gak bisa nolak deh ?. Anyway thanks y daya.id for reminding ?.

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS