Dirilis

09 April 2024

Penulis

Ziyad Muhammad Imani (Mahasiswa SB-IPB, Alumni Penerima Beasiswa Bank BTPN)

Sebagai seorang mahasiswa, mengelola keuangan pribadi secara bulanan mungkin terasa seperti tugas yang sangat sulit. Ada beberapa kasus yang terjadi di Indonesia dimana seorang mahasiswa tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik, kemudian dia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup atau kuliahnya, sampai-sampai terpaksa untuk meminjam kepada teman atau lebih buruk lagi, kepada layanan pinjaman online (pinjol) ilegal dengan bunga tinggi. Alhasil, bukan kondisi lebih baik yang didapatkan, melainkan semakin mencekik para mahasiswa karena kesulitan untuk membayar kembali pinjaman tersebut.

Masalah lainnya yang sering menimpa mahasiswa secara keuangan adalah sulitnya menyesuaikan penghasilan dengan gaya hidup. Seperti yang kita tahu, pergaulan mahasiswa zaman sekarang identik dengan berkumpul untuk belajar atau diskusi di tempat yang menarik seperti café, restoran, dan lainnya yang memerlukan biaya. Selain itu, kecenderungan makan diluar atau membeli makanan secara daring juga sedang meningkat di kalangan anak muda.

Baca juga: Frugal living cara cermat hidup hemat

Apabila keuangan tidak dikelola dengan matang dan cermat, mahasiswa akan kesulitan untuk membayar kebutuhan hidup dan biaya kuliah. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan manajemen keuangan bulanan yang tepat sesuai penghasilan dan gaya hidup. 

Jika Anda adalah seorang mahasiswa, di bawah ini ada beberapa tips agar Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih baik.

 

Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa

Pada dasarnya, mengelola keuangan ini dimaksudkan agar kondisi keuangan yang Anda miliki bisa stabil dan lebih mapan. Semua kebutuhan dapat terpenuhi, tetapi di waktu yang bersamaan pun tetap bisa menabung untuk masa depan. Sebagai seorang mahasiswa Anda pasti punya banyak impian bukan? 

Berikut ini adalah beberapa tips penting yang dapat membantu Anda mengelola keuangan pribadi bulanan sebagai mahasiswa dengan baik.

 

1.    Buat Anggaran Bulanan yang Realistis

Langkah pertama yang penting dalam mengelola keuangan pribadi bulanan adalah membuat anggaran yang realistis. Tentukan pendapatan bulanan Anda, baik itu dari beasiswa, pekerjaan paruh waktu, atau bantuan dari orang tua. Setelah itu, alokasikan dana untuk kebutuhan dasar seperti makanan, transportasi, dan tempat tinggal. Pastikan juga untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk tabungan atau kebutuhan mendesak.

 

2.    Pantau Pengeluaran Anda dengan Cermat

Selalu penting untuk memantau pengeluaran Anda dengan cermat. Buatlah kebiasaan untuk mencatat setiap pengeluaran, entah itu dengan menggunakan aplikasi keuangan atau catatan sederhana di buku catatan. Dengan cara ini, Anda dapat melihat di mana uang Anda sebenarnya berakhir dan menyesuaikan anggaran Anda sesuai kebutuhan.

 

3.    Manfaatkan Diskon dan Promosi

Sebagai seorang mahasiswa, Anda mungkin memiliki akses ke berbagai diskon dan promosi. Manfaatkan ini sebaik mungkin untuk menghemat uang. Cari tahu apakah toko atau restoran di sekitar kampus menawarkan diskon khusus untuk mahasiswa, atau manfaatkan kartu mahasiswa Anda untuk mendapatkan potongan harga di berbagai tempat.

 

4.    Hindari Utang yang Tidak Perlu

Sangat mudah terjebak dalam siklus utang sebagai seorang mahasiswa. Hindari menggunakan kartu kredit atau pinjaman tunai kecuali dalam situasi darurat yang mendesak. Sebisa mungkin, belajarlah untuk hidup sesuai kemampuan finansial Anda dan hindari membeli hal-hal yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Baca juga: 4 Dasar Pengelolaan Keuangan Pribadi yang Perlu Anda Pahami

 

5.    Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Selain dari pendapatan utama Anda, pertimbangkan untuk mencari sumber penghasilan tambahan. Anda bisa mencari pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan jadwal kuliah Anda, atau mencari peluang bisnis kecil yang dapat dilakukan di waktu luang. Setiap tambahan penghasilan dapat membantu memperkuat keuangan pribadi Anda.

Mengelola keuangan pribadi bulanan sebagai seorang mahasiswa memang bisa menjadi tantangan, tetapi dengan perencanaan yang tepat dan kebiasaan yang baik, Anda dapat mengelola keuangan Anda dengan baik. Ingatlah untuk membuat anggaran, memantau pengeluaran, memanfaatkan diskon, menghindari utang yang tidak perlu, dan mencari sumber penghasilan tambahan. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat membangun fondasi keuangan yang kuat untuk masa depan Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam mengelola keuangan pribadi Anda, jangan ragu untuk menggunakan fitur layanan tanya ahli di website Daya.id. Para ahli keuangan kami siap membantu Anda dengan saran dan tips yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ayo segera jelajahi platform Daya.id dan manfaatkan semua fitur dan layanan didalamnya untuk Membantu menggapai impian masa depan anda!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS