Dirilis

11 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Asma adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang pernapasan manusia. Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja, orang dewasa hingga lansia.  Penyebab asma juga berasal dari banyak faktor yang bisa memicu reaksi asma itu sendiri. Penyakit asma ditandai dengan adanya peradangan dan penyempitan saluran pernapasan yang kemudian menimbulkan sulit bernapas atau sesak.
 
Gejala lain yang menandakan Anda sedang menderita asma adalah pada bagian dada terasa nyeri, batuk-batuk dan mengi. Jika tidak segera ditangani, asma bisa sangat berbahaya untuk penderitanya. Lalu, apa saja penyebab asma yang harus diwaspadai?

 

7 Faktor Penyebab Asma yang Harus Diwaspadai  

penyebab asma
Dilansir dari website kesehatan Halodoc, inilah beberapa penyebab munculnya asma yang harus diwaspadai.

 

1. Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab asma, terutama polutan. Bahan yang menyatu dengan udara ini akan menyebabkan saluran pernapasan terganggu. Seseorang yang menghirup polutan secara terus menerus akan mengalami penyempitan saluran pernapasan dan akan sesak napas. Selain polutan, beberapa aspek lingkungan yang dapat menyebabkan asma adalah alergi debu, serbuk bunga, tungau, bulu hewan, polusi udara, ruangan lembab dan berjamur, asap kendaraan dan asap rokok.

 

2. Aktivitas Fisik Berlebihan

Asma juga bisa terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas fisik secara berlebihan. Meskipun olahraga secara fisik sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Nyatanya melakukan aktivitas ini secara berlebihan akan memberi dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Aktivitas berlebihan ini perlu dihindari bagi penderita asma, karena dapat sebagai pemicu.

 

3. Stress

Ternyata stres tidak hanya berdampak buruk bagi psikis seseorang. Stress juga akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara fisik. Penderita asma ditekankan untuk menghindari stres karena bisa menjadi penyebab atau pemicu asma.

 

4. Obat-obatan

Faktor penyebab lain yang mengakibatkan asma adalah pengaruh obat-obatan tertentu. Penderita asma tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat penghambat beta yang biasanya diberikan kepada penderita hipertensi atau gangguan jantung. Obat lain yang perlu dihindari adalah obat Pereda nyeri anti-inflamasi non steroid, seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen.

 

5. Makanan atau Minuman Mengandung Sulfit

Penyebab asma lainnya adalah makanan atau minuman yang mengandung sulfit atau bahan pengawet. Makanan berpengawet sangat tidak dianjurkan bagi penderita asma, karena bisa menjadi pemicu asma kambuh. Contoh makanan atau minuman ini adalah makanan olahan, selai, makanan siap saji, udang, sari buah kemasan, wine dan minuman beralkohol.

 

6. Penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD)

Penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) merupakan penyakit yang ditimbulkan dari naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan. Adanya asam lambung yang naik sampai saluran pernapasan akan menyebabkan asma dan bahkan menyebabkan iritasi pada saluran cerna dan pernapasan bagian atas.

 

7. Emosi Berlebihan

Faktor lain yang dapat memicu terjadinya asma adalah emosi yang berlebihan. Faktor ini tidak hanya berpengaruh pada kondisi psikis seseorang. Namun juga bisa berdampak negatif pada penderita asma. Tidak hanya marah berlebihan, emosi berlebihan lain yang dapat menyebabkan asma adalah tertawa berlebihan atau terbahak-bahak, sedih berlarut-larut.

 

Cara Mengendalikan Asma


Ketika menderita penyakit asma cukup lama, jangan cemas dan risau karena penyakit ini bisa dikendalikan. Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
 
  • Mengenali dan menghindari faktor pemicu timbulnya asma
 
  • Rajin konsultasi dan mengikuti arahan dokter
 
  • Mengenali gejala asma sedini mungkin dan melakukan langkah pengobatan cepat dan tepat
 
  • Menyediakan dan mengkonsumsi obat asma yang disarankan dokter secara teratur
 
  • Memantau atau monitoring kondisi saluran pernapasan secara rutin

Nah itulah 7 faktor penyebab asma yang harus diwaspadai. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menderita asma. Meski penyakit ini bisa dirasakan dalam jangka panjang atau kronis tetapi masih bisa disembuhkan. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan dari Daya.id seputar masalah asma, mulai dari pengobatan dan cara mengendalikannya.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!            

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Ardiansyah Bahar

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS