Dirilis

13 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Setiap orang pasti menginginkan rambutnya selalu sehat dan terlihat indah. Sehingga, banyak orang mencari bagaimana cara merawat rambut yang benar agar kesehatan rambut senantiasa terjaga. Tidak harus dengan melakukan treatment di salon, perawatan rambut sebenarnya juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selain lebih hemat, cara alami bisa memperkecil resiko kerusakan rambut akibat bahan kimia yang ada dalam produk perawatan rambut di salon.

 

Cara Merawat Rambut dengan Bahan Alami


Dilansir dari American Academy of Dermatology, inilah beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk perawatan rambut dengan alami:

 

1. Pakai Minyak Zaitun

cara merawat rambut
Minyak zaitun sudah lama dikenal memiliki kemampuan melembabkan yang sangat bagus. Kemampuan minyak zaitun tersebut bukan hanya bisa diaplikasikan pada kulit saja melainkan juga rambut Anda. Caranya juga cukup mudah dan hasilnya dijamin memuaskan. Oleskan minyak zaitun sebanyak 2-3 sendok makan ke permukaan rambut secara merata.

Kemudian tutup rambut dengan handuk, plastik atau shower cap sekitar 15 menit lalu cuci hingga bersih. Minyak zaitun mengandung emolien yang sangat bagus untuk merawat rambut kering, mengatasi masalah rambut bercabang, rambut setelah dilakukan treatment seperti catok, keriting dan diwarnai. Selain melembabkan dan melembutkan, emolien juga bermanfaat untuk menguatkan rambut.

 

2. Masker Rambut dari Lidah Buaya

Cara kedua yaitu gunakan masker rambut yang dibuat dari lidah buaya. Tanaman ini juga sangat mudah ditemukan dimana saja bahkan di halaman rumah Anda. Masker lidah buaya ini sangat efektif mengatasi masalah ketombe, kerontokan dan membersihkan minyak di kulit kepala. Lidah buaya juga bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, memperkuat dan melembabkannya.

Cara menggunakannya yaitu ambil lidah buaya, cuci lalu kupas kulitnya. Haluskan gel lidah buaya dengan blender atau cara manual hingga bisa dioleskan pada rambut. Gunakan masker lidah buaya pada rambut setelah keramas selama 5 menit, bungkus dengan handuk. Setelah itu bilas hingga bersih.

 

3. Gunakan Minyak Kelapa


Bahan alami selain minyak zaitun dengan kemampuan melembabkan yang bagus adalah minyak kelapa. Jika Anda termasuk orang yang sering melakukan treatment tertentu pada rambut maka perawatan dengan minyak kelapa ini sangat tepat. Manfaat minyak kelapa bagi rambut antara lain melembabkan kembali rambut setelah perlakuan tertentu seperti catok misalnya yang membuatnya menjadi kering dan rusak.

Gunakan minyak kelapa di malam hari sebelum tidur yaitu dengan mengoleskannya pada permukaan rambut lalu bungkus dengan handuk ataupun plastik. Tujuannya agar minyak kelapa tidak menempel pada bantal Anda. Pagi harinya bilas dengan air hingga bersih. Minyak kelapa mengandung asam lemak alami yang mampu meresap dan menembus hingga ke batang rambut. Dengan begitu maka kelembaban alami rambut Anda akan cepat kembali.

 

4. Pakai Handuk dengan Benar dan Batasi Penggunaan Hair Dryer atau Catok

Kesalahan dalam memakai handuk bisa membuat rambut rusak. Jika selama ini Anda menggunakan handuk dengan cara menggosoknya pada rambut, maka segera hentikan. Menggosokkan handuk apalagi dengan keras pada rambut bisa menyebabkannya menjadi rusak dan rontok. Kalau ingin menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut cukup dengan dipijat-pijat saja. Pilihlah jenis handuk dengan daya serap air yang bagus.

Selain itu, batasi penggunaan pengering rambut (hair dryer) atau alat catok rambut. Penggunaan kedua alat ini dalam waktu yang lama dan berulang-ulang bisa membuat rambut menjadi kering dan mudah rontok. Maka dari itu, batasi penggunaan kedua alat ini. Jangan sampai rambut justru menjadi rusak akibat penggunaannya.

Itulah beberapa cara perawatan rambut dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan. Ternyata cara merawat rambut yang benar agar tetap sehat dan bagus itu tidaklah sulit ya. Bahkan Anda bisa melakukannya dengan bahan-bahan alami yang harganya murah dan mudah didapatkan. Selain itu penggunaan bahan alami jauh lebih aman bagi rambut dan kesehatan Anda. Ketika memiliki masalah seputar rambut atau kulit kepala, Anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter dari Daya.id.

Dengan begitu, masalah kesehatan rambut bisa segera teratasi dan bisa membuat kesehatan rambut Anda kembali normal. Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!            

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS